Doran GadgetKualitas tidur yang baik jadi salah satu kunci kesehatan tubuh seseorang. Semakin cukup waktu tidur maka semakin baik pula kondisi kesehatan. Namun, tak sedikit dari kita mungkin belum mengetahui bagaimana cara mengukur kualitas tidur ini. Jika Anda salah satunya, ada baiknya untuk menyimak tulisan yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget berikut ini.

Mengetahui Kualitas Tidur yang Baik

Untuk mengetahui seberapa baik dan kondisi tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagaimana dilansir dari laman Tempo.co.

1. Lama Tidur Per Malam

Cara yang pertama adalah ketahui berapa lama durasi tidur per malam. Idealnya, orang dewasa perlu tidur setidaknya 8 jam per hari. Namun, ini tergantung pada aktivitas berat apa yang dilakukan. Semakin berat aktivitas, maka diperlukan durasi tidur yang semakin lama pula.

Di samping itu, durasi tidur seseorang tidak semuanya 8 jam standar. Oleh karena itu, mencari tahu tentang banyaknya waktu tidur cukup adalah hal penting pertama yang wajib dipertimbangkan. Jangan sampai waktu tidur ini berlebihan atau kurang dan itu akan berdampak pada kondisi tubuh.

Baca juga: 3 Bahaya Kecanduan Handphone Terhadap Tidur

2. Perasaan dan Kondisi Tubuh Ketika Bangun Tidur

Menyambung dari cara pertama, mengetahui kualitas tidur yang baik yakni dengan merasakan bagaimana kondisi tubuh saat bangun tidur. Setiap orang memiliki waktu bangun tidur sendiri, dan sebagian ada yang bangun pagi dan tak sedikit pula yang bangun menjelang siang.

Apapun itu, apa yang Anda rasakan saat baru bangun tidur dan mulai bergerak? Apakah Anda siap menjalani hari dan terjaga, atau justru merasa grogi dan lesu. Jika setelah bangun tidur dan sejenak melakukan peregangan, lalu Anda merasakan energi lebih saat akan beraktivitas, itu tandanya kualitas tidur dalam kondisi baik.

3. Mengetahui Kualitas Tidur yang Baik – Berapa Sering Bangun?

Seseorang pasti pernah mengalami terbangun saat tidur malam dan hal ini memang wajar. Mengetahui seberapa sering Anda bangun adalah salah satu indikator ketiga melihat kualitas tidur yang baik. Normalnya, terbangun di malam hari adalah satu sampai dua kali.

Biasanya, digunakan untuk ke kamar mandi, anak yang terbangun, atau karena hewan peliharaan di rumah. Termasuk gangguan dari luar lainnya seperti kebisingan. Para ahli menyarankan bahwa tidur malam yang tidak terbangun atau bangun tak lebih dari satu kali merupakan indikator tidur berkualitas.

Baca juga: Suhu Terbaik untuk Tidur Menurut Para Ahli

4. Kondisi di Siang Hari

Garmin venu 2 Plus (4)

Keempat, kondisi tidur yang baik bisa juga dilihat dari bagaimana kondisi Anda ketika beraktivitas pada siang hari. Para ahli seperti W. Chris Winter dalam ‘The Sleep Solution’ menyebutkan misalnya saat meeting, mengikuti kelas, dan hal lainnya merasa ingin tidur sepanjang waktu, bisa jadi itu adalah indikator kualitas dan durasi tidur kurang.

Pertimbangkan juga, apakah Anda merasa sering marah, mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi. Sebab, perasaan-perasan seperti itu pun menandakan bahwa Anda kurang waktu untuk tidur yang cukup.

5. Pantau Menggunakan Fitur dan Aplikasi Khusus

Fitur Garmin Sleep Score

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur maupun aplikasi khusus untuk memantau tidur. Biasanya fitur ini terdapat pada smartwatch Garmin dengan Sleep Score dan Sleep Insight. Dimana fitur tersebut dapat melaporkan bagaimana kualitas tidur dengan cukup akurat. Apakah sudah baik, cukup, atau kurang melalui skor atau angka.

Tak hanya memberitahu kualitas tidur saja, fitur dan aplikasi tersebut pun memberikan saran apa yang harus dilakukan oleh pengguna ketika dalam kondisi kurang tidur. Kerennya lagi, Anda bisa melihat kualitas tidur selama beberapa hari terakhir dan dapat digunakan sebagai data pembanding.

Baca juga: Mengenal Fitur Garmin Sleep Score dan Sleep Insight

Penutup

Fitur Garmin Sleep Score (5)

Setidaknya itulah cara mudah untuk mengetahui kualitas tidur yang baik bagi Anda. Selain hal-hal di atas, langkah faktor lain yang berpengaruh terhadap kualitas tidur adalah nutrisi yang Anda konsumsi. Kemudian, bagaimana gaya hidup sehari-hari, dan aktivitas olahraga yang dilakukan setiap hari atau setiap minggu.

Dapatkan informasi menarik lainnya dari Doran Gadget seputar teknologi, olahraga, dan gaya hidup dengan klik di sini. Atau follow Instagram dan subscribe channel YouTube Doran Gadget dari smartphone Anda sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp