DJI IndonesiaAda banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang pilot drone dalam meningkatkan kemampuannya. Salah satunya yang paling mudah adalah menggunakan simulator seperti DJI Flight Simulator.

Sama seperti simulator untuk perangkat lainnya, platform ini memiliki sejumlah fitur yang lengkap. Seperti apakah dan bagaimana cara menggunakannya? Kami telah merangkum ulasannya dalam artikel kali ini.

Apa Itu DJI Flight Simulator

sc: Cool Things

DJI Flight Simulator adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh DJI. Dalam simulator ini, pengguna dapat mempelajari cara mengoperasikan drone secara virtual dan  meningkatkan skill terbang pilot drone yang minim risiko. Seperti drone terjatuh atau menabrak objek.

DJI Flight Simulator memiliki tampilan simulasi yang realistis, termasuk peta yang terintegrasi, tampilan dan suara yang realistis, dan banyak fitur lainnya untuk membantu pengguna mempelajari cara terbang dengan drone DJI dengan lebih aman dan efektif.

Adapun spesifikasi komputer yang dapat menggunakan simulator ini setidaknya memiliki sistem operasi Windows 10 atau spesifikasi untuk gaming. Itu artinya. Paling tidak memiliki RAM untuk video sebesar 4GB dan RAM 16gb. Kemudian memiliki ruang kosong di hard drive 80GB.

Baca juga: 7 Simulator Drone Terbaik untuk FPV dan Komersial

Fitur-Fitur yang Dimiliki

sc: OmnoView Tech

Pihak DJI terus melakukan pembaruan untuk memberikan kenyamanan penggunaan simulator bagi para pilot drone. Di samping itu, memudahkan para pilot drone untuk memilih berbagai kondisi. Berikut beberapa fitur dan keunggulan  yang ada di dalam simulator DJI ini.

  1. Terdapat tiga mode penerbangan yang ada di produk drone DJI mulai dari mode normal, mode sport, dan ATTI.
  2. Tedapat banyak sudut pandang (POV) baik itu dalam mode VLOS maupun FPV sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Mengubah POV ini juga sangat mudah dan ada banyak opsi yang bisa dipilih.
  3. Dapat diintegrasikan dengan perangkat secara fisik, seperti remote drone untuk merasakan pengalaman secara nyata.
  4. Setting simulasi yang dapat disesuaikan senyata mungkin dengan objek aslinya. Seperti efek angin, efek saat terjadi tabrakan, dan sebagainya.
  5. Ada berbagai modul pelatihan yang dapat dipilih untuk mengasah kemampuan dan sesuai kebutuhan.
  6. Koneksi dan integrasi dengan perangkat lain yang mudah. Termasuk dalam menggunakan keyboard komputer maupun gamepad sebagai penggantinya.

Baca juga: 10+ Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2023

Cara Menggunakan DJI Flight Simulator

Untuk menggunakan DJI Flight Simulator, Anda dapat memilih beberapa modul yang ada dan telah diprogram. Para pilot dapat memilih modul berdasarkan skenario yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan penerbangan di lapangan nantinya. Adapun modul-modul yang bisa digunakan di antaranya:

1. Skill Training

sc: Drone Blog

Mode yang pertama pada DJI Flight Simulator yakni Skill Training. Ini merupakan modul dasar untuk penerbangan drone DJI. Terdapat tiga level dengan empat tes simulasi yang bisa dicoba yakni:

  • Hovering Test: simulasi tes ini memberikan pengalaman baru dalam meningkatkan kemampuan menerbangkan drone. Ada tujuh tes yang harus dilalui jika ingin naik level. Dimana tiap level ini ada efek angin untuk meningkatkan kesulitan selama penerbangan dan menguji skill pilot.
  • Fly Track Test: simulasi ini ada delapan skenario yang berbeda. Di sini, pilot diharuskan membuat pola seperti persegi, lingkaran, persegi panjang, dan lainnya menggunakan pesawat drone di simulator.
  • UTC Pylon Inspesction: terdapat enam tingkatan untuk simulasi tes ini, khususnya untuk menginspeksi UTS. Mulai dari melakukan persiapan, navigasi, hingga penerbangan.
  • DJI Internal Aircraft Skill Test Process: simulasi ini Anda diharuskan terbang dalam pola terbang lurus dan kembali lagi dan melingkar. Tak hanya itu saja, di sini juga ada simulasi untuk take-off, landing, dan

2. Free Flight

sc: Drone Blog

Berikutnya ada mode Free Flight. Dalam modul ini, pengguna bisa memilih pesawat drone yang akan digunakan. Kemudian ada berbagai skenario untuk penerbangan yang harus dilalui. Modul Free Flight ini antara lain adalah:

  • Free Flight City: mode ini adalah Anda akan melakukan simulasi penerbangan drone di dalam kota dengan lima tempat yang berbeda untuk proses take-off.
  • Free Flight Island: Anda bisa menikmati berbagai pulau yang indah dengan simulasi menerbankan drone dengan empat pilihan tempat take-off yang berbeda.
  • Free Flight Hangar: pada simulasi ini, Anda akan merasakan sensasi terbang menggunakan drone di area hangar pesawat.
  • Free Flight Mountain: simulasi ini adalah menerbangkan drone di area pegunungan dengan pemandangan yang menakjubkan.
  • Free Flight Forest: simulasi ini sangat cocok untuk Anda yang suka pemandangan alam. Sebab, mode ini akan memberikan pengalaman menakjubkan dengan latar hutan hijau.

Baca juga: Simulator Drone LiftOff untuk DJI FPV, Ini Link Downloadnya!

3. Modul Entertainment

sc: Drone Blog

Anda juga dapat memilih modul ketiga yakni Entertainment. Dimana modul ini menampilkan banyak skenario yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan hadir dalam dua mode video game, yakni Time Trial dan Tunnel Run. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Time Trial: pada mode ini, disimulasikan drone terbang melintasi area yang ditentukan. Termasuk melewati checkpoint untuk melewati misi yang harus diselesaikan. Selain itu, Anda harus mengumpulkan poin sebanyak mungkin dengan kesulitan yang cukup tinggi.
  • Tunnel Run: game ini sangat unik, dimana disimulasikan drone harus melewati rintangan berupa lingkaran dan tidak boleh menabrak serta harus mendapatkan poin dengan waktu tertentu. Jika semakin cepat waktu penerbangan dalam menyelesaikan misi, maka peringkat pun bisa lebih tinggi.

4. Mode Aplikasi / Terapan

sc: Drone Blog

Modul yang terakhir adalah mode aplikasi atau terapan. Di sini, ada skenario untuk melakukan inspeksi maupun penerapannya dalam misi pencarian dan penyelamatan (SAR). Dua skenario yang utama di antarnaya adalah:

  • Power Line Inspection: pada skenario, pilot drone akan disimulasikan mengenai inspeksi untuk infrastruktur tertentu. Misalnya saja infrastruktur pipa pembangkit listrik. Di sini masih dibagi lagi menjadi dua simulasi yakni mempelajari tentang tiang dan konstruksi, dan untuk praktik menginspeksi infrastruktur tersebut.
  • Search and Rescue: skenario ini menggambarkan mengenai proses dan metode dalam misi pencarian dan penyelamatan dengan menggunakan drone. Sebagai contoh, skenario menemukan seseorang pendaki yang sedang tersesat di dalam hutan.

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2023

Drone yang Kompatibel

sc: DJI Flight Simulator

Ada beberapa drone yang kompatibel dengan DJI Flight Simulator ini, termasuk penggunaan untuk controllernya. Sebagaimana dilansir dari laman DJI, berikut drone yang kompatibel dengan berbagai versi simulator yang ditawarkan antara lain:

Versi Free Trial

Seri Drone
Mavic Series Mavic 2 Pro
Mavic 2 Zoom
Mavic Air
Mavic Pro
Spark Series Spark
Phantom Series Phantom 4 Pro
Inspire Series Inspire 1 Pro

Energy Version

Seri Drone
Mavic Series Mavic 2 Pro
Mavic 2 Zoom
Mavic 2 Enterprise
Mavic Air
Mavic Pro
Spark Series Spark
Phantom Series Phantom 4 Pro
Inspire Series Inspire 1 Pro
Inspire 2
Matrice 200 Series Matrice 210 RTK

Enterprise Version

Seri Drone
Mavic Series Mavic 2 Pro
Mavic 2 Zoom
Mavic 2 Enterprise
Mavic Air
Mavic Pro
Spark Series Spark
Phantom Series Phantom 4 Pro
Inspire Series Inspire 1 Pro
Inspire 2
Matrice 200 Series Matrice 210 RTK

Remote Control yang Mendukung

Seri Drone
Mavic Series Mavic Air
DJI Smart Controller
Spark Series Phantom 4
Phantom 4 Advanced
Phantom 4 Pro
Phantom 4 Pro V2.0
Phantom Series Matrice 100
Matrice 600
Matrice 600 Pro
Inspire Series Inspire 1 Series
Lightbridge Lightbridge 2

Baca juga: Aplikasi Dronelink Kini Tersedia untuk Pemetaan Drone DJI

Penutup

sc: DJI Store

Simulator dari DJI memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Terutama bagi Anda yang ingin mengasah skill sebagai pilot drone dengan berbagai modul yang ditawarkan sebelum menerbangkan drone secara langsung di tempat terbuka. Ketika skill meningkat, bukan tidak mungkin keahlian dan kemahiran Anda dibutuhkan untuk berbagai proyek.

Pastikan Anda menggunakan simulator original yang bisa didapatkan di website resmi DJI. Selain itu, lengkapi drone DJI yang kompatibel dengan simulator beserta aksesorisnya yang dapat Anda beli di Doran Gadget. Sebagai official store  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI Bali, DJI Manado, dan DJI Banjarmasin, kami menjual produk asli dengan garansi pabrikan.

Informasi lebih lanjut mengenai produk dan pembelian, hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Informasi mengenai promo produk DJI bisa follow akun Instagram Doran Gadget dan DJI Enterprise Indonesia.

Artikel terkait: