mouse komputer

Doran GadgetAktivitas di era digital saat ini memang tidak bisa dipisahkan dari perangkat elektronik pendukung seperti komputer dan mouse. Meski bentuknya kecil, mouse komputer memiliki peran penting untuk mendukung kinerja Anda menjadi lebih cepat dan efisien. Namun, untuk membeli dan memilih mouse yang tepat, tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan Anda harus memperhatikan hal tertentu.

Tips Membeli Mouse Komputer

Berikut beberapa tips penting yang wajib Anda perhatikan saat membeli dan memilih mouse komputer untuk berbagai aktivitas mulai bekerja hingga kebutuhan hidup era digital.

 1. Koneksi Mouse

01. mouse komputer

Pertama adalah mengenai konektivitas mouse. Ada dua jenis konektivitas mouse komputer yang beredar di pasaran, yakni dengan kabel dan tanpa kabel (wireless). Sebagian besar pengguna saat ini lebih memilih mouse wireless. Alasannya, mouse satu ini sangat praktis saat dibawa ke mana saja.

Selain itu, koneksinya cukup panjang bila dibandingkan mouse dengan kabel yang terbatas pada sepanjang kabel. Hanya saja, untuk mouse wireless Anda membutuhkan pengisian daya saat baterai habis atau menggunakan baterai dengan tipe AAA.

2. Perhatikan Sensor yang Dimiliki

04. mouse komputer

Selanjutnya penting pula untuk memperhatikan sensor yang dimiliki mouse tersebut. Sensor di sini dibagi menjadi dua yakni sensor optik dan sensor laser. Pebedaannya, mouse dengan sensor optik mampu melacak titik per inch-nya mulai dari 400-800 dpi. Sedangkan untuk sensor laser dapat melacak hingga lebih dari 2000 dpi.

Bila menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, memang tidak terlalu membutuhkan dpi tinggi. Namun, jika digunakan untuk kebutuhan yang cukup kompleks seperti keperluan desain grafis, maka mouse laser layak untuk dipilih karena memiliki sensitivitas tinggi.

3. Desain Mouse Komputer Juga Penting

02. mouse komputer

Dalam urusan desain mouse komputer, pada tips ketiga ini sebaiknya Anda pilih mouse dengan desain ergonomis. Maksudnya di sini adalah ukuran mouse nyaman digenggam di tangan dan digunakan. Mouse yang terlalu besar dan kurang nyaman tentu akan menghambat kerja Anda di depan komputer.

Selain itu, bobot mouse bisa menjadi pertimbangan Anda. Idealnya, mouse yang baik bobotnya pas ketika digunakan, yakni antara 50-100 gram saja. Lalu, pilih juga mouse dengan operasional yang mudah. Misalnya, dengan sistem plug and play yakni pengguna hanya perlu menancapkan mini reciver ke platform USB yang akan digunakan tanpa harus ribet dan memakan waktu yang lama. Begitu juga dengan tombol-tombol yang ada.

Baca juga: Rekomendasi 10 Mouse Gaming Terbaik yang Wajib Anda Miliki

4. Travel Size atau Full Size

05. mouse komputer

Menyambung dari poin sebelumnya, masalah desain mouse juga terbagi antara travel size dan full size. Perbedaannya adalah, seperti namanya yakni travel size memiliki bentuk lebih kecil dan praktis. Sehingga, nyaman untuk dibawa ke mana saja dan cocok untuk Anda dengan ukuran tangan yang kecil.

Sementara, bagi Anda yang memiliki ukuran tangan besar, sebaiknya pilihlah ukuran full size. Meski bentuknya sedikit lebih besar, namun memiliki keunggulan tersendiri. Khususnya mengenai mode genggamannya yang mantap dan kokoh saat digunakan.

5. Ketahanan Mouse

03. mouse komputer

Terakhir dan yang paling penting adalah ketahanan dan ketangguhan penggunaan mouse itu sendiri. Saat ini memang banyak mouse komputer yang menawarkan ketahanan dengan pemakaian hingga berkali-kali. Namun, Anda sebaiknya pilih mouse yang memiliki ketahanan pemakaian sampai hitungan juta kali.

Misalnya saja mouse dengan pemakaian dan klik hingga 3 juta kali. Hal ini selain membuatnya lebih awet juga setidaknya membuat Anda lebih hemat dan tidak perlu membeli mouse berkali-kali.

Mendapatkan Mouse Komputer Terbaik

Itulah beberapa tips dalam ketika akan membeli mouse komputer sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda membelinya di tempat terbaik dan tepercaya dengan mouse terbaik. Apapun pilihan mousenya tidak menjadi masalah asalkan itu nyaman digunakan dan mendukung setiap aktivitas Anda.

Untuk rekomendasi mouse pendatang baru terbaik, Anda bisa memilih JETE MS2 dengan berbagai keunggulan. Mulai dari ketahanannya hingga 3 juta kali pemakaian yang wajar, operasional yang mudah, desain yang dirancang ergonomis, serta memiliki koneksi wireless 2.4GHz. Begitu pula dengan tingkat DPI-nya.

Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget yang menjual mouse komputer dari brand ternama dengan kualitas terbaik dan barang yang dijual adalah asli. Selain itu Anda juga berkesempatan meraih kesempatan harga terbaik di promo-promo tertentu. Informasi lebih lanjut dan up to date bisa join di channel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

×