DJI IndonesiaPenggunaan drone saat ini sangat beragam. Salah satunya digunakan untuk live streaming konten-konten unggulan di media sosial maupun platform seperti YouTube. Lalu, bagaimana cara live streaming menggunakan drone DJI yang dapat menghasilkan hasil terbaik? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini sampai tuntas.

Cara Live Streaming Menggunakan Drone

Untuk melakukan live streaming menggunakan drone DJI, di sini bisa menggunakan aplikasi bawaan dari DJI itu sendiri. Setidaknya, ada tiga aplikasi yang bisa Anda pilih berdasarkan spesifikasi drone yang dimiliki dan proses pengambilan gambar sesuai dengan kebutuhan. Berikut di cara live streaming menggunakan drone DJI dan aplikasi bawaannya.

1. Menggunakan Aplikasi DJI Fly

Drone DJI Mavic 2

Aplikasi yang pertama adalah DJI Fly yang biasa digunakan untuk beberapa drone terbaru DJI. Sedangkan untuk sistem operasi yang kompatibel adalah Android 6.0 dan keatas maupun iOS 11.0 dan yang lebih tinggi. Kerennya lagi, aplikasi ini dapat digunakan bagi pemula sekalipun. Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Koneksikan drone dengan aplikasi DJI Fly App seperti biasa
  • Setelah terkoneksi, masuk ke menu tab ‘Transmission’ pada pengaturan atau setting atau ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian, Anda pilihdan tap ‘Live Streaming Platform’
  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul menu dan ikon ‘RTMP’
  • Saat masuk di ‘Livestream Settings’ Anda harus memasukkan URL dari RTMP. Setelah itu, Anda bisa memilih resolusi penyiaran dan bitrate yang diinginkan.

Baca juga: 5 Tips Pengambilan Video Menggunakan Drone DJI

2. Menggunakan Aplikasi DJI Go

Cara live streaming menggunakan drone DJI selanjutnya adalah menggunakan aplikasi DJI GO. Biasanya, aplikasi ini sering digunakan untuk seri drone DJI generasi yang cukup lama. Misalnya saja pada seri Spark, Mavic, dan Phantom 4. Untuk bisa menggunakannya, diperlukan sistem operasi Android 5.0 atau iOS 10.0 dan di atasnya.

Untuk DJI Go yang sudah update firmware bisa digunakan pada DJI Phantom 3 dan 4 yang digunakan untuk live streaming di Facebook Live. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke pengaturan umum DJI Go, lalu pilih ‘Start Facebook Live’. Jika baru pertama kali menggunakanya, perlu login terlebih dahulu.
  • Aturlah judul live streaming Facebook Anda, setelah itu pilih ‘Go Live’ dan lakukan pengambilan gambar.
  • Untuk menambahkan suara, Anda bisa menambakan audio dari suara Anda dengan ‘Setting Live’.
  • Pada update terbaru, pengguna bisa langsung mengunggah konten di SkyPixel.

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kalibrasi Drone DJI

3. Cara Live Streaming Menggunakan Drone dengan DJI Pilot

Ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi DJI Pilot. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, DJI Pilot juga kompatibel untuk sistem operasi Android 5.0 atau iOS 10.0 dan di atasnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan live streaming di YouTube. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan dan hubungkan drone dengan DJI Pilot. Pada menu utama, Anda klik ikon kamera yang terdapat di bagian pojok kiri bawah. ‘Live Feed’ kamera drone nantinya akan muncul.
  • Lanjutkan dengan ‘General Setting’ dan klik ikon empat titik yang ada di bagian pojok kanan atas layar. Setelah itu, akan muncul pop-up General Setting.
  • Saat muncul menu pop-up General Setting, Anda perlu menggulirkan menu ke bagian bawah dan terdapat tombol ‘YouTube Live Streaming’ dan geserlah untuk mengaktifkan.
  • Lalu, muncul lagi menu pop-up dan pilih Basic Mode agar Live Streaming semakin mudah. Di situ akan muncul layar login di akun YouTube Anda. Setelah itu, masuk ke akun YouTube yang sudah dikonfigurasi.
  • Isilah deskripsi dan judul dari video live streaming dan pilih privasinya. Untuk menyimpan data klik ‘Start’ di bagian pojok kanan atas menu pop-up.
  • Berikutnya, klik ‘Start Encoder’ dan muncul pop-up ‘Update Status Success’. Tunggulah beberapa detik hingga tombol ‘Start Streaming’ bisa diklik.
  • Jika Anda ingin membagikan link dari link live streaming ini, klik ‘Share link’ yang ada di bagian bawah. Anda pun dapat mengirimnya melalui email atau copy URL. Lanjutkan dengan ‘Start Streaming’ dan muncul pop-up ‘Update Status Succes’.
  • Jika pada kotak timer muncul tulisan ‘You’re Live!’ berarti Anda berhasil melakukan siaran langsung menggunakan drone di YouTube.

Baca juga:3 Aplikasi Drone DJI untuk Smartphone dan Tablet

Penutup

Itu dia Sobat Doran cara live streaming menggunakan drone DJI yang bisa Anda lakukan. Selain hal di atas, pastikan juga koneksi internetnya stabil, kondisi baterai prima, dan angin tidak begitu kencang maupun kondisi medan yang tidak terhalang oleh bangunan dan lainnya agar sinyal transmisi lancar.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone DJI terbaik di Doran Gadget untuk live streaming. Dapatkan drone ini di DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Jakarta, dan DJI Bali. Semua barang yang dijual merupakan produk asli dengan garansi resmi dari pabrikan. Hubungi kami via WhatsApp di sini untuk pembelian dan seputar produk. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×