HMD Global Garap Nokia 5G Terjangkau untuk 2020

HMD Global Garap Nokia 5G Terjangkau untuk 2020

HMD Global, perusahaan Finlandia yang membuat ponsel bermerek Nokia, mengatakan pihaknya membuat smartphone 5G “bernilai” dengan nilai peluncuran yang ditetapkan untuk tahun 2020. Fakta bahwa produsen ponsel pintar membuat ponsel 5G tidak mengejutkan – hampir semua orang – tetapi ponsel Nokia 5G akan membedakan dirinya menjadi produk terjangkau.

Berapa tepatnya? Juho Sarvikas, Chief Product Officer untuk HMD, mengatakan kepada Digital Trends biayanya kira-kira setengah dari yang ada saat ini. Ponsel 5G yang tersedia saat ini di AS berasal dari Samsung dan LG: Galaxy Note 10 Plus 5G mulai dari $ 1.300, sedangkan LG V50 ThinQ 5G berada di kisaran $ 1.000. Membagi dua harga tersebut membuat ponsel 5G Nokia yang akan datang berada dalam kisaran harga $ 500 hingga $ 650.

“Kami melihat peluang khusus bagi kami dalam membawa 5G ke segmen yang lebih terjangkau saat kami memasuki pasar,” kata Sarvikas kepada Digital Trends melalui telepon. “Saya akan mengatakan terjangkau sehubungan dengan apa yang tersedia hari ini. Saya akan senang melihat kami dengan setengah dari harga di mana Anda memiliki 5G hari ini. “

Ponsel 5G paling terjangkau yang dapat Anda beli di AS adalah Moto Z3 atau Moto Z4, dipasangkan dengan Mod Moto 5G. Ini bukan ponsel 5G yang sebenarnya karena Anda hanya dapat mengakses 5G ketika Anda memasang mod ke bagian belakang ponsel, yang membuat seluruh paket tidak praktis. Moto Z3 eksklusif Verizon dipasangkan dengan Mod Moto 5G akan dikenakan biaya sekitar $ 800 dengan harga eceran penuh, tetapi melalui promosi, Anda bisa mendapatkannya sekitar $ 500. Lalu ada OnePlus 7 Pro 5G, yang tidak dapat dibeli tanpa paket data 5G, tetapi harganya turun di kisaran 800 hingga 900 euro. Ini belum tersedia di AS dulu, tetapi mungkin akan segera hadir berkat kolaborasi dengan Sprint.

Ponsel Nokia 5G yang harganya sekitar $650 atau sekitar Rp 9 juta akan menjadi game-changer ketika datang untuk meningkatkan adopsi 5G, tetapi HMD akan menghadapi persaingan yang ketat. MediaTek dan Huawei bekerja sama untuk membuat smartphone 5G berbiaya rendah (meskipun mungkin tidak akan datang ke AS), dan orang-orang seperti Motorola dan OnePlus semuanya akan berusaha keras untuk memberikan alternatif yang lebih murah pada tahun 2020.

Sarvikas mengatakan HMD “bekerja sama” dengan vendor silikon – kemungkinan Qualcomm karena sebagian besar smartphone menggunakan chipset Qualcomm – serta dengan Nokia, yang telah mengerahkan dan mengoperasikan layanan 5G untuk pelanggan perusahaan. HMD mengatakan itu juga sedang berbicara dengan operator A.S., yang penting untuk membawa ponsel 5G ke A.S karena belum ada perangkat 5G yang tidak terkunci yang tersedia. Ponsel 5G saat ini tidak dapat beroperasi seperti perangkat 4G, artinya jika Anda membeli Galaxy Note 10 Plus 5G dari Verizon dan kemudian beralih ke Sprint, Anda harus membeli versi Galaxy Note 10 Plus 5G versi Sprint. Tidak jelas kapan kekurangan interoperabilitas ini akan diperbaiki, tetapi masalahnya kemungkinan tidak akan hilang pada tahun 2020. Harapkan varian operator yang terkunci dari ponsel Nokia 5G.

Apa sebenarnya yang akan diaktifkan oleh 5G? Jaringan generasi berikutnya – yang mengikuti 4G LTE – memberikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan yang lebih cepat, memungkinkan Anda untuk menonton dan melakukan streaming video dan musik berkualitas tinggi saat bepergian, dan mengunduh konten dalam hitungan detik daripada menit. Namun, itu hanya satu sisi 5G; ini memiliki potensi untuk mengubah lanskap teknologi secara drastis karena lebih banyak perangkat akan berkomunikasi satu sama lain, memungkinkan tidak hanya produk yang lebih pintar, tetapi juga kota yang lebih pintar. Anda dapat membaca primer kami pada 5G untuk mempelajari lebih lanjut. Meskipun semua operator utama A.S. telah menggunakan jaringan 5G di seluruh A.S, itu hanya tersedia di sebagian kecil kota-kota tertentu. Cakupan nasional – seperti yang Anda nikmati dengan 4G LTE – tidak diharapkan hingga 2025.

Sejak Januari, HMD telah melakukan upaya bersama untuk memperluas kehadirannya di A.S. di luar ponsel yang tidak terkunci yang dijual melalui pengecer seperti Amazon dan Best Buy. Sekarang memiliki lima smartphone yang tersedia dari toko operator, termasuk Verizon, AT&T, dan Cricket Mobile. Ini merupakan langkah penting, karena pertumbuhan di AS memerlukan kemitraan utama dengan operator A.S. – langkah yang telah diikuti OnePlus dengan sukses.

HMD biasanya membuat beberapa pengumuman smartphone besar di Mobile World Congress, jadi ada kemungkinan besar kita akan melihat berita di sekitar ponsel Nokia 5G Februari mendatang.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp