Review Oppo Find X3 Pro: Harga, Fitur, dan Spesifikasi

Oppo Find X3

Doran Gadget – Oppo Find X3 Pro adalah HP Oppo terbaru di kelas flagship premium. Tidak hanya itu, HP yang termasuk HP Oppo termahal ini merupakan produk pertama dari brand asal China tersebut yang menggunakan Snapdragon 888. Itulah mengapa, HP ini juga disebut sebagai HP ambisius yang ditarget untuk menembus pasar menengah ke atas.

Tertarik membelinya? Sebelum itu, ada baiknya Anda simak dulu review HP Oppo X3 dari Doran Gadget berikut ini!

Sekilas Oppo Find X3 Pro

Seperti yang sudah disinggung di atas, X3 Pro adalah rilisan terbaru dari seri Find yang merupakan lini flagship brand ini. Melalui HP ini, Oppo mencoba membangkitkan kembali fitur unik dari Find X yang rilis pada 2018 seperti kamera pop-up yang terkenal itu. Selain itu, HP ini juga dibekali fitur-fitur unggulan yang sama dengan Find X2 Pro tahun 2020 seperti sistem kamera mumpuni, layar QHD+ OLED 120Hz, water resistance, teknologi fast charging 65W.

Spesifikasi Oppo X3 Pro

Layar6.7-inch LTPO AMOLED
Curved QHD+
3,216 x 1,440 at 525PPI
Refresh rate adaptif 120Hz
HDR10+ tersertifikasi
ProsesorQualcomm Snapdragon 888
RAM12GB LPDDR5
Kapasitas Penyimpanan256GB UFS3.1
Slot MicroSDTidak ada
Baterai4,500mAh
65W wired charging
30W wireless charging
Reverse wireless charging
KameraBelakang:
– Wide-angle: 50MP, ƒ/1.8, 1/1.56″ sensor dengan OIS dan all-pixel PDAF
– Ultra-wide: 50MP, ƒ/2.2, 1/1.56″ sensor dengan all-pixel PDAF
– Telephoto: 13MP, ƒ/2.4, dengan 5x hybrid zoom
– Microlens: 3MP, ƒ/3.0 dengan fixed focus
Depan:
– 32MP, ƒ/2.4, dengan OIS
KonektivitasDukungan 4G LTE
5G (sub-6GHz, SA dan NSA)
Dukungan Wi-Fi 6
Bluetooth 5.0
Sistem OperasiAndroid 11
(Color OS 11.2)
Water ResistanceIP68
KeamananPemindai sidik jari di layar, pendeteksi wajah
WarnaGloss Black, Blue
Dimensi dan Berat163.4 x 74 x 8.26 mm
193g

Desain dan Layar HP Oppo Terbaru X3 Pro

Oppo Find X3

Bisa dibilang, X3 Pro adalah HP yang eye-catching dengan desain kaca mewah yang elegan. Ini disebut dengan desain glass unibody dengan frame dari aluminium alloy. Selain itu, X3 Pro sudah mendapatkan sertifikasi IP68 yang artinya HP ini sudah tahan air dan tahan debu.

Fitur kekinian lainnya adalah pemindaian sidik jari pada layar dan face unlock. Layar seluas 6.7 inci dibekali proteksi Gorilla Glass yang membuat tampilannya lebih jernih dan tajam. Beratnya yang hanya 193 gram saja membuat HP ini nyaman digenggam saat digunakan.

Layar Oppo Find X3

Oppo Find X3 Pro sepertinya memang dipersiapkan sebagai HP high-end, terlihat dari layar LTPO AMOLED yang melengkung dengan resolusi FHD+ 2,184 x 1,080 piksel. Oppo juga mengklaim akurasi warna tinggi yang terlihat nyaman di mata, tanpa adanya oversaturasi, serta layar yang memadai untuk multitasking.

Panel yang sedikit melengkung memastikan HP ini tetap bisa bekerja dengan baik untuk penggunaan satu tangan. Untungnya, tampilan layar tidak ikut melengkung sehingga tidak mengganggu pengalaman interaksi pengguna.

Kamera

Oppo Find X3

Dari aspek kamera, Oppo Find X3 mengusung tidak hanya satu, tapi dua custom-built sensor Sony IMX766 yang didesain khusus untuk HP ini. Sensor ini dapat ditemukan di kamera utama dan kamera ultra-wide 50MP di bagian belakang perangkat. Kamera ini dipasangkan dengan kamera telephoto yang memiliki 5x hybrid zoom (3x optical zoom).

Kamera keempat HP ini berjenis microlens 3MP yang dapat mengambil bidikan macro hingga 60x pembesaran. Kamera-kamera ini mampu menghasilkan gambar istimewa dari dua kamera yang memiliki sensor Sony tadi. Warna bidikan sangat istimewa, membuatnya mampu bersaing dengan HP yang memiliki kamera terbaik.

Soal kamera depan, tidak perlu ditanya. Oppo selalu menghadirkan kamera depan dengan kualitas mumpuni buat Anda yang suka ber-swafoto.

Performa

Perpaduan Qualcomm Snapdragon 888 dan RAM 12GB menghasilkan performa yang ciamik. Aplikasi dapat terbuka dengan cepat, berjalan mulus, serta tidak ada lag ketika digunakan untuk multitasking. Ketiadaan slot microSD juga tidak menjadi masalah karena kapasitas penyimpanan sebesar 256GB sudah cukup untuk menyimpan banyak gambar, video, dan masih banyak lagi.

Sama seperti HP lain yang rilis di tahun 2021, Oppo X3 sebagai HP Oppo terbaru adalah perangkat yang sudah mendukung 5G.

Software OS

Oppo Find X3

Perangkat lunak HP ini adalah Color OS 11.2 berbasis Android 11, menghasilkan tampilan yang menarik dan tidak penuh sesak oleh berbagai macam aplikasi yang ditampilkan di layar.

Aplikasi bawaan X3 Pro antara lain adalah berbagai macam Google apps, Facebook, Netflix, dan O Relax. Oppo juga menyertakan software buatan mereka sendiri seperti Game Space untuk optimasi gaming, Clone Phone, dan aplikasi standar seperti cuaca.

Harga HP Oppo X3 Pro

Dengan embel-embel sebagai HP “premium” dan “high-end”, tentu saja harga HP Oppo ini tidak murah. X3 Pro dijual ke pasaran dengan harga yang tidak tanggung-tanggung, sekitar Rp 15 jutaan!

Oppo memang tidak takut bersaing dengan pabrikan besar seperti Apple dan Samsung, karena harga HP ini mendekati iPhone 12 Pro Max dan Galaxy S21.

Apakah Oppo X3 Pro Adalah Pilihan Tepat?

Buat Anda yang bukan pengguna fanatik Apple atau Samsung, X3 Pro bisa disebut satu-satunya pesaing untuk kedua brand tersebut. Namun berbeda dengan HP Oppo lain yang ada di kisaran Rp 1 jutaan atau HP 3 jutaan, Anda harus merogoh kocek yang dalam kali ini.

Namun fitur dan tampilan yang Anda dapatkan juga setara, jelas jauh lebih unggul dibandingkan HP 2 jutaan biasa. Jangan lewatkan info terbaru seputar gadget dan promo produk lainnya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!