Drone untuk pengukuran tanah - fi

Doran GadgetMengukur luas tanah memerlukan tingkat akurasi tinggi. Apalagi jika areanya cukup luas dan memiliki sejumlah permasalahan yang kompleks. Sebab, pengukuran yang tidak akurat bisa saja memunculkan sengketa lahan. Oleh karena itu, kini Anda dapat menggunakan drone untuk pengukuran tanah lebih baik dan efisien. Apa saja manfaat dan rekomendasi peralatannya? Simak ulasannya!

Manfaat Drone untuk Pengukuran Tanah

Spesifikasi DJI Zenmuse L2 (2)
sc: DJI Enterprise

Menggunakan drone untuk pengukuran tanah memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan. Baik oleh individu pemilik lahan, perusahaan, maupun instansi terkait. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengumpulan data yang lebih efisien. Khususnya cakupan area yang luas dalam waktu yang singkat. Sehingga dapat meminimalisir waktu, biaya, dan tenaga dibandingkan dengan cara konvensional.
  • Drone dilengkapi dengan teknologi GPS dan sensor lainnya yang dapat memberikan data dengan akurasi tinggi. Hal ini membantu dalam memperoleh pengukuran tanah yang lebih tepat dan akurat. Termasuk topografi hingga struktur tanah.
  • Drone dapat digunakan dalam penelitian dan perencanaan lingkungan untuk memahami dampak perubahan tanah dan mengidentifikasi solusi yang tepat.
  • Beberapa drone juga dilengkapi dengan kamera multispektral yang dapat membantu dalam analisis vegetasi. Ini membantu petani atau peneliti dalam mengidentifikasi kesehatan tanaman, distribusi vegetasi, dan kebutuhan air.
  • Informasi yang diperoleh dari drone dapat digunakan untuk perencanaan penggunaan tanah yang lebih baik, seperti identifikasi area yang cocok untuk pertanian, pemukiman, atau konservasi.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Manfaat Drone untuk Pertambangan!

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (3)
sc: Videomaker

Memilih drone yang digunakan dalam pengukuran tanah, ada berbagai pertimbangan tersendiri. Pasalnya, drone ini cukup berbeda dengan drone konvenisonal untuk fotografi maupun videografi. Pertimbangan itu antara lain adalah:

  • Pastikan drone memiliki resolusi kamera yang tinggi. Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang jelas dan lebih detail dalam pencitraan gambar yang diinginkan. Selain kamera, gimbal di drone juga harus stabil.
  • Drone harus memiliki sensor mapping. Misalnya GPS dan pendukung lainnya untuk memberikan posisi maupun orientasi yang kuat sekaligus akurat.
  • Memiliki transmisi jangkauan terbang yang jauh untuk mencakup area yang luas. Begitu juga dengan ketahanan daya baterai yang lebih lama.
  • Drone sebaiknya memiliki desain yang kokoh dan ringkas. Begitu juga dengan fitur unggulannya. Sebagai contoh ada fitur RTH yang membuat drone dapat kembali ke tempat semula secara otomatis saat tidak ada sinyal.
  • Biaya perawatan drone yang bisa disesuaikan. Sehingga, drone dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Termasuk garasni dan layanan after sales dari distributor resmi.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Rekomendasi Drone dan Perangkat untuk Mengukur Tanah

Berikut daftar dan rekomendasi drone untuk mengukur tanah dengan berbagai fitur unggulan dari DJI. Termasuk perangkat tambahannya yang dapat dipasangkan pada drone sebagaimana dilansir dari laman Halo Robotics.

1. DJI Mavic 3 Enterprise

DJI Mavic 3 Enterprise dikhususkan untuk pemetaan visual areal dengan hasil terbaik. Dari segi kamera, drone ini dilengkapi dengan sensor 4/3 CMOS 20MP Hasselblad dan kamera tele 1/2-inch CMOS 12MP. Namun, fungsinya lebih menekankan pada kebutuhan untuk proyek pemetaan wilayah. Jadi, bukan untuk kebutuhan film dan sinematografi.

Adanya mechanical shutter pada DJI Mavic 3 Enterprise membuat pengambilan gambar lebih jelas tanpa menimbulkan jelly effect saat kecepatan tinggi. Shutter speed-nya juga lebih baik dengan 0.7 detik saja. Berkat adanya fitur GSD orthophoto, membuat proses pemetaan lebih efisien sebab drone ini mampu menjangkau hingga 2.25 meter persegi dalam sekali penerbangan.

Tak hanya itu saja, DJI Mavic 3 Enterprise bisa juga untuk ditambahkan perangkat pemetaan khusus. Termasuk juga kompatibel dengan fitur dan aplikasi DJI Pilot 2 dan DJI Terra. Untuk keamanan dan kenyamanan penerbangan, ada pula sensor tabrak omnidirectional dan Advanced Return to Home (RTH) hingga APAS 5.0.

2. DJI Zenmuse P1

Penggunaan kamera pendukung DJI Zenmuse P1 yang dipasangkan pada drone untuk pengukuran tanah DJI M350 RTK. Keduanya adalah solusi yang tepat untuk pengukuran tanah pada area yang cukup sulit dijangkau dan memiliki ukuran yang luas. Adapun resolusi kameranya sebesar 45MP yang menjadikan hasilnya lebih baik dan jelas.

Selain itu, ada juga fitur mechanical shutter sehingga gambar lebih nampak jelas tanpa hasil yang buram. DJI Zenmuse P1 juga menggunakan TimeSync 2.0, fitur metadata yang secara otomatis menyelaraskan kamera, flight controller, module RTK dan juga GPS Geodetik, untuk meningkatkan akurasi dari data foto udara yang dihasilkan.

3. DJI Zenmuse L2

Kamera khusus pemetaan lainnya untuk mendukung pengukuran tanah adalah DJI Zenmuse L2. Sama seperti generasi Zenmuse P1, kamera ini juga dapat dipasangkan pada drone DJI M350 RTK. DJI Zenmuse L2 dapat digabungkan dengan gimbal tiga sumbu atau three-axis stabilized gimbal. Selain itu, juga menggabungkan antara modul LiDAR dengan kamera pemetaan dan sistem IMU tingkat akurasi tinggi.

Keunggulan lainnya adalah memiliki rentang pengkuran yang ditingkatkan. Sehingga hasilnya lebih baik dan mampu dibawa terbang dengan drone hingga ketinggian 150 meter. Kemudian, mampu menjangkau area dengan luas hingga 2.5 km persegi untuk satu kali misi penerbangan.

Dari segi teknologi sensor LiDAR yang dimilikinya, DJI Zenmuse L2 cukup canggih. Hal itu dimungkinkan untuk menembus kanopi di vegetasi yang lebat sampai tingkat hingga maximum 5 returns.

4. Software DJI Terra

Drone untuk pengukuran tanah - dji terra

Selain perangkat pendukung, proses pengukuran tanah menggunakan drone juga memerlukan software khusus. Salah satunya adalah DJI Terra yang diklaim 4x lebih baik dalam hal pemrosesan data dan proses gambar hanya dalam 10 menit. Begitu pun dengan data dengan format fotogrametri. Termasuk dengan menggunakan tools Anotation dan Measurement dalam mengukur luas tanah menggunakan pin pada titik-titik tertentu.

DJI Terra dapat diintegrasikan dengan perangkat komputer. Terlebih pemetaan dalam bentuk 2D maupun 3D. Sementara itu, untuk komputer yang mendukung untuk program ini di antaranya adalah:

  • Sistem operasi Windows 7 dan di atasnya yang dapat dikonfigurasikan dengan DJI Terra.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan minimal 32GB RAM dan 4GB grafik RAM. Jika menggunakan grafis NVIDIA setidaknya versi 3.0 atau di atasnya.
  • Direkomendasikan komputer dan sistem memiliki kapasitas 64GB RAM atau lebih dan menggunakan grafis NVIDIA 2070 atau di atasnya untuk penggunaan lebih optimal.
  • Pastikan perangkat komputer dan software sudah menggunakan versi terbaru atau update agar penggunaannya semakin baik.

Baca juga: DJI Terra: Software Pemetaan Drone untuk Proyek Berskala Besar

Dapatkan Drone untuk Pengukuran Tanah Terbaik di Doran

manfaat drone untuk pertambangan
sc: halorobotics.com

Setidaknya itulah beberapa rekomendasi drone untuk pengukuran tanah dan perangkat pendukungnya dari DJI Enterprise. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika keberadaan drone dan perangkatnya tersebut memberikan dampak yang lebih optimal. Termasuk lebih hemat waktu dan biaya, terutama untuk area yang luas.

Kini, Anda bisa mendapatkan perangkat tersebut hanya di Doran Gadget. Sebagai authorized partner DJI Enterprise untuk penjualan di tanah air, kami menyediakan produk unggulan original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut dan konsultasi seputar produk, Anda dapat menghubungi CS kami atau lihat selengkapnya dengan cara klik di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>