Review Amazfit Neo – Smartwatch Retro Terjangkau

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Dorangadget.com Review Amazfit Neo yang diluncurkan Huami. Merek Amazfit, atau Amazfit Neo lebih menonjol dari yang lain karena desainnya. Perangkat yang dapat dikenakan hadir dengan tampilan retro, tetapi memiliki beberapa fitur modern yang membuatnya cukup fungsionalitas.

Ini juga merupakan rekomendasi smartwatch murah yang diluncurkan perusahaan Huami. Tetapi apakah ini cukup layak untuk pergelangan tangan Anda atau tidak? Dalam artikel ini akan membahas review Amazfit Neo Series.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Spesifikasi Amazfit Neo

  • Tampilan: 1.2 “, layar monokrom STN, Tampilan Selalu Aktif
  • Tali pengikat: Tali pengikat Polyurethane (PUR), lebar 20mm
  • Fitur: Monitor detak jantung waktu nyata, tahan air 5ATM, Pelacakan Tidur, Pelacakan Olahraga, Penghitung Langkah, Peringatan Panggilan dan Pemberitahuan Aplikasi, Layar angkat untuk bangun, Peringatan Idle, Alarm, dan Stopwatch
  • Mode Olahraga: Berlari, Bersepeda, Berjalan
  • Sensor: Sensor Denyut Jantung Optik Pelacakan Bio PPG, akselerometer
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0 / BLE, Kompatibel dengan Android 5.0+ dan iOS 10.0+
  • Baterai: 160mAh
  • Warna: Merah, Hitam, dan Hijau
  • Dimensi: 40,3 x 41 x 11,7 mm
  • Berat: 32 gram

Desain dan Tampilan

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Amazfit Neo memiliki desain retro yang mengingatkan pada jam tangan Casio yang sangat populer di masa lalu. Hal ini memungkinkan akan memicu nada nostalgia pada banyak orang. Itu terbuat dari plastik dan cukup solid dan sangat ringan dengan berat 32 gram, membuatnya ideal untuk dipakai di malam hari untuk pelacakan tidur dan saat berolahraga.

Saya memakainya selama lebih dari 15 jam per hari selama lebih dari seminggu dan merasa sangat nyaman. Tali atau strapnya terbuat dari Polyurethane dan memiliki lebar 20mm. Ini tidak dapat dilepas tetapi berkualitas baik dan saya tidak memiliki masalah dengan strap selama pengujian.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Amazfit Neo mengemas layar monokrom STN 1,2 inch yang selalu menyala dengan visibilitas luar ruangan yang bagus. Bahkan di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu, saya tidak perlu menyalakan lampu latar.

Tetapi dalam kondisi redup atau gelap total, Anda harus menyalakannya untuk mengoperasikan Amazfit Watch ini dan terkadang dapat menyilaukan mata, misal ketika Anda hendak tidur dan sudah mematikan lampu kamar. Tidak ada cara untuk mengaturnya karena Anda tidak dapat mengontrol kecerahan layar.

Navigasi Amazfit Neo

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Tidak ada layar sentuh, jadi Anda harus menggunakan tombol fisik pada Amazfit Neo untuk mengoperasikannya. Ada dua di sisi kiri jam bertulis Select dan Back, dan dua di kanan bertulis Up dan Down.

  • Tombol Select untuk menghidupkan/mematikan smartwatch
  • Tombol Back untuk menghidupkan/mematikan lampu latar dengan menekan lama
  • Tombol Up dan Down untuk navigasi.

Secara default, ada total sembilan halaman untuk Langkah, Jarak, Kalori Terbakar, Cuaca, DND (Do Not Disturb), Stopwatch, Alarm, Personal Activity Intelligence dan Monitor Denyut Jantung.

Ada satu untuk level Baterai, yang perlu ditambahkan secara manual dari aplikasi Zepp (sebelumnya Amazfit) dengan menuju ke tab Profil, mengetuk Amazfit Neo dibawah Perangkat dan kemudian pada pengaturan tampilan Display. Anda juga dapat mengatur ulang urutan halaman ini dari sini.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Bagian Belakang Amazfit Neo

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Pindah ke bagian belakang Amazfit Neo, Anda akan mendapatkan konektor pengisian daya dan Sensor Denyut Jantung Optik Pelacakan Bio PPG yang ditempatkan di dalam pelat melingkar yang lebih tinggi. Hal ini yang akan memastikan sensor melakukan kontak dengan kulit yang akurat dan meminimalisir kotoran yang terkumpul seiring lamanya pemakaian.

Amazfit Neo juga tahan air hingga kedalaman 50 meter. Jadi Anda tidak perlu melepasnya saat mandi atau berenang. Tetapi itu tidak mendukung pelacakan renang, sehingga Anda tidak akan mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukannya, karena dapat mengetahui waktu.

Software

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami
smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huamismartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Amazfit Neo berfungsi dengan perangkat Android dan iOS. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Zepp di smartphone untuk mengatur Amazfit Watch, mengubah pengaturannya, dan menyinkronkan data.

Nama aplikasi resminya telah berubah, tetapi aplikasinya sendiri (setidaknya untuk Android) belum menjadi lebih baik dan tetap sama. Artinya Anda masih melihat pintasan untuk pengaturan yang sama di beberapa lokasi dan yang tidak ada.

Selain itu, bidang yang tidak terkait dengan smartwatch terlihat tanpa data apa pun dan tidak ada cara untuk memasukkan nilai apa pun, yang mungkin membingungkan beberapa pengguna. Singkatnya, aplikasi resmi Amazfit tetap berantakan dan membutuhkan perbaikan desain.

Fitur dan Performa

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Jika review Amazfit Neo lebih dalam, ia hadir dengan pemantauan detak jantung real time, pelacakan tidur, penghitung langkah, mode olahraga, sedentary reminder, alarm, stopwatch, dan panggilan masuk dan notifications alerts.

Untuk pemantauan detak jantung, Neo menggunakan PPG Bio-Tracking Optical Sensor, yang dapat mengukur denyut nadi secara otomatis dengan interval 1 menit, 5 menit, 10 menit, atau 30 menit. Tetapi Anda juga dapat mengukurnya secara manual kapanpun Anda mau dengan menavigasi ke halaman Detak jantung di smartwatch menggunakan tombol Up dan Down.

Pengukuran detak jantung manual cukup cepat tetapi pemantauan otomatis kurang akurat. Karena ada kalanya tidak mendeteksi sama sekali dan terkadang merekam data ketika tidak sedang mengenakannya.

Konon, pelacakan tidur di Amazfit Neo berfungsi dengan baik, tetapi beberapa kali smartwatch menambahkan waktu bangun ke catatan saat sedang tidur. Namun, saya sangat suka bagaimana jam tangan pintar memantau Tidur REM selain Tidur Pulas dan Tidur Ringan. Tidak hanya itu, ini juga merekam tidur siang Anda yang dilakukan antara jam 11 pagi dan 6 sore.

Konon, pelacakan tidur di Amazfit Neo berfungsi dengan baik, tetapi beberapa kali jam tangan pintar menambahkan waktu bangun ke catatan saat saya sedang tidur. Namun, saya sangat suka bagaimana jam tangan pintar memantau Tidur REM selain Tidur Pulas dan Tidur Ringan. Tidak hanya itu, ini juga merekam tidur siang Anda yang dilakukan antara jam 11 pagi dan 6 sore.

Jam tangan pintar yang tampak retro ini juga mendukung panggilan masuk dan peringatan pemberitahuan aplikasi, tetapi saya tidak menemukan notifikasi aplikasi. Karena jam tangan tidak menampilkan konten pemberitahuan di layar, dan semua yang bisa Anda lihat dalam pemberitahuan hanyalah hitungan notifikasi.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Selain itu, jam tangan Neo tidak bergetar untuk panggilan masuk dan peringatan pemberitahuan aplikasi, tetapi bergantung pada nada suara yang berbeda. Ini juga berlaku untuk alarm, yang membuat fitur tersebut kurang efektif dibandingkan dengan peringatan getar.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Fitur Idle Alert di Amazfit Neo berfungsi seperti yang diiklankan sebagian besar waktu. Ini menunjukkan sosok manusia di jam tangan pintar bersama dengan kata “NAIK” jika Anda tidak bergerak selama satu jam.

Sebelum saya menyelesaikan bagian ulasan ini, saya ingin menunjukkan bahwa Amazfit Neo membutuhkan waktu lama untuk terhubung kembali dengan smartphone pada waktu dan sinkronisasi data. Tidak terlalu banyak untuk menjadi pemecah kesepakatan, tetapi cukup untuk menghambat keseluruhan pengalaman. Kami yakin ini adalah sesuatu yang dapat diperbaiki Amazfit dengan pembaruan perangkat lunak.

Daya Tahan Baterai

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Amazfit Neo memiliki kapasitas baterai 160mAh yang diklaim mampu bertahan selama 28 hari dalam penggunaan biasa dan 37 hari dalam mode hemat daya, yang memiliki pemantauan detak jantung, Bluetooth, lift to wake screen dan bel nada dinonaktifkan.

Selama periode pengujian, saya mendapatkan 11 hari ketahanan dengan interval pemantauan detak jantung otomatis diatur ke satu menit. Pelacakan tidur, lift to wake screen diaktifkan dan lebih dari 100 pemberitahuan sepanjang hari.

Jam tangan tidak bergetar, tetapi Anda mendapatkan peringatan suara yang cukup  menghabiskan daya. Penggunaannya juga mencakup sekitar 15-20 menit berjalan di dalam ruangan setiap hari selama periode peninjauan. Perlu diingat bahwa masa pakai baterai yang Anda dapatkan akan bergantung pada penggunaan dan pengaturan.

Neo dilengkapi dengan pengisi daya yang menurut Amazfit dapat mengisi penuh dari 0% hingga 100% dalam 2,5 jam. Tetapi sebenarnya butuh waktu lebih sedikit dan mengisi sel hanya dalam dua jam lebih sedikit. Setelah baterai penuh, Anda akan diberitahu dengan nada bip yang bagus.

Kabel pengisi dayanya bisa dibilang cukup kecil dan pendek dan itu tidak baik. Karena akan membuat jam tangan menggantung jika Anda mencolokkannya ke stop kontak di dinding. Kabel yang lebih panjang tentu akan lebih fleksibel. Namun ini bukan masalah besar jika Anda memiliki stop kontak di meja.

smartwat chxiaomi amazfit neo, review amazfit neo xiaomi huami

Penutup

Amazfit Neo memiliki desain retro yang akan cocok untuk Anda yang menyukai style retro. Smartwatch retro ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Harga Amazfit Neo Rp 599.000 dan membuatnya bersaing dengan smartband Xiaomi Mi Band 5.

Neo tidak sepenuhnya ditargetkan untuk penggemar kebugaran atau penggemar olahraga. Ini ditujukan untuk mereka yang menginginkan jam tangan retro dengan pelacakan detak jantung dan notifikasi.

Neo perangkat wearable yang tahan air hingga kedalaman 50 meter dan memiliki desain yang unik ditambah dengan tampilan yang memiliki visibilitas outdoor yang bagus. Pemasangan dengan fitur kebugaran dasar seperti pemantauan detak jantung, pelacakan tidur, penghitung langkah dan mode olahraga, dan Anda memiliki aksesori bagus yang membantu Anda melacak kesehatan Anda.

Untuk kinerja Amazfit Neo, sebagian besar masalah yang dimiliki jam tangan pintar saat ini dapat diperbaiki dengan pembaruan software di masa mendatang.

Baca: Review Amazfit GTR – Smartwatch Dengan Baterai Awet

Kelebihan Review Amazfit Neo

  • Desain Unik
  • Ringan dan nyaman
  • Layar memiliki visibilitas luar ruangan yang bagus
  • Ketahanan air 5ATM

Kekurangan Review Amazfit Neo

  • Aplikasi membutuhkan perombakan desain
  • Notifikasi aplikasi tidak terlalu membantu
  • Tidak ada getaran untuk notifikasi dan alarm
  • Mode olahraga tidak dapat diaktifkan dari jam tangan pintar
  • Terkadang membutuhkan waktu terlalu lama untuk menyambungkan dan menyinkronkan data

Untuk beli Amazfit Neo dan produk lainnya, Anda bisa mendapatkannya di Dorangadget.com. Produk dijamin original sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jangan lupa juga untuk join Telegram channel dorangadget.com.