Doran GadgetGhost touch adalah sebuah istilah yang sering digunakan para pengguna gadget dengan layar sentuh, baik smartphone maupun tab untuk menggambarkan layar yang bergerak sendiri. Adapun pergerakan ini tanpa ada orang lain yang menyentuh maupun memainkannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi ghost touch yang mengganggu? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi Ghost Touch

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ghost touch tanpa harus membawanya ke service center. Cukup lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Layar HP Harus Selalu Bersih

sc: Lifewire

Cara mudah yang pertama untuk menghindarinya adalah pastikan layar HP Anda selalu dalam kondisi bersih. Terutama bersih dari debu, kotoran, dan cairan yang terkena layar HP secara tidak sengaja. Jika layar terkena air, Anda bisa mengeringkannya sesegera mungkin dengan tisu lembut maupun kain microfiber. Untuk membersihkannya, matikan terlebih dulu smartphone, lanjutkan dengan mengusap bagian layar yang kotor dengan perlahan.

Baca juga: Kenapa HP Cepat Panas? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2. