Doran GadgetSeiring meningkatnya inovasi dan perkembangan teknologi, memudahkan setiap orang dalam melakukan aktivitas. Begitu pun dalam mengatur perangkat dalam rumah.

Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah smart home system. Seperti apa perangkat ini dan apa saja contoh produknya? Simak ulasannya dalam artikel yang telah dirangkum tim Doran Gadget.

Apa Itu Smart Home System?

sc: Wise Move

Secara umum, smart home system dapat diartikan sebagai teknologi canggih yang mendukung untuk keperluan dan penggunaan peralatan rumah tangga. Salah satunya adalah dalam hal pengontrolan perangkat tersebut dari jarak dekat maupun jarak jauh secara remote.

Kontrol peralatan tersebut dapat dilakukan melalui smartphone maupun remote khusus dari perangkat. Teknologi seperti ini banyak membantu penggunanya, terutama bagi mereka yang sibuk. Selain itu, membantu dalam penggunaan energi yang lebih efisien hingga meningkatkan keamanan dalam rumah.

Jika melihat dari sejarahnya, penggunaan perangkat pintar untuk perabotan rumah sudah dimulai sejak tahun 1975. Hal tersebut ditandai dengan inovasi X10 yang menjadi protokol untuk mengendalikan AC rumah yang menghubungkan modul dengan perangkat.

Baca juga: Apa Itu Haptics dan Contoh Penggunaannya di Perangkat Pintar?

Contoh Produk Smart Home System

Berikut beberapa rekomendasi produk smart home system yang bisa Anda miliki untuk memudahkan dalam beraktivitas di dalam rumah sehari-hari.

1. Smart TV

perbedaan smart TV dan android TV (4)
sc: T3

Contoh produk smart home system yang pertama dan sering digunakan adalah smart TV. Hampir setiap rumah kini memiliki perangkat pintar ini. Hal tersebut dikarenakan TV ini lebih mudah dalam hal penggunaan dan memiliki banyak fitur unggulan. Bahkan, lebih banyak pilihan channel dan dapat terhubung dengan internet.

Dari segi kualitas gambar juga lebih baik. Sebab, teknologi yang dimilikinya mendukung untuk format HD maupun HD Plus. Begitu pun dengan kualitas audionya. Jadi, Anda dapat merasakan sensasi seperti menonton bioskop di rumah. Ini juga berkat dukungan integrasinya dengan perangkat pintar lain seperti smart speaker.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Agar Tak Salah Pilih

2. Smart Home Security

sc: USA Today

Selanjutnya ada smart home security yang biasanya berupa CCTV. Memang, pada umumnya CCTV sudah dilengkapi dengan kamera maupun mikrofon untuk memantau area tertentu. Namun, untuk smart CCTV dilengkapi dengan sejumlah fitur pintar unggulan yang tidak dipasang pada CCTV konvensional.

Misalnya fitur sound detection dan gesture. Berkat fitur tersebut, CCTV bisa mendeteksi gerakan manusia mapun suara sekaligus dan itu berjalan secara otomatis. Tak hanya itu saja, CCTV juga memiliki sirine yang dapat mengirimkan notifikasi saat terjadi hal yang mencurigakan.

3. Smart Speaker

sc: GSM Arena

Produk yang ketiga ialah smart speaker, dari bentuknya memang tidak beda jauh dengan speaker konvensional maupun speaker Bluetooth pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya adalah fitur pintar pada smart speaker tersebut. Contohnya adalah fitur voice assistant.

Dengan perintah suara, pengguna lebih mudah dalam melakukan pengaturan. Misalnya menyalakan dan mematikan speaker, hingga mengganti lagu yang diinginkan. Kerennya lagi, speaker ini mampu menghasilkan suara jernih dengan koneksi wireless sampai dengan jarak 10 meter. Bahkan, Anda juga bisa membawanya traveling.

Baca juga: 6 Rekomendasi Speaker Soundbar Terbaik Dibawah 1 Jutaan

4. Smart Lamp

sc : Tekled UK

Selama ini lampu dikenal sebagai alat penerangan di dalam rumah. Namun, seiring perkembangan teknologi lampu pun juga memiliki sejumlah fitur pintar. Salah satunya adalah dalam mengatur pencahayaan rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi mengganti lampu untuk berbagai aktivitas.

Pengaturan ini juga semakin mudah melalui voice assistant atau pengaturan melalui suara. Termasuk mengatur kapan waktu lampu dinyalakan maupun dimatikan. Beberapa produk smart lamp juga menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Tentu, ini akan membantu pengguna dalam menghemat energi listrik.

5. Smart Lock Door

sc: Smart Locks Book

Terakhir adalah smart lock door, seperti namanya fitur ini dapat dipasang di pintu rumah. Dengan menggunakan alat tersebut, sistem penguncian pada pintu menjadi lebih praktis. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya teknologi canggih seperti fingerpint maupun melalui gestur orang-orang yang dapat mengaksesnya. Jadi, tidak semua orang dapat mengakses dan menggunakannya.

Smart lock door terkadang juga dilengkapi dengan smart doorbell. Alat ini juga dipasangi dengan sensor khusus. Fungsi dari sensor ini adalah untuk memberikan warning kepada pemilik rumah dan terhubung ke smartphone saat ditekan. Termasuk dapat berbicara dengan pengunjung lain melalui built-in kamera yang maupun mikrofon yang terpasang.

Baca juga: Mengenal Apa Itu CCTV, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Penutup

sc: Pay Space Magazine

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai teknologi smart home system untuk penggunaan di rumah yang lebih baik di era digital. Kini, Anda bisa mendapatkan beberapa produk tersebut mulai dari smart home security hingga smart TV di Doran Gadget. Kami menjual produk tersebut dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan.

Dapatkan keuntungan berbelanja untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan pembelian, Anda bisa menghubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Follow Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku.

Artikel terkait:

×