iOS 18 vs Android 15

Doran Gadget – Seperti yang Anda tahu, perbandingan antara iOS 18 vs Android 15 banyak dicari mengingat dua sistem operasi terbaru ini memang yang terbaru di tahun ini. Google telah menampilkan Android 15 pada bulan Agustus nanti sedangkan iOS 18 akan meluncur di akhir tahun ini bersamaan dengan iPhone terbaru. iOS 18 menjanjikan perombakan yang signifikan, sementara Android 15 tampaknya mengambil pendekatan yang lebih halus. Berikut perbandingan selengkapnya!

Integrasi AI

iOS 18 vs Android 15
sc: Sportskeeda

Kecerdasan buatan (AI) akan menjadi tema utama untuk iOS 18 dan Android 15. Apple kabarnya akan membawa beberapa fitur AI seperti: 

  • Apple Intelligence: Rangkaian ini mencakup Writing Tools untuk saran tata bahasa dan gaya yang ditingkatkan, Image Playground untuk pembuatan gambar kreatif, dan Genmoji untuk pembuatan emoji yang dipersonalisasi. 
  • Peningkatan Siri: Siri diharapkan menerima peningkatan yang sangat dibutuhkan, berpotensi menggabungkan elemen dari ChatGPT untuk pemahaman dan respons yang lebih baik dalam memahami bahasa dan konteks pribadi.

iOS 18 bukan satu-satunya sistem operasi yang mendapatkan peningkatan AI besar tahun ini. Google telah mengungkapkan bahwa Android 15 akan menampilkan overlay baru bernama Gemini yang dirancang untuk membantu Anda berinteraksi dengan aplikasi Android lainnya. Gemini memungkinkan Anda untuk:

  • Pencarian dalam Aplikasi: Cari langsung informasi spesifik di dalam video YouTube, PDF, dan aplikasi lain.
  • Manipulasi Gambar yang Ditingkatkan: Seret dan lepas gambar yang dihasilkan oleh Gemini ke dalam obrolan atau email dan Google Messages untuk integrasi yang mudah.

Baca juga: Preview iOS 18: Banyak Update Besar dan Apple Intelligence!

sc: YouTube – HowToMen

Peningkatan Fitur Message (Pesan)

Apple juga membawa beberapa pembaruan besar ke aplikasi Pesan. Pengguna sekarang akan dapat mengirim pesan melalui satelit ketika koneksi Wi-Fi dan seluler tidak tersedia. Pesan akan berfungsi seperti biasa, dengan gambar, emoji, dan reaksi Tapback semua didukung.

  • Pesan via Satelit: Fitur inovatif di iOS 18, memungkinkan pengguna mengirim pesan meskipun tanpa Wi-Fi atau koneksi seluler. Ini mendukung gambar, emoji, dan reaksi, cocok untuk keadaan darurat atau lokasi terpencil.
  • Peningkatan iMessage: iMessage mendapatkan fitur yang sudah lama ditunggu seperti penjadwalan pesan, dukungan pesan RCS untuk kompatibilitas lintas platform yang lebih baik, dan berbagai gaya teks dan animasi. Reaksi emoji akhirnya hadir juga.
sc: suara

Circle to Search di Android 15

Sementara itu, Google juga memperbarui fitur Circle to Search di Android 15 untuk bekerja dengan hampir semua informasi yang ditampilkan di layar Anda. Contoh yang diberikan Google adalah membantu siswa dengan masalah matematika dan fisika yang kompleks. Berikut fitur Circle to Search yang bisa dicoba: 

  • Instruksi Langkah demi Langkah: Memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk menyelesaikan berbagai masalah fisika dan matematika.
  • Simbol dan Grafik: Akan membantu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks yang melibatkan rumus simbolik, diagram, grafik, dan lainnya.

Belajar menjadi lebih mudah dengan menggunakan fitur satu ini di Android. Tentu saja fitur ini nantinya akan lebih banyak diminati oleh para siswa.

Highlight di Safari iOS 18

Apple juga memberikan pembaruan cerdas pada Safari di iOS 18 dengan menyoroti informasi penting melalui fitur bernama Highlights. Browser iPhone sekarang akan mendeteksi dan menyoroti informasi yang relevan secara otomatis di situs web mana pun, mencegah Anda dari perlu menggulir ke bawah halaman dan mencari detail secara manual.

Baca juga: Ini Seputar Tanggal Rilis Android 15, Final Akhir 2024!

Penutup

Meskipun tidak terlalu banyak hal yang bisa kita bandingkan saat ini, namun setelah kedua sistem operasi ini telah rilis secara final, mungkin kita bisa menemukan lebih banyak perbandingan di antar kedua OS ini. Nah, sembari menunggu kedua iOS ini rilis, kini Anda bisa membeli berbagai smartphone terbaru hanya di Doran Gadget. Semua produk Doran Gadget merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>