apa itu google camera

Doran Gadget – Pernahkah Anda mendengar tentang Google Camera dan kecanggihannya? Mungkin bagi sebagian orang yang tidak mengerti apa itu Google Camera akan menganggapnya seperti kamera biasa saja. Namun sebenarnya ada beberapa hal menarik yang disematkan pada Google Camera, 

Apa Itu Google Camera? 

sc: teknolalat.com

Google Camera (GCam) adalah aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur canggih yang menghasilkan foto yang lebih baik dengan bantuan teknologi dan pengolahan AI.

Salah satu fitur utama dari GCam adalah kemampuannya untuk menghasilkan gambar yang tajam, detail, dan kaya warna dengan kualitas yang tinggi. Fitur-fitur ini didukung oleh teknologi dan kecerdasan buatan yang ada di dalamnya.

Aplikasi ini awalnya dibuat pada tahun 2011 oleh Google. Pada awalnya, hampir semua ponsel Android bisa pakai GCam, tapi sekarang Google lebih fokus buat ponsel mereka sendiri, yaitu Google Pixel. Meskipun GCam resmi hanya tersedia untuk ponsel Google Pixel, pengguna ponsel Android lainnya dapat menggunakan versi modifikasi.

Baca juga: Apa Itu Google Bard: Pengertian, Kelebihan, Fitur, hingga Cara Pakainya!

Fitur Gcam

sc: pinhome.id

Fitur utama yang membedakan Google Camera dari aplikasi kamera lainnya adalah HDR+, Motion, Mode Malam, Panorama, dan Photosphere.

1. HDR+

HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range. Gampangnya, fitur ini mampu meningkatkan kontras dan warna. Jika diibaratkan sebagai sebuah adegan, dapat diartikan sebagai pengurangan detail yang hilang saat memotret dua lingkungan dengan lebih banyak dan lebih sedikit cahaya dalam satu frame. 

Ketika fitur HDR aktif, ponsel biasanya mengambil 3 foto dan mengolahnya bersama untuk menyesuaikan rentang dinamis, warna, dan kontras. Di Google Camera, hal ini dicapai dengan mengambil 5-15 foto, bukan 3 foto. Dengan demikian, warna yang lebih akurat dan kontras yang lebih akurat dapat diperoleh. Intinya adalah meskipun jumlah foto yang diambil meningkat, kecepatan pengambilan dan pemrosesan foto tidak terlalu melambat.

2. HDR+ Enhanced

Merupakan versi lanjutan dari HDR+. Ini mirip dengan HDR+ tetapi mengambil foto yang lebih gelap, lebih terang, dan lebih banyak daripada HDR+ dan menggabungkannya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto yang lebih detail dan kaya warna dalam kondisi pencahayaan yang sulit.

HDR+ Enhanced mengambil beberapa foto dengan eksposur yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu foto yang sempurna. Ini menghasilkan foto yang lebih cerah dan jernih dengan detail yang lebih baik. Jadi salah satu fitur yang bagus untuk digunakan saat memotret pemandangan dengan banyak variasi pencahayaan, seperti matahari terbit atau terbenam, atau saat memotret di dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang.

3. Motion

Fitur ini bisa dibandingkan dengan Live Photos di iPhone atau mode Zoe di HTC. Saat Motion aktif, video singkat diambil bersama foto dan disisipkan dalam foto tersebut.

4. Panorama

Opsi pemotretan panorama juga tersedia di Google Camera. Ada 4 pilihan pemotretan dalam mode Panorama. Ini meliputi pilihan horizontal, vertical, wide angle, dan fisheye. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Google One: Fitur, Harga, dan Cara Berlangganan

sc: softmany.com

5. Photo Sphere

Google Camera (GCam) memiliki fitur yang disebut ‘Photo Sphere’ yang memungkinkan pengguna GCam untuk mengambil foto panorama 360 derajat.Foto 360° memberikan kesan seolah-olah kita berada di tempat di mana foto itu diambil.

Kita dapat menggeser pandangan ke segala arah, seperti menggerakkan pandangan ke kiri, kanan, atas, dan bawah, seakan-akan kita berdiri di lokasi itu sendiri. Dengan fitur ini, hasil foto panorama 360° bisa diintegrasikan ke dalam halaman web dengan kode HTML spesial atau diunggah ke berbagai layanan Google, seperti Google Maps.

6. Night Mode 

Mode Malam adalah mode HDR + Enhanced yang jauh lebih canggih. Ketika pengguna menekan tombol untuk mengambil foto, mode ini akan mengambil hingga 15 foto dengan kecepatan 1/15 detik atau 6 foto dengan kecepatan 1 detik, dan kemudian menggabungkannya untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan lebih jelas dalam cahaya rendah.

Mode ini menggunakan teknologi AWB (Auto White Balance) dari Google untuk mengoreksi warna foto. Night Sight umumnya disukai oleh pengguna karena dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dalam kondisi cahaya rendah.

7. Super Res Zoom

Google berhasil menghadirkan fitur zoom digital yang berkualitas tinggi di ponsel melalui Super Res Zoom. Fitur ini menggunakan teknik fotografi burst untuk mengambil banyak foto dengan zoom berbeda dan menggabungkannya untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih detail.

8. Mode Potret

Mode potret Google Camera tidak memerlukan perangkat keras kamera sekunder seperti perangkat dan aplikasi kamera lainnya. Berkat teknologi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesinnya, objek yang difokuskan dan latar belakang dipisahkan satu sama lain dan efek bokeh diterapkan ke latar belakang.Mode potret adalah fitur yang memungkinkan Anda mengambil foto dengan latar belakang buram.

Biasanya, mode potret membutuhkan dua kamera, satu untuk fokus pada objek dan satu lagi untuk memotret latar belakang. Namun, Google Camera menggunakan teknologi AI dan machine learning untuk memisahkan objek yang difokuskan dari latar belakang dan menerapkan efek bokeh. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto potret yang berkualitas tinggi bahkan dengan satu kamera saja.

Baca juga: Mengenal Google Colab dan Tutorial Mudah Menggunakannya!

Cara Menginstal Google Camera

sc: gizmochina.com

Aplikasi GCam hanya tersedia secara resmi untuk ponsel Google Pixel. Namun ada aplikasi modifikasi yang memungkinkan GCam berjalan di ponsel lain selain Pixel Phone. Untuk menggunakan aplikasi GCam di ponsel lain, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Anda memiliki fitur Cam2API. Fitur ini tersedia di ponsel Android versi 10 atau lebih baru.

Anda juga perlu mengunduh aplikasi Camera2 API Probe di Google Play Store untuk memeriksa apakah ponsel Anda memiliki fitur Cam2API.Aplikasi GCam tidak tersedia di Play Store. Anda perlu mengunduh APK-nya dari situs pihak ketiga. Pastikan memilih APK yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang aplikasi GCam di ponsel lain:

  • Pastikan ponsel Anda memiliki fitur Cam2API.
  • Unduh aplikasi Camera2 API Probe di Google Play Store.
  • Periksa apakah ponsel Anda memiliki fitur Cam2API.
  • Unduh APK aplikasi GCam dari situs pihak ketiga.
  • Izinkan pemasangan aplikasi dari sumber luar di ponsel Anda.
  • Instal APK aplikasi GCam.
  • Restart ponsel Anda.

Baca juga: ChatGPT vs Bard Google, Mana yang Lebih Baik? 

Penutup 

Itulah penjelasan seputar apa itu Google Camera dan fitur apa saja yang tesemat di dalamnya. Gunakan berbagai aksesoris smartphone terbaik untuk memudahkan Anda dalam mengambil gambar yang keren bersama GCam. Mulai dari holderpowerbank, pelindung layar, perangkat audio, hingga mikrofon untuk live hanya di Doran Gadget.

Kami menjual produk dari brand ternama dan semua barang yang dijual merupakan original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula promo menarik di setiap pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Artikel terkait:

×