Review OnePlus Open

Doran Gadget – OnePlus Open, ponsel lipat dari brand OnePlus ini memang banyak dibicarakan sejak kemunculannya beberapa bulan yang lalu. Bersaing dengan berbagai ponsel lipat dari brand ternama seperti Samsung, Oppo, Vivo, dan lainnya, OnePlus bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda penggemar ponsel lipat. Nah, berikut ini review lengkap dari OnePlus Open yang diambil dari berbagai sumber. 

Spesifikasi OnePlus Open 

Spesifikasi OnePlus Open
Layar Foldable LTPO3 Flexi-fluid AMOLED, 7.82 inches, 2268 x 2440 pixels, 2268 x 2440 pixels
Cover display:
LTPO3 Super Fluid OLED, 6.31 inches, 1B colors, Dolby Vision, 120Hz, 2800 nits (peak),  1116 x 2484 pixels, 431 ppi, Ceramic Guard
OS Android 13, OxygenOS 13.2
Chipset Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm)
RAM 16GB
ROM 512GB
Kamera Belakang 48 MP, f/1.7, 24mm (wide), 1/1.43″, 1.12µm, multi-directional PDAF, OIS
64 MP, f/2.6, 70mm (telephoto), 1/2″, 0.7µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom
48 MP, f/2.2, 14mm, 114˚ (ultrawide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
Kamera Depan 20MP, f/2.2, 20mm (ultrawide), 1/4″, 0.7µm
Cover camera:
32MP, f/2.4, 22mm (ultrawide), 1/3.14″, 0.7µm
Baterai 4805 mAh, 67W wired, PD, 1-100% in 42 min, Reverse wired
Warna Emerald Dusk, Voyager Black

Baca juga: Mengenal Nokia 9210 Communicator, HP Sultan di Serial Gadis Kretek Netflix!

Review OnePlus Open

Nah, berikut ini adalah review lengkap mengenai OnePlus Open yang wajib Anda ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini!

Desain 

sc: Future / Philip Berne

OnePlus Open memiliki desain yang mengesankan secara keseluruhan. Saat tertutup, perangkat ini memiliki ukuran yang nyaman dan tidak terlalu besar atau kecil. Ketika dibuka, OnePlus Open memiliki layar yang cukup besar, dengan kualitas buildnya yang kokoh membuat perangkat ini tetap terasa nyaman di tangan. Perangkat ini memiliki profil ramping dengan ketebalan 0,22 inci dan berat 8,43 ons.

Engsel Flexion OnePlus Open memberikan pengalaman penutupan yang memuaskan dan mengurangi lipatan pada layar. Tonjolan kamera belakang OnePlus Open mencolok, tetapi tidak terlalu besar, meskipun membuatnya agak sulit untuk digunakan saat diletakkan datar. OnePlus Open memiliki rating IPX4 yang baik, yang membuatnya tahan terhadap percikan air.

Layar

Review OnePlus Open
sc: Dominik Tomaszewski / Foundry

OnePlus Open memiliki spesifikasi layar yang unggul dibandingkan pesaingnya. Layar utama Flexi-fluid AMOLED 7,82 inci beresolusi 2K (2440 x 2268) menawarkan pengalaman visual yang memukau. Kecerahan layar dalam OnePlus Open mencapai 1.158 nits, yang cukup terang untuk digunakan di luar ruangan.

Layar luar (cover) Super Fluid AMOLED 6,31 inci (2484 x 1116) juga memiliki kualitas yang baik. Layar luar OnePlus Open juga rentan tergores karena masih menggunakan Ceramic Guard, meskipun diklaim 20% lebih tahan dari Gorilla Glass Victus.

Keunggulan OnePlus Open terletak pada layar internal 2K yang brilian dan pemutaran suara stereo yang mengesankan. Layar internal OnePlus Open sangat cocok untuk multitasking, karena menawarkan ruang yang luas untuk menampilkan beberapa aplikasi secara bersamaan. Meskipun memiliki beberapa kelemahan dalam konsumsi konten, seperti rasio aspek yang tidak mendukung dengan baik untuk beberapa aplikasi, OnePlus Open menyajikan desain tampilan yang superior di kelasnya.

Baca juga: Review Tecno Phantom V Flip, Bakal Rilis Indonesia!

Kamera

Review OnePlus Open
sc: Christine Romero-Chan / Digital Trends

OnePlus Open menonjol dalam departemen kamera dengan fokus yang jelas pada aspek fotografi. Susunan kamera luar terdiri dari kamera utama 48MP, ultrawide 48MP, dan kamera telefoto 64MP dengan zoom optik 3x. Kamera telefoto mampu memberikan zoom in-sensor tanpa kehilangan kualitas hingga 6x, dengan Ultra Res Zoom 120x jika diperlukan. Aplikasi kamera OnePlus Open menyediakan beragam mode, termasuk mode Pro untuk kontrol manual, potret, video dual-view, dan mode film dengan kontrol manual.

