Asus ROG Phone 5 – Hp Gaming Sultan Spesifikasi Mengerikan

review asus rog phone 5 rog phone 5

Doran Gadget Tidak ada keraguan bahwa Asus ROG Phone 5 memiliki segalanya yang dibutuhkan oleh Hp gaming. Dari box, hardware, software, aksesoris dan lain sebagainya. Asus berfokus pada fitur-fitur game yang akan lebih menyenangkan dan tetap bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari.

Asus ROG 5 series memiliki 3 varian yaitu ROG Phone 5, ROG Phone 5 Pro, dan ROG Phone 5 Ultimate. Perbedaannya ketiganya terletak pada opsi RAM, memori internal, dan tampilan belakang. Namun Anda harus membayar cukup tinggi karena Harga ROG Phone Rp 22 juta-an untuk versi paling mahalnya.

Spesifikasi Asus ROG Phone 5

CPUSnapdragon 888
RAM8GB – 18GB
Memory128GB-512GB (tidak support memory eksternal)
Layar AMOLED 1080p 6,78 inci, hingga 144Hz
Baterai6.000 mAh dua cell dan  fast charging 65W
KameraKamera utama 64MP f/1.8, Kamera ultra wide 13MP f/2.4, kamera makro 5MP f/2.0, kamera depan 24MP f/2.45
Ukuran6,09 x 2,72 x 0,36 “/ 172,8 x 77,2 x 10,29 mm
Software OSAndroid 11
Jack AudioAda
Sensor BiometrikPembaca sidik jari optik dalam layar
HargaRp 13 juta – 22 juta-an

review asus rog phone 5 rog phone 5

Kelebihan Asus ROG Phone 5

PerformaJika Anda ingin memaksimalkan game pada 144fps, inilah ponsel yang dapat melakukannya.
SuaraSpeaker depan ganda, teknologi pembentukan suara baru, dan DAC berkualitas terintegrasi.
Baterai6.000 mAh dan pengisi daya 65W, Anda tidak akan pernah khawatir tentang tingkat pengisian daya Anda lagi.
AksesorisPendingin, pengontrol, dan casing LED mewah. Tidak ada kekurangan periferal.

Kekurangan Asus ROG Phone 5

  • Ukuran dan bobot. Hp ini cukup besar dan berat sehingga akan begitu terasa saat Anda mengantonginya atau mengoperasikannya dengan satu tangan.
  • Fitur kenyamanan yang hilang. Tidak adanya pengisian daya nirkabel dan ketahanan air.
  • Kamera yang biasa aja. Mungkin karena berfokus pada performa, pihak Asus tidak berfokus pada sektor kamera.
  • Harga yang cukup mahal. Untuk versi paling murahnya Rp 13 jutaan. Tentu ini dibuat untuk borjuis bukan parlente.

review asus rog phone 5 rog phone 5

Desain dan Performa Asus ROG Phone 5

Asus akan menawarkan seluruh keluarga Ponsel ROG tahun ini, yakni versi Standar, Pro, dan Ultimate. Pro kemungkinan besar tidak akan datang ke AS, dan Ultimate adalah edisi terbatas di seluruh dunia. Ini menyisakan versi standar, yang hadir dalam dua varian, RAM 12 GB dan satu dengan 16 GB, keduanya memiliki storage 256 GB.

ROG 5 menawarkan tampilan yang cukup bersih dengan sedikit estetika gaming berkat pencahayaan logo RGB opsionalnya. Baik tombol daya dan slot sim menawarkan warna biru tajam yang kontras dengan bagian belakang putih dan bagian depan hitam. Desainnya tidak terlalu mencolok seperti Hp ROG sebelumnya.

ROG 5 adalah ponsel besar dengan layar 6,78 inci. Layar AMOLED 1080p ini terlihat cukup tajam, dan warnanya merata di semua tingkat kecerahan. Itu merupakan peningkatan dari model tahun lalu, yang memiliki noise pada brightnes rendah.

Tampilan ini menawarkan kecepatan refresh hingga 144Hz, dan Anda dapat mengunci perangkat pada kecepatan ini untuk animasi yang lebih halus. Itu berarti game yang bergerak cepat bisa lebih mudah dimainkan. Lawan Anda mungkin hanya melihat 60 frame per detik, tetapi Anda mendapatkan lebih dari dua kali lipat di beberapa game. Refresh rate yang tinggi juga membuat UI ponsel terasa jauh lebih responsif.

Sama seperti ROG 3, tahun lalu, Asus ROG Phone 5 menawarkan dua port USB C, dua pemicu berbasis sentuhan, layar full, depan ganda -menghadapi speaker, LED notifikasi, dan pembaca sidik jari di layar. Anda juga mendapatkan baterai 6.000 mAh yang sebenarnya merupakan dua paket 3.000 mAh di setiap ujung ponsel. Anda dapat menggunakan passthrough untuk menyalakan perangkat saat bermain game untuk mengurangi panas.

Audio adalah sorotan utama dari ROG Phone 5. Tidak hanya mendapatkan dua speaker menghadap ke depan, perangkat ini menyertakan DAC yang mendukung audio resolusi tinggi, dan ada beberapa perangkat lunak bawaan yang canggih yang dapat menyetel suara bagian depan.

Asus masih mendorong periferal dengan ROG 5, seperti casing Kunai 3 Gamepad. Ada juga lampiran kipas AeroActive Cooler 5, klip pengontrol yang mendukung pengontrol Xbox dan PS, casing Lightning Armor yang menawarkan pencahayaan belakangnya sendiri, beberapa model headphone Cetra yang berbeda, dan dock.

Yang menonjol di sini adalah Kunai 3 Gamepad. Ini adalah pad split yang beroperasi mirip dengan pengontrol stok untuk Nintendo Switch, dan mereka terhubung melalui USB C atau Bluetooth. Ini berarti Anda dapat menggeser pengontrol terpisah ke dalam casing ponsel yang disediakan untuk pengalaman genggam seperti Switch.

Atau Anda dapat memasangnya ke bingkai pengontrol terpisah yang berfungsi melalui Bluetooth. Kedua metode tersebut bekerja dengan baik dengan game Android asli serta Stadia. Latensi juga tidak pernah menjadi masalah.

Perlu juga dicatat bahwa Aero Active Cooler 5 dapat dipasang saat Kunai 3 Gamepad sedang digunakan. Itulah sebabnya ponsel ini menawarkan dua port USB-C. Alat yang dihasilkan berukuran besar di tangan Anda, tetapi memungkinkan sedikit pendinginan ekstra saat duduk untuk sesi bermain yang lebih lama.

Jika Anda memilih untuk pergi tanpa periferal tambahan, Anda dapat mengharapkan untuk menerima telepon, pengisi daya 65W, casing bening, beberapa stiker, dan bermacam-macam buklet instruksi di kotak Telepon ROG 5.

Baca: Rekomendasi Handsfree & Earphone Terbaik

review asus rog phone 5 rog phone 5

Software dan Baterai

Sekali lagi, Asus menawarkan dua pilihan UI saat mengatur perangkat Anda. Ada tema Klasik yang mirip dengan Android, dan kemudian ada tema Default, yang menawarkan estetika bermain game. Keduanya memiliki fungsi sama seperti stock Android, Google Discover, dan semuanya. 

Perangkat lunak ponsel dikemas dengan banyak opsi yang berpusat pada game. Sebagian besar pengaturan ini dapat diubah di aplikasi Armory Crate, yang dapat Anda tarik dengan mudah melalui menu Game Genie kapan saja di dalam game.

Opsi di dalamnya sangat banyak. Anda dapat menyesuaikan kontrol suhu, kinerja CPU / GPU, kinerja RAM, kecepatan kipas, dan Anda dapat menggabungkan jaringan Anda untuk mode ganda yang akan meningkatkan stabilitas dan kecepatan jaringan. Asus jelas menghabiskan banyak sumber daya untuk fitur game.

ROG 5 akan menggunakan OS Android 11. Asus telah mengkonfirmasi bahwa ROG Phone 5 series akan mendapat setidaknya dua tahun dukungan software, meskipun perangkat sebelumnya telah melewatkan beberapa pembaruan.

Memainkan game dengan refresh rate tertinggi mungkin akan merugikan baterai, itulah sebabnya hp gaming ini memiliki baterai 6.000 mAh. Mendorong 144fps selama beberapa jam dalam game akan memakan cukup banyak daya baterai.

Baca: Rekomendasi Hp 2 Jutaan Terbaik Tahun 2021

Kamera

Saat mengungkap ROG Phone 5, Asus mengakui bahwa kamera untuk Asus ROG Phone 5 Series bukanlah prioritas. Rupanya, perusahaan hanya bertujuan untuk menawarkan kamera lumayan yang tersedia di ponsel gaming. Meskipun begitu, hal ini terasa tidak sebanding dengan harganya.

Sensor utama adalah 16MP dengan aperture f / 1.8 dan 1.6um piksel , yang memungkinkan gambar yang bagus dalam pencahayaan luar ruangan, meskipun saat low light adalah kelemahannya, seperti pada ROG 3.

Sensor belakang kedua ultra-lebar pada 16MP dengan aperture f2.4, dan sensor ketiga adalah makro 5MP dengan aperture f2.0. Kamera depan mengemas 24MP dengan aperture f / 2.45, memungkinkan untuk beberapa selfie yang cukup detail jika pencahayaannya bagus.

Baca: Xiaomi Mi Band 6: Tanggal Rilis & Informasi lainnya

review asus rog phone 5 rog phone 5

Penutup

Itulah sedikit informasi mengenai Hp Gaming terbaru dari Asus ROG. Brand Asus ROG memang dikenal selalu mengeluarkan produk gaming yang powerfull untuk para gaming borjuis. Jika Anda mencari Hp gaming terbaik, Asus ROG Phone 5 adalah pilihan yang tepat. Untuk informasi seputar gadget dan promo, silahkan join Telegram Channel Dorangadget.com.