Fitur Microlens (3)

Doran GadgetSektor kamera merupakan bagian penting dari smartphone masa kini. Tak heran jika banyak brand smartphone dunia melakukan inovasi di sektor kamera ini. Salah satunya adalah fitur microlens. Seperti apa fitur ini, cara menggunakannya di smartphone, dan apa keunggulannya? Simak ulasannya yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber berikut ini.

Apa Itu Fitur Microlens?

Fitur Microlens (2)

Melansir dari laman TechnoSports, microlens adalah lensa kamera dengan diameter yang cukup kecil, yakni dibawah 1mm. Biasanya, lensa ini digunakan pada perangkat seperti mesin fotokopi, display 3D, hingga smartphone dengan teknologi terkini.

Berkat keberadaan fitur microlens ini, para pengguna dapat menangkap objek bidikan foto dengan lebih jelas daripada menggunakan lensa kamera ponsel pada umumnya. Terutama untuk membidik objek dengan ukuran yang kecil sekalipun.

Baca juga: 7 Rekomendasi HP Kamera Terbaik dengan Kualitas Premium

Fitur Microlens Pada HP

oppo find x3 pro

Saat ini memang tak banyak smartphone yang menggunakan fitur microlens ini. Namun, pabrikan besar seperti OPPO yang memang berfokus pada sektor kamera, mulai menyematkan fitur tersebut pada dua HP unggulan mereka yakni OPPO Find X3 Pro dan OPPO Reno 7 4G.

Seri OPPO Find X3 Pro merupakan jajaran HP flagship dirilis pada bulan Maret 2021 lalu. Sedangkan untuk OPPO Reno 7 dirilis awal bulan Maret 2022 ini di sektor kelas menengah. Bila pengguna ingin mengaktifkan fitur microlens di kedua smartphone tersebut, dibutuhkan pencahayaan yang terang untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga: Review Oppo Find X3 Pro: Harga, Fitur, dan Spesifikasi

Keunggulan Fitur Microlens

Fitur Microlens

Lantas, apa yang menjadi keunggulan dari microlens ini? Sebagai contoh pada smartphone di atas, sebagaimana dilansir dari website resmi OPPO fitur tersebut memungkinkan pengguna memperbesar bidikan objek hingga 30 kali lipat menggunakan optical zoom. Jika menggunakan hybrid zoom, maka pembesaran maksimalnya bisa hingga 60 kali lipat.

Tentu saja, pembesaran ini lebih baik dibandingkan kamera makro smartphone umumnya. Dimana pembesarannya hanya hingga dua kali lipat saja. Dengan microlens, bintik putih dan partikel debu dapat terlihat saat menangkap objek. Hal itu karena pada saat menangkap gambar, pengguna harus memfoto pada jarak yang cukup dekat dan melakukan pengaturan khusus agar foto tidak blur.

Ini tentu lebih mudah bila menggunakan OPPO Reno 7, karena dilengkapi dengan beberapa tools. Misalnya tools Orbit Light yang bisa menerangi objek dengan mudah dalam skala milimeter. Termasuk adanya layout bulat agar bidikan menjadi lebih fokus.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Oppo Terbaru 2022 

Penutup

Fitur Microlens (1)

Nah, itu dia Sobat Doran ulasan mengenai fitur microlens yang terpasang pada smartphone. Canggih bukan? Dengan adanya fitur ini, Anda tak perlu khawatir lagi kehilangan momen-momen seru, khususnya saat membidik objek menggunakan pembesaran yang luar bias, tanpa khawatir hasil foto menjadi blur, pecah, dan kurang jelas.

Jangan lupa untuk selalu lengkapi smartphone Anda dengan aksesoris gadget terbaik saat membidik objek foto. Mulai dari tripod, powerbank untuk menjaga daya baterai, maupun pelindung layar agar semakin nyaman. Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget dengan pembelian di jaringan store, marketplace, maupun di aplikasi. Dapatkan informasi promo menarik dengan ikuti Instagram kami.

Artikel terkait:

×