Doran GadgetSemakin majunya teknologi saat ini memudahkan seseorang dalam beraktivitas dan bekerja. Salah satunya dengan menatap layar perangkat elektronik atau screen time. Terlebih sejak pandemi Covid-19 terjadi, dimana banyak aktivitas yang dialihkan ke daring. Lalu, apa itu screen time dan dampaknya jika terlalu lama menatap layar?

Apa Itu Screen Time?

01. nonton video, nonton video di hp
sc: Pexels

Screen time adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah waktu yang dihabiskan seseorang di depan layar elektronik, seperti ponsel pintar, tablet, komputer, televisi, dan perangkat elektronik lainnya.

Istilah ini lebih umum digunakan dalam konteks penggunaan teknologi oleh anak-anak dan remaja, tetapi juga dapat digunakan untuk menggambarkan kebiasaan penggunaan layar pada semua kelompok usia.

Screen time dapat mencakup berbagai aktivitas, seperti menonton video, bermain game, menggunakan media sosial, membaca, atau bekerja menggunakan perangkat elektronik.

Baca juga: 5 Tips Mata tetap Sehat Meski Aktif Bermain Gadget

Berapa Waktu Ideal Menatap Layar di HP?

iMessage iPhone (1)
sc: IT Geared

Walaupun menjadi kebutuhan saat ini, waktu menatap layar pun perlu diperhatikan, jika tidak ini akan berdampak negatif. Tercatat, dari DataReportal menyebutkan durasi paling lama diduduki oleh Afrika Selatan dengan lama screen time 10 jam 46 menit. Sementara, Indonesia pada tahun 2022 lalu disebutkan rata-rata lama seseorang menatap layar sekitar 5.7 jam.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang betah menatap layar. Kebanyakan mereka beranggapan untuk mencari informasi terkini. Kemudian, digunakan untuk bermain game, berbelanja online, belajar online, hingga berselancar di media sosial. Namun, sebaiknya Anda perhatikan waktu yang ideal agar kesehatan tetap baik berdasarkan usia saat screen time adalah:

  • 0-18 bulan: tidak dianjurkan terpapar layar elektronik sama sekali, kecuali memang untuk melakukan panggilan video bersama keluarga. Pada usia ini, lebih ditekankan pada aktivitas membaca dan bounding dengan orang tua.
  • 18-24 bulan: tidak masalah menatap layar namun dengan waktu yang sangat terbatas dan digunakan untuk menonton konten edukasi dengan didampingi oleh orang tua.
  • 2-5 tahun: anak boleh menatap layar namun dengan durasi terbatas. Yakni tidak lebih selama 1 jam saat weekdays, sedangkan saat weekend tidak lebih dari 3 jam.
  • Orang dewasa: untuk orang dewasa batasan ini memang subjektif, yang terpenting di sini adalah dapat menyeimbangkan antara menatap layar dengan olahraga, menjaga kesehatan, menjaga waktu istirahat dan olahraga.

Untuk membantu membatasi screen time, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi. Seperti Date Timer, Flipd, Focus To-Do, Forest, dan Zario.

Baca juga: Nonton Video di HP, Netizen Indonesia Termasuk yang Paling Kuat

Efek Terlalu Lama Screen Time

sc: The Daily Beast

Lantas, apa jadinya jika screen time Anda terlalu lama? Tentu ada dampak yang bisa dirasakan mulai dari kesehatan hingga kebiasaan sehari-hari, berikut di antaranya:

  • Membuat seseorang malas bergerak dalam waktu cukup lama. Biasanya orang yang keasyikan berman HP, komputer, maupun laptop cenderung jarang bergerak dan tidak jarang sambil ngemil. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan obesitas dan berimbas pada masalah kesehatan. Mulai asam urat, kolesterol, diabetes, dan lainnya.
  • Merasakan kebahagiaan yang semu. Dengan semakin banyaknya media sosial, membuat interaksi dunia maya lebih sering ketimbang bertatap muka langsung. Seseorang biasanya mendapatkan kebahagiaan hanya dengan komentar maupun respon di media sosial. Namun, dalam dunia nyata interaksi menjadi berkurang dan membuat tanggungjawab sosial.
  • Seseorang tidak bisa mengelola waktu dengan baik. Misalnya saja ketika bermain media sosial atau game, terkadang orang jadi lupa waktu. Dengan begitu, waktu yang seharusnya produktif untuk hal-hal yang positif menjadi hilang begitu saja.
  • Akan lebih mudah merasa cemas dan stres. Terlebih dengan adanya anggapan Fear of Missing Out (FOMO) atau ketinggalan informasi terkini mulai dari fashion dan hal lainnya. Sehingga, membuat seseorang merasa dirinya tidak diterima pergaulan, dan sebagainya. Inilah yang membuat seseorang cepat cemas dan stres.

Baca juga: Tips Tetap Sehat Meski Duduk Berjam-jam di Depan Komputer

Penutup

jenis pelindung layar hp
sc: PC Magz

Dari ulasan di atas, mengetahui waktu screen time adalah hal penting untuk menjaga seseorang dari berbagai dampak negatif yang ditimbulkan saat menatap layar HP, komputer, dan laptop. Selain itu, penting pula bagi Anda untuk melakukan sosialisasi dan pergi ke tempat-tempat yang menarik untuk menikmati liburan yang lebih bermakna.

Kemudian, agar semakin nyaman Anda dapat menggunakan pelindung layar HP yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Begitu juga dengan aksesoris gadget lainnya yang mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Baik untuk mendukung dalam bekerja maupun aktivitas hiburan lainnya.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>