Logitech G413 SE

Doran GadgetBrand perangkat komputer ternama dunia Logitech kembali meluncurkan keyboard gaming mekanikal terbarunya yakni Logitech G413. Pada seri ini terdapat dua tipe  yang berbeda yakni SE dengan ukuran full-size dan TKL yang menawarkan ukuran lebih ringkas. Inilah ulasan kedua tipe tersebut yang dirangkum tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Spesifikasi Logitech G413 SE dan TKL

Logitech G413 SE (2)

Spesifikasi umum dari kedua keyboard gaming mekanikal ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya ada beberapa perbedaan di segi dimensinya saja. Sebagaimana disebutkan di website resmi Logitech G, berikut spesifikasi keduanya untuk seri SE maupun TKL yang perlu Anda ketahui.

 Spesifikasi  Logitech G413 SE  Logitech G413 TKL
 Panjang Keyboard  17.12 inci (435mm)  13.98 inci (355mm)
 Lebar  5.00 inci (127mm)  5.00 inci (127mm)
 Tinggi  1.43 inci (36.3mm)  1.43 inci (36.3mm)
 Berat  780 gram  650 gram
 Panjang Kabel  1.8 meter  1.8 meter
 Spesifikasi Primer  PBT keycaps, Aluminium Top Case, White Backlighting  PBT keycaps, Aluminum Top Case, White Backlighting
 Actuation Distance  0.07 inci (1.9mm)  0.07 inci (1.9mm)
 Actuation Force  50 gram  50 gram
 Total Travel Distance  4mm.0mm  4mm.0mm
 Tipe Koneksi  USB 2.0  USB 2.0
 Protokol USB  USB 2.0  USB 2.0
 Kompatibilitas Platform  Windows 10 atau generasi selanjutnya
macOS X 10.14 atau generasi selanjutnya
 Windows 10 atau generasi selanjutnya
macOS X 10.14 atau generasi selanjutnya
 Backlight  Pencahayaan LED warna putih  Pencahayaan LED warna putih

Baca juga: Tips Merawat Keyboard Gaming Agar Awet

Fitur Logitech G413 SE dan TKL

Logitech G413 SE (3)

Jika melihat dari spesifikasi umum keyboard gaming Logitech G413 SE maupun TKL, perbedaan hanya terletak pada berat dan panjang keyboard saja. Bahan casingnya terbuat dari bahan berupa aluminium-magnesium dengan warna hitam yang elegan. Kemudian, untuk keycaps bahan yang digunakan adalah plastik dengan jenis Polybutyelene Terephthalate (PBT).

Pihak Logitech pun mengklaim jika bahan yang digunakan pada kedua keyboard gaming tersebut memiliki ketahanan tangguh. Bahkan, tidak aus maupun menguning walaupun terpapar cahaya dan panas dalam waktu lama. Pada bagian tombol terdapat fitur tacticle mechanical switches. Dimana fitur ini akan membuat tombol nyaman dan memantul saat ditekan.

Kedua keyboard ini juga dibekali fitur anti-ghosting, beberapa tombol pun bisa ditekan bersamaan tanpa halangan. Lalu, ada 12 tombol FN untuk melakukan perintah pengaturan dengan mudah, mulai kontrol volume dan mute, play/pause, dan sebagainya. Sementara di sektor software, baik seri SE maupun TKL sama-sama kompatibel digunakan pada komputer sistem operasi Windows 10 mupun macOS X10.14.

Baca juga: 5 Fitur Keyboard Gaming Terbaik yang Harus Diperhatikan

Harga yang Dipasarkan di Indonesia

Logitech G413 SE (1)

Bagi para gamers, khususnya untuk gaming PC bisa mendapatkan keyboard gaming ini di Indonesia mulai bulan Februari 2022. Harga keduanya Logitech G413 tersebut berbeda berdasarkan tipenya. Melansir dari laman Kompas Tekno dan Jagat Review untuk seri SE dibanderol seharga Rp999.000, sementara seri TKL harga yang ditawarkan di pasaran Indonesia adalah Rp879.000. Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari masing-masing distributor resmi.

Anda bisa mendapatkannya di marketplace dan distributor resmi Logitech seperti Doran Gadget. Semua barang yang dijual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan dan pembelian, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Telegram Doran Gadget dari smartphone Anda.

Artikel terkait:

>