Doran Gadget Berbicara mengenai smartwatch terbaik untuk aktivitas sehari-hari dengan fitur terbaru, Apple Watch Series 8 dan Garmin Venu 2 menjadi dua yang sering digunakan. Hal itu karena fiturnya yang lengkap, performa tangguh, dan pertimbangan harga yang dijual di Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung menentukan mana yang terbaik untuk penggunaan harian, berikut perbandingan antara Apple Watch Series 8 vs  Garmin Venu 2 yang wajib disimak sebagaimana dilansir dari laman Smartwatch Crunch .

Spesifikasi Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2

Dalam membandingkan smartwatch terbaik dari Garmin dan Apple ini, ada baiknya Anda untuk melihat spesifikasinya secara umum. Di sini Garmin Venu 2 Series memiliki tiga varian berbeda yakni Garmin Venu 2, Venu 2S, dan Venu 2 Plus. Berikut yang perlu diketahui:

Spesifikasi Apple Watch Series 8 Garmin Venu 2
Tanggal Rilis 7 September 2022 Garmin Venu 2/2S: 22 April 2021
Garmin Venu 2 Plus: 4 Januari 2022
Sistem Operasi WatchOS Garmin OS
Kompatibilitas OS iOS Android, iOS
Sensor Ambient light sensor
High dynamic range Gyroscope
Accelerometer
Emergency SOS, Third-generation optical heart sensor
Electrical heart sensor
Blood oxygen sensor
altimeter
Kompas
Garmin Elevate heart rate sensor
Barometric altimeter Compass
Gyroscope Accelerometer
Thermometer Ambient light sensor
Pulse ox blood oxygen saturation monitor
Generasi Terdahulu Apple Watch 7 Garmin Venu

Baca juga: 20+ Rekomendasi Smartwatch Terbaik Sejauh Ini

Fitur Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2

Setelah mengetahui fitur spesifikasi utama keduanya, kini saatnya untuk mengetahui berbagai fitur unggulan yang dimiliki Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2. Mulai dari segi desain, layar, hingga fitur-fitur unggulan lainnya seperti untuk olahraga dan pemantau kesehatan.

1. Desain Smartwatch

Perbandingan yang pertama bisa kita lihat dari segi desainnya. Bodi smartwatch keduanya memang berbeda, dimana Apple Watch Series 8 mengusung desain persegi dan Garmin Venu 2 berbentuk lingkaran. Agar lebih mudah melihat perbandingan keduanya, bisa dilihat pada tabel berikut:

Spesifikasi Apple Watch Series 8 Garmin Venu 2
Dimensi 45mm: 45 x 38 x 10.7 mm,  41mm: 41mm x 35mm x 10.7mm 40mm(2S): 40.4 x 40.4 x 12.1 mm;
43mm(2 Plus): 43.6 x 43.6 x 12.6 mm;
45mm(2): 45.4 x 45.4 x 12.2 mm
Bobot Aluminum:
45mm: 38.8g | 41mm: 32g
Stainless Steel:
45mm: 51.5g | 41mm: 42.3g
40mm(2S): 38.2 gram
43mm (2 Plus): 51.0 gram 45mm(2): 49.0 gram
Tombol 1 tombol + Digital Crown 2 tombol
Warna midnight, starlight, silver, graphite (PVD), silver, and gold (PVD), (PRODUCT)RED Venu 2S: Slate/Graphite, LightGold/LightSand, Silver/MistGrey, Rose Gold/White
Venu 2 Plus: CreamGold/Ivory, Silver/PowderGray, Slate/Black
Venu 2: Silver/Granite Blue, Slate/Black
Ukuran Band Tidak ada spesifikasi 40mm(2S): 18mm
43mm(2 Plus): 20mm
45mm(2): 22mm
Material Casing Aluminum, Stainless steel Venu 2/2S: Fiber-Reinforced Polymer
Venu 2 Plus: Fiber-Reinforced Polymer with stainless-steel rear cover
Material Strap Silikon Silikon
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM

Bila dilihat dari segi desainnya, Apple Watch Series 8 ini tidaklah berbeda jauh dari generasi sebelumnya dengan bentuk persegi. Ketahanan air yang hingga 50 meter membuatnya nyaman digunakan saat kondisi hujan maupun berenang.

Berbeda dari Apple Watch Series 8, Garmin Venu 2 memiliki lebih banyak varian pilihan. Khususnya dari segi ukurannya yang dapat disesuaikan dengan pergelangan tangan pengguna. Dalam hal desain, Garmin lebih tebal dan lebih berat jika dibandingkan Apple Watch.

Baca juga: Perbandingan Venu 2 Plus vs Venu 2 vs Venu 2S, Apa Saja Perbedaannya?

2. Layar yang Dimiliki

Berikutnya kita beralih ke sektor layar. Perbedaan layar di sini, dapat dilihat dari resolusi yang dimiliki, ukuran layar, jenis layar yang digunakan, hingga fitur pelindung pada layar seperti yang tertera di tabel ini:

Spesifikasi Apple Watch Series 8 Garmin Venu 2
Ukuran Layar 45mm: 1.7 inchi
41mm: 1.4 inchi
40mm(2S): 1.1 inchi
43mm(2 Plus): 1.3 inchi
45mm(2): 1.3 inchi
Tipe Layar Retina LTPO OLED display AMOLED optional always-on mode
Resolusi Layar 45mm: 396 x 484 Pixels; 41mm: 352 x 430 Pixels 40mm(2S): 360 x 360 pixels 43mm(2 Plus): 416 x 416 pixels
45mm(2): 416 x 416 pixels
Pelindung Layar Aluminum: Ion-X front glass
Stainless steel: Sapphire Crystal Glass
Corning Gorilla Glass 3
Layar Always-on Ya Ya

Pada sektor layar, ukuran Apple Watch Series 8 memang lebih besar jika dibandingkan dengan Garmin Venu 2 Series. Dari segi resolusinya pun tidaklah berbeda jauh, bahkan sama-sama memiliki teknologi layar AMOLED.

Hanya saja Apple memiliki layar retina yang lebih cerah dan berwarna. Meskipun di sisi lain, Garmin Venu 2 juga memiliki AMOLED dan layar bewarna. Di sini, Apple cukup unggul dalam hal kecerahan layar.

3. Baterai Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2

Bagaimana dari segi ketahanan dan performa baterai antara Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2? Bahan dan tipe baterai keduanya sebenarnya sama. Pembedanya di sini adalah dari segi performa yang dimiliki yakni:

Spesifikasi Apple Watch Series 8 Garmin Venu 2
Tipe Baterai Lithium-ion Lithium-ion
Performa Baterai Hingga 18 jam
36 jam mode dasar
Sekitar 10-12 hari
Fast Charging Ya Tidak

Dalam segi perbandingan dan performa baterai, terlihat memang Garmin Venu 2 lebih unggul jika dibandingkan dengan Apple Watch Series 8. Di sisi lain, Apple Watch unggul dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging).

Tentu, ini menjadi andalan bagi para pengguna yang menginginkan pengisian daya tanpa memerlukan waktu lama. Sebagai catatan, performa baterai ini juga tergantung pada fitur-fitur yang diaktifkan saat menggunakan jam tangan tersebut.

Baca juga: Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Harga Apple Watch Series 8!

4. Fitur Kesehatan, Olahraga, dan Lainnya

Dalam perbandingan smartwatch, penting juga untuk melihat perbandingan di sektor pemantau kesehatan, fitur olahraga, hingga fitur-fitur pendukung lainnya. Misalnya saja dari segi penyimpanan data, prosesor, fitur pembayaran virtual, voice assistant, dan GPS.

Spesifikasi Apple Watch Series 8 Garmin Venu 2
Prosesor S8 with 64-bit dual-core processor ARM Cortex-M4
Pembayaran Virtual Apple Pay Garmin Pay
Konektivitas LTE and UMTS, Wi-Fi, Bluetooth 5.0 Bluetooth, Wi-Fi, GPS, ANT+
RAM 1 GB RAM 266 MB
Penyimpanan 32 GB 7 GB (hingga 650 lagu)
Aplikasi Pendukung Watch Garmin Connect
Panggilan dan Teks Ya (dengan model LTE) Tidak (panggilan Bluetooth hanya untuk Venu 2 Plus)
Voice Assistant Siri Voice Assistant untuk panggilan telepon (hanya di seri Venu 2 Plus)
Heart Rate Tracking Ya Ya
Sleep Monitoring Ya (Advanced) Ya (Basic)
Stress Monitoring Ya Ya
ECG Monitoring Ya (sertifikasiy FDA) Tidak
SpO2 Monitoring Ya Ya
Workout 75+
Workout Tracking Otomatis Ya Ya
GPS dan Navigasi L1 GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou GLONASS/ GALILEO

Apple Watch Series 8 hadir dengan berbagai fitur pintar yang lebih beragam. Ditambah lagi dengan pembaruan WatchOS9 membuatnya lebih memberikan pengalaman yang impresif bagi pengguna. Begitu pun dengan aplikasi iWatch yang memiliki aplikasi pihak ketiga lebih beragam.

Sementara itu, Garmin Venu 2 hadir dengan fitur-fitur dasar seperti streaming untuk musik, pembayaran NFC, dan alarm notifikasi. Termasuk untuk panggilan dengan menggunakan fitur Voice Assistant maupun Bluetooth. Kerennya lagi, Garmin Venu 2 bisa digunakan untuk Andorid dan iOS.

Di sektor pemantau kesehatan, Garmin memang lebih menawarkan data yang lebih komprehensif. Namun, dengan hadirnya WatchOS9 membuat Apple juga semakin menyamai komprehensif yang dimiliki Garmin. Terlebih lagi kedua brand smartwatch ini terus memperbarui sistem fitur yang ada agar semakin akurat.

Misalnya saja untuk monitor heart rate, kualitas tidur, tingkat stres, hingga saturasi darah (SpO2), baik Garmin maupun Apple sama-sama unggul. Sementara itu, Apple juga mengembangkan sensor ECG dengan sertifikasi dari FDA. Hal itu membuat pemantauan terhadap isu-isu kesehatan yang potensial menjadi lebih baik. Di sisi lain, fitur ECG pada Garmin saat ini masihi belum tersedia.

5. Harga Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2

harga apple watch series 8

Terakhir adalah perbandingan dari segi harga. Untuk urusan harga di setiap seri terkadang memang berbeda. Dimana hal tersebut dipengaruhi oleh fitur-fitur maupun dari segi ukuran yang dimilikinya. Di Indonesia sendiri, Apple Watch Series 8 dijual dengan kisaran harga harga yakni:

  • Apple Watch 8 Series (GPS) 41 mm: Rp6.6 jutaan
  • Apple Watch 8 Series (GPS 45 mm: Rp7,1 jutaan
  • Apple Watch 8 Series (GPS+Celullar) 41 mm: Rp8.1 jutaan
  • Apple Watch 8 Series (GPS+Celullar) 45 mm: Rp 8.6 jutaan

Sementara itu, untuk Garmin Venu 2 Series dibanderol dengan harga yang berbeda-beda di antaranya:

  • Garmin Venu 2: Rp6.4 jutaan
  • Garmin Venu 2S: Rp5.5 jutaan
  • Garmin Venu 2 Plus: Rp7.4 jutaan

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

Kesimpulan

Garmin Venu, jam tangan garmin, jam garmin, garmin watch, harga jam garmin

Dari ulasan mengenai Apple Watch Series 8 vs Garmin Venu 2 perbedaan keduanya tidak begitu mencolok. Hal itu tergantung pada segmentasi dan keperluan konsumen. Namun, secara umum memang Garmin Venu 2 memiliki banyak inovasi baru. Mulai dari ketahanan baterai dan fungsinya. Sehingga cocok digunakan bagi para profesional maupun atlet dalam aktivitas sehari-hari maupun berolahraga.

Meski begitu, Apple Watch Series 8 juga cocok untuk penggunaan harian. Khususnya dalam pemantauan kesehatan lebih akurat dengan performa baterai yang cukup. Bagi pengguna produk Apple maupun iPhone, tentu ini adalah pilihan yang tepat. Sebab, mudah diintegrasikan dengan fitur-fitur unggulan bawaan.

Apapun pilihan Anda, pastikan untuk membelinya di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya di Doran Gadget yang menjual produk Apple Watch dan Garmin Watch original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada promo menarik di waktu tertentu untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>