Kamera utama 48MP menghasilkan hasil yang bagus dalam kondisi pencahayaan yang cukup, dengan kualitas yang bersaing dengan Pixel Fold dan Galaxy Z Fold 5. Meskipun ultrawide 48MP sedikit menyaturasi warna, hasilnya tetap sangat baik di bawah sinar matahari. Kamera telefoto 64MP dengan zoom optik 3x memberikan hasil yang memuaskan, bahkan dapat bersaing dengan lensa zoom optik 5x Pixel Fold.

Mode makro secara otomatis diaktifkan saat mendekati objek, dan hasilnya cukup baik dengan detail yang baik. Kamera depan 20MP menghasilkan selfie yang menyenangkan dengan detail halus yang lebih baik daripada kamera depan Pixel Fold. OnePlus Open juga membawa mode potret Hasselblad yang ditingkatkan dengan pelacakan kedalaman hampir sekelas DSLR.

sc: Future / Philip Berne

Dengan sensor utama Sony LYT-T808 48MP yang sangat baik, OnePlus Open menghasilkan gambar yang konsisten dengan detail dan dinamika yang luar biasa. Meskipun memiliki beberapa kelemahan dalam kondisi cahaya rendah, kualitas hasil gambar secara umum masih mengesankan. 

Video capture hingga 4K pada 30 atau 60fp spada 1080p (240 dan 480 fps), dengan mode Ultra Steady yang mengoptimalkan OIS pada lensa utama memberikan hasil rekaman yang mulus dengan gerakan yang banyak. Dengan demikian, OnePlus Open menyajikan pengalaman fotografi yang kuat, memberikan keseimbangan yang baik antara fungsi zoom dan kualitas gambar dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Baca juga: Perbandingan Xiaomi Mix Fold 3 vs Samsung Galaxy Z Fold 5

Chipset dan Performa

Review OnePlus Open
sc: Christine Romero-Chan / Digital Trends

OnePlus Open juga menawarkan pengalaman multitasking yang luar biasa. Fitur Open Canvas memungkinkan pengguna menjalankan tiga aplikasi secara bersamaan tanpa harus dioptimalkan untuk layar utama yang lebih besar. Selain itu, fitur ini memungkinkan penyimpanan hingga sembilan preset multi-app untuk produktivitas yang ekstrem. Sistem operasi OxygenOS 13.2 bersih, elegan, dan mudah digunakan. 

Performa OnePlus Open sangat cepat dan tangguh. Snapdragon 8 Gen 2 dan RAM 16GB mampu mendukung penggunaan sejumlah besar aplikasi dan gaming tanpa masalah. Video-out melalui USB-C memungkinkan pengguna menggunakan OnePlus Open sebagai pengganti desktop PC. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang ingin bekerja atau bermain game di layar yang lebih besar.

Ekosistem produk OnePlus, seperti OnePlus Pad, memberikan sinergi yang baik dan konektivitas yang solid. Pengguna dapat menggunakan OnePlus Open dan OnePlus Pad secara bersamaan untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman hiburan.

Baterai 

Review OnePlus Open
sc: Future / Philip Berne

OnePlus Open menawarkan masa pakai baterai yang cukup baik, bertahan hingga seharian dengan penggunaan yang cermat. Meskipun memiliki kapasitas gabungan 4.805mAh dari dua sel, sedikit lebih kecil dari smartphone flagship pada umumnya, OnePlus mengimbanginya dengan pengisian cepat SUPERVOOC 67W. Namun, tidak adanya pengisian nirkabel mungkin menjadi kekurangan bagi mereka yang terbiasa dengan kenyamanan fitur ini.

Harga OnePlus Open 

Review OnePlus Open
sc: Dominik Tomaszewski / Foundry

OnePlus Open dijual dengan harga $1.699 atau sekitar Rp26,4 jutaan. Sayangnya OnePlus tidak dijual di Indonesia, jika Anda ingin mendapatkannya maka bisa membelinya di official OnePlus, Amazon, dan Best Buy di Amerika Serikat, tetapi hanya melalui official OnePlus di Inggris.

Baca juga: 9 Rekomendasi HP November 2023 yang Layak Pilih!

Penutup 

Itulah seputar review OnePlus Open yang wajib Anda ketahui. Lengkapi berbagai aksesoris terbaik untuk membantu Anda membuat konten dengan lebih baik bersama gimbal dari DJI, powerbank atau tripod dariJETE, dan lainnya yang bisa Anda beli di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp. 

Artikel terkait:

>