Aplikasi Quran Terbaik

Doran Gadget – Saat ini, dengan berkembangnya teknologi, aplikasi Quran dapat digunakan pada smartphone dan menjadi salah satu cara yang efektif untuk membaca, mempelajari, dan memahami isi Al-Quran dengan mudah. Berikut adalah beberapa aplikasi Quran terbaik yang dapat Anda gunakan baik di smartphone, tablet, atau PC

Mengenal Aplikasi Al Quran Digital

Quran online atau Quran digital adalah versi elektronik dari Al-Quran yang dapat diakses melalui internet. Dalam Quran online atau digital, teks Al-Quran ditampilkan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di layar komputer, smartphone, atau tablet.

Quran digital telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, audio reciter, tafsir, hingga fitur pencarian dan bookmark untuk memudahkan pengguna mencari ayat-ayat tertentu. Beberapa aplikasi Quran online atau digital bahkan menawarkan fitur untuk mempelajari tajwid, yaitu ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Meskipun Quran online atau digital dapat memudahkan akses untuk membaca Al-Quran, namun tetap perlu diingat bahwa penggunaan Quran online atau digital hanya sebagai sarana dan tidak dapat menggantikan nilai-nilai keagamaan dan kebiasaan membaca Al-Quran secara langsung. Sebaik-baiknya, pastikan untuk membaca Al-Quran dengan cara yang benar, yaitu dengan hati yang tulus dan tekun serta memahami maknanya dengan baik.

Quran online biasanya menggunakan teks Al-Quran yang sama dengan versi cetak atau manual yang sudah disahkan oleh ulama dan ahli tafsir. Sebagian besar situs atau aplikasi Quran online juga menyediakan informasi tentang sumber teks Al-Quran yang digunakan.

sc; istock

Baca juga: 9 Aplikasi Sholat Agar Tepat Waktu Beribadah di Bulan Ramadhan

Namun, seperti halnya dengan penggunaan internet pada umumnya, pengguna Quran online perlu memperhatikan keamanan dan integritas situs atau aplikasi yang digunakan. Beberapa situs atau aplikasi Quran online mungkin mengandung informasi yang tidak akurat atau bahkan palsu, yang dapat merusak kepercayaan pengguna terhadap ajaran Al-Quran.

Oleh karena itu, sebaiknya pengguna Quran online memilih situs atau aplikasi yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik, serta melakukan cross-checking informasi dengan menggunakan sumber yang lebih resmi dan terpercaya. Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa teks Al-Quran yang mereka baca melalui Quran online adalah benar dan tidak dipalsukan.

Amankah Menggunakan Quran Online?

Meskipun ada beberapa isu yang menyebutkan bahwa ada indikasi penyebaran malware yang berasal dari aplikasi sholat atau Quran digital, namun secara umum, menggunakan aplikasi Quran online adalah aman dan tidak membahayakan pengguna. Meskipun begitu, pastikan untuk memilih situs atau aplikasi Quran online yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Pastikan juga bahwa situs atau aplikasi Quran online yang digunakan terlindungi oleh sertifikat keamanan SSL dan protokol HTTPS. Hal ini dapat dilihat dari tanda gembok pada browser yang menandakan bahwa koneksi aman dan terenkripsi.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Saat Puasa

Rekomendasi Situs dan Aplikasi Quran Terbaik 

Berikut ini adalah rekomendasi situs dan aplikasi quran terbaik yang bisa Anda pilih. Semuanya dapat diunduh melalui aplikasi PlayStore maupun AppStore. Simak selengkapnya. 

1. Muslim Pro

 

sc: apkmodo.net

Muslim Pro adalah aplikasi Quran populer yang mudah digunakan. Selain fitur untuk membaca Al-Quran, aplikasi ini juga menyediakan informasi waktu sholat, arah kiblat, dan kalender hijriyah. Fitur lainnya adalah adzan otomatis dan pemberitahuan waktu sholat.

Muslim Pro dapat digunakan pada berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, hingga smartwatch. Tersedia dalam berbagai bahasa dan telah diunduh oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Muslim Pro juga menyediakan fitur zikir harian, panduan haji dan umrah, serta panduan zakat. 

2. Aminin 

Aminin 

Aplikasi satu ini buatan Indonesia dengan fitur unggulan seperti membaca Al-quran, belajar cara membaca Al-Quran, hingga fitur untuk berdiskusi dengan para pengguna lainnya. Konten yang dimuat juga telah diverifikasi langusng oleh para ulama terpercaya di bidang Al-Quran. 

Ada fitur bookmark yang memungkinan untuk menyimpan ayat yang telah dibaca. Ada dua level untuk melatih pengguna dalam membaca Al-Quran, yaitu level pemula dan mahir. Pengguna harus menjawab beberapa pertanyaan untuk bisa naik ke level selanjutnya. Fitur diskusi realtime dengan ustad/ustadzah yang ahli di bidangnya juga bisa digunakan. 

3. Umma

Umma
sc: Google Play

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan praktik-praktik agama Islam seperti jadwal sholat sesuai lokasi pengguna, doa dan zikir harian, Al-Quran digital lengkap dengan terjemahan dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. 

Aplikasi Umma menyediakan konten Islami dalam berbagai format, termasuk video, artikel, podcast, dan lain sebagainya. Konten ini berkaitan dengan topik-topik seperti hukum Islam, ajaran Islam, dan kisah-kisah Islami. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan komunitas Muslim lainnya dan berdiskusi tentang topik-topik Islami.

4. Al Quran Indonesia Kemenag

Al Quran Indonesia Kemenag
sc: islamic-center.or.id

Al Quran Indonesia adalah aplikasi Quran yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Aplikasi ini menyediakan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan audio reciter dari para qari Indonesia terkenal.

Memiliki terjemahan Bahasa Indonesia dan terdiri dari 114 surah atau 30 juz secara lengkap. Sudah dilengkapi dengan fitur audio murotal, fitur menyalin ayat Al-Quran, memberi tanda bacaan terakhir, hingga ilmu tajwid untuk menambah wawasan. 

5. iQuran

iQuran
sc: apk4all.io

iQuran adalah salah satu aplikasi Al-Quran digital yang populer untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini menyediakan teks Al-Quran lengkap dengan terjemahan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol, Perancis, dan banyak lagi.

iQuran juga menyediakan fitur pencarian ayat Al-Quran berdasarkan kata kunci atau nomor surah, serta fitur bookmark yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan ayat atau surah yang penting bagi mereka. Dilengkapi dengan fitur audio yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan bacaan Al-Quran yang dilakukan oleh qari terkenal, seperti Sheikh Abdul Basit, Sheikh Mishary Rashid Alafasy, dan Sheikh Saad Al-Ghamdi.

Baca juga: 6 Olahraga di Bulan Puasa yang Bisa Anda Lakukan Agar Tetap Sehat

6. Quran Majeed

quran majeed
sc: kastara.id

Quran Majeed adalah aplikasi Quran yang menawarkan fitur-fitur yang kaya, termasuk terjemahan dalam lebih dari 40 bahasa dan audio reciter dari lebih dari 15 qari yang berbeda. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian yang canggih dan pengaturan untuk membaca ayat-ayat Al-Quran dengan berbagai gaya.

Ada fitur untuk mencari kiblat dan pengaturan waktu sholat sesuai dengan lokasi pengguna. Aplikasi satu ini kompatibel dengan Android dan iOS Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah bahasa untuk terjemahan serta mengatur tema dan gaya font Arab yang berbeda.

7. Quran.com

Quran.com
sc: quran.com

Quran.com adalah aplikasi Quran gratis yang memungkinkan penggunanya untuk membaca, mempelajari, dan memahami ayat-ayat Al-Quran. Aplikasi ini menyediakan terjemahan dalam lebih dari 50 bahasa dan dilengkapi dengan tafsir, transliterasi, dan audio reciter.

Situs web ini juga dilengkapi dengan koleksi hadis dari Nabi Muhammad SAW. Pengguna dapat membaca tafsir dan hadis yang berkaitan dengan ayat Al-Quran tertentu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pesan Al-Quran. Situs ini dirancang dengan tampilan yang bersih dan intuitif, serta dapat diakses melalui perangkat komputer atau smarpthone.

8. Learn Quran Tajwid App

Learn Quran Tajwid App
sc: islampos.com

Merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna mempelajari cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Menampilkan teks lengkap Al-Quran dalam bahasa Arab dengan terjemahan ke dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Pembelajaran tajwid dilakukan melalui suara dan video. 

Pengguna juga dapat mempelajari tajwid melalui video yang menunjukkan bagaimana posisi bibir, lidah, dan mulut ketika membaca huruf-huruf tertentu. Learn Quran Tajwid App juga menawarkan fitur pembelajaran yang terstruktur, mulai dari tingkat dasar hingga mahir. Aplikasi ini juga menyediakan latihan soal untuk menguji pemahaman pengguna tentang kaidah tajwid.

9. Quran Explorer App

Quran Explorer App
sc: Google Play

Versi update terbaru dari aplikasi satu ini telah memiliki fitur untuk membantu pengguna mempelajari, menghafal, dan membaca Al-Quran dengan baik. Aplikasi satu ini juga telah menyediakan fitur pembelajaran Al-Quran dengan berbagai metode, termasuk flashcards, quiz, dan latihan soal. 

Fitur memori Al-Quran yang disematkan membantu pengguna untuk menghafal ayat-ayat Al-Quran dengan lebih mudah. Ada juga pilihan untuk update material yang telah dipublish untuk memperbarui translation, audio, hingga memperbaiki bila ada sesuatu yang eror pada teks Al-Quran.

10. Quran Best 

Quran Best 
sc: app store

Diklaim sebagai salah satu aplikasi Al-Quran digital yang tampilannya dibuat semirip mungkin dengan versi cetak. Menyedian kumpulan ayat dengan tema yang sama dan sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya. Teks quran juga telah dilengkapi tajwid per ayatnya. 

Ada juga fitur audio murotal untuk memperbaiki bacaan dengan memiliki qari yang disukai. Ada fitur bookmark untuk tanda bacaan terakhir. Penguna bsia melihat grafik bacaan Al-Quran setiap hari dengan memanfaatkan aplikasi satu ini.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Jadwal Imsakiyah 2023 Kemenag Lengkap Se-Indonesia

Penutup 

Itulah beberapa aplikasi Quran terbaik yang bisa Anda pilih. Dengan aplikasi Quran ini, umat muslim dapat membaca, mempelajari, dan memahami ayat-ayat Al-Quran dengan lebih mudah dan efektif. Namun, tetap perlu diingat bahwa aplikasi Quran hanya sebagai sarana, sehingga masih perlu menemukan waktu untuk membaca Al-Quran secara langsung dan memahami maknanya dengan lebih mendalam.

Gunakan tablet atau smartphone dengan ukuran layar lebar untuk membaca quran dengan lebih nyaman. Nyalakan semangat belajar Al Quran dengan audio murotal yang bisa diputar menggunakan speaker andalan dari JETE. Semua produk tersebut bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait: