Bosen Lari di Jalan? 3 Fase Latihan Kekuatan Untuk Lari Lintas Alam

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Garmin Indonesia Kemajuan teknologi serta pengetahuan pentingnya gaya hidup sehat sekarang ini turut melahirkan berbagai konsep olahraga baru untuk meningkatkan kekuatan. Teruntuk atlet olahraga yang membutuhkan daya tahan tubuh tinggi, mengkonsumsi protein sangat penting untuk membentuk serat otot. Latihan kekuatan tubuh yang tepat sanggup menjaga daya tahan otot, mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatkan performa tubuh.

Latihan kekuatan atau Strength Training akan berfokus ke fungsionalitas. Lari lintas alam memiliki efek yang signifikan pada otot, tulang dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mencoba lari lintas alam, Anda membutuhkan latihan yang sanggup membantu menstabilkan tubuh, keseimbangan juga gerakan.

Oleh karena itu, perencanaan latihan untuk latihan kekuatan tubuh untuk lari lintas alam berbeda dengan latihan lari marathon. Dalam artikel ini akan membahas panduan latihan kekuatan sebelum Anda benar-benar mencoba lari lintas alam.

Fase Adaptasi Anatomis

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Fase Adaptasi Anatomis merupakan fase pertama yang harus dilalui untuk Anda yang belum memiliki pengalaman latihan kekuatan atau untuk Anda yang sudah lama tidak pernah berlatih lagi dan kehilangan stamina tubuh. Latihan ini dimulai dengan:

  • Latihan beban ringan
  • Latihan kestabilan

Hal ini dapat membuat tubuh beradaptasi, meningkatkan massa otot juga mengaktifkan otot dalam dan otot kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk berlatih dalam fase ini sekitar 4-6 minggu. Jika Anda sudah sering latihan beban secara teratur, Anda bisa mencoba latihan keseimbangan seperti:

  • Berdiri dengan satu kaki
  • Squat dengan satu kaki
  • Yoga Bridge
  • Resistance band Leg Curl

Fase Latihan Kekuatan Dengan Angkat Beban

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Latihan angkat beban akan membuat peningkatan beban dan peningkatan tekanan tubuh secara langsung. Pertama Anda harus mengukur kemampuan maksimal tubuh untuk beberapa gerakan. Tanpa data tersebut, Anda tidak bisa merencanakan latihan dan jumlah beban untuk dilakukan. Dalam latihan kekuatan untuk lari lintas alam atau lari jarak jauh adalah untuk meningkatkan kemampuan saraf dalam membentuk serat otot.

Dalam tahap ini, latihan yang disarankan meliputi:

  • Squat satu kaki dengan Kettlebell
  • RDL atau Romanian Deadlifts satu kaki
  • Deadlift
  • Bench Press
  • Farmer’s Walk
  • Lunge dengan barbel

Fase Ketahanan Daya

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Latihan ketahanan merupakan sebuah tipe latihan yang komprehensif tinggi dan koordinasi serta kontrol otot dan saraf. Dengan latihan ketahanan daya atau R-Intensity, lari sprint 60 meter. Dengan tujuan meningkatkan keefisienan lari. Dengan meningkatkan beban latihan, otot akan terbentuk sesuai latihan lari lintas alam. Sedangkan saraf motorik dilatih untuk membentuk banyak serat otot agar gerakan saat berada di pegunungan jadi lebih baik.

Dalam tahap ini, latihan yang disarankan adalah:

  • Enhanced Training
  • Sled Training

Baca: Monitor Heart Rate saat Olahraga itu Penting? Panduan Monitor Detak Jantung dengan Jam Garmin

Prinsip Latihan Fleksibel

Setiap latihan dan jadwal latihan yang Anda buat tergantung dengan target yang ingin Anda capai juga kondisi tubuh. Anda bisa melakukan latihan-latihan yang sudah disebutkan diatas secara bergantian dengan siklus yang berbeda-beda. Karena perbedaan terletak pada variasi beban, pengulangan latihan dan kecepatan latihan.

Setiap latihan yang Anda lakukan untuk mempersiapkan diri lari lintas alam atau untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Akan memacu tubuh serta jantung bekerja lebih ekstra dari biasanya. Berlatih dengan memaksakan diri akan membuat tubuh sakit dan detak jantung yang melebihi batas bisa berakibat fatal.

Penting untuk memperhatikan detak jantung. Terlebih saat latihan yang memaksa jantung berdetak kencang terus menerus agar tidak melewati batas aman detak jantung. Untuk itu Anda bisa memakai smartwatch dengan fitur heart rate monitor seperti Smartwatch Garmin yang memiliki tingkat keakuratan tinggi.

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Baca: 3 Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Jam Tangan Dengan Fitur Monitor Detak Jantung Saat Olahraga

Penutup

Berolahraga tentu menjadi momen yang menyenangkan dan bisa melepaskan stres pekerjaan atau karena hal lain. Namun jika Anda mulai merasa tidak nyaman dan detak jantung melebihi batas wajar. Sebaiknya beristirahat sebentar untuk menurunkan detak jantung. Pada momen seperti inilah Anda akan merasakan pentingnya memakai Jam Garmin untuk memantau detak jantung. Untuk memiliki Garmin Watch impian Anda dengan penawaran spesial, bisa menghubungi Garmin Surbaya dan nikmati berbagai bonusnya.

× Whatsapp