iPad Pro 2021 – Tanggal Rilis, Harga, Spesifikasi

iPad Pro

Doran GadgetiPad Pro 2021 secara resmi akan diluncurkan. Apple mengumumkan kabar baik ini pada event peluncuran produk terbesar mereka tahun ini tanggal 20 April lalu. Produk baru lainnya yang akan dilempar ke pasaran bersamaan dengan iPad Pro adalah AirTags dan iPhone 12 warna ungu.

Yang menjadi pertanyaan para pecinta gadget tentu adalah perbedaan iPad terbaru ini dari generasi sebelumnya dan tentu saja berapa harga iPad Pro 2021 ini? Disebut-sebut sebagai tablet kelas high-end, Anda bisa mengharapkan banyak spesifikasi canggih, fitur-fitur baru, dan tentu saja harga yang tidak murah.

Tanggal Rilis dan Harga iPad Pro 2021

Apple belum memberikan informasi resmi tentang tanggal rilis iPad Pro, namun salah satu tablet terbaik di dunia ini bisa mulai dipesan tanggal 30 April mendatang dan diperkirakan akan sampai di distributor resmi Apple secara global pada bulan Mei.

Untuk harganya sendiri cukup fantastis. Harga iPad Pro 2021 diperkirakan mulai Rp 12 jutaan. Harga tersebut tentu saja bisa bertambah berkali-kali lipat tergantung dari kapasitas memorinya. Menurut bocoran, Apple akan membatasi pre-order untuk iPad terbaru ini. Jadi, jika Anda berminat, bersiaplah untuk berebut dengan semua pelanggan Apple di seluruh dunia.

5 Fitur Unggulan iPad Pro 2021

Sebagai produk yang sangat dinanti-nantikan, iPad Pro hadir dengan sederet fitur unggulan mengagumkan. Berikut ini beberapa fitur baru yang layak Anda nantikan.

1. Prosesor M1 yang super cepat

iPad Pro akan menggunakan chip M1 yang ada di Mac seri terbaru. M1 punya performa yang sangat untuk dengan 4 core pendukung, 8 core GPU, dan bus width memori 128-bit.  Performanya bisa jadi tidak kalah dengan Mac.

Selain CPU dan grafis yang jauh lebih cepat, akses memorinya juga dua kali lebih cepat dibandingkan dengan iPad seri sebelumnya. Kapasitas memori terbesar yang ditawarkan oleh iPad terbaru adalah 2TB dengan 16GB RAM

2. Liquid Retina XDR Display

iPad Pro

iPad Pro 12.9 inch dibekali dengan resolusi 264 pixel per inch, True Tone, dan dukungan ProMotion 120Hz, serta mini-LED backlight yang memberikan tampilan kontras lebih baik. Ini disebut dengan Liquid Retina XDR yang mendukung banyak format HDR berbeda.

Bersiaplah untuk merasakan pengalaman visual menakjubkan dengan gambar yang selalu tajam dan jelas meski di bawah pencahayaan yang kurang maksimal.

3. Dukungan Thunderbolt dan USB4

Sejak adalah perubahan besar-besaran pada desainnya di tahun 2018 lalu, Apple mengganti port lightning charger-nya dengan konektor USB type C. Ini memberikan kemudahan pada perangkat ini untuk dihubungkan dengan penyimpanan eksternal, kamera, dan aksesoris lainnya.

Model terbaru tahun 2021 ini ditambah dengan dukungan Thunderbolt 3 dan USB4 yang kompatibel dengan semua perangkat USB-C dan aksesoris Thunderbolt serta layar beresolusi tinggi.

4. Kamera depan 12MP Ultra Wide

Sebagai salah satu tablet terbaik, iPad Pro juga sangat unggul dari segi kamera. Kamera belakangnya masih sama dengan seri sebelumnya, yaitu 12MP Wide Camera dan 10MP Ultra Wide Camera ditambah sensor LIDAR.

Namun yang membuat seri ini berbeda adalah upgrade pada kamera depan beresolusi 12MP Ultra Wide dengan 122-degree field of view. Dengan kamera yang mumpuni, iPad ini layak masuk ke dalam rekomendasi tablet terbaik saat dirilis nanti.

5. Dukungan 5G

iPad terbaru ini akan menjadi generasi kelima sekaligus iPad pertama yang mendukung jaringan 5G untuk model non-WiFi Only. Produk yang diluncurkan di Amerika Serikat juga dilengkapi dengan dukungan mmWave, sementara untuk produk yang dijual di negara lain hanya dibekali dengan dukungan sub-6GHz saja.

Spesifikasi iPad Pro 2021

Layarmini-LED backlit, 1000+ nits, HDR, ProMotion, True Tone, Wide Color, 264pp
ProsesorApple M1
Kapasitas penyimpanan128GB, 256GB, 512GB, 1TB, 2TB
BateraiHingga 10 jam untuk akses internet melalui WiFi dan menonton video
Kamera belakang12MP f/1.8 Wide and 10MP f/2.4 Ultra Wide cameras, Smart HDR 3
Kamera depanTrueDepth, Ultra Wide 12MP f/2.4, Smart HDR 3, Center Stage
Dukungan koneksiUSB-C, USB4 and Thunderbolt support
WiFiWi-Fi 6, simultaneous dual-band hingga 1.2Gbps
Opsi Jaringan5G, 4G LTE hingga 32 bands

Apakah iPad Pro Layak Dibeli?

iPad Pro 2021 memang dibekali dengan begitu banyak keunggulan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Mulai dari dapur pacu, kamera, hingga dukungan jaringan memang dibuat untuk memuaskan para pengguna iPad yang suka dengan fitur-fitur canggih. 

Namun, harga iPad Pro ini memang tidak bisa dibilang murah. Jika Anda adalah orang yang menikmati berbagai kecanggihan teknologi untuk mendukung aktivitas, ini bisa jadi gadget yang tepat untuk Anda. Tentu saja juga jika Anda punya dana berlebih untuk membelinya.

Jangan ketinggalan informasi terbaru tentang iPad dan promo gadget lainnya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!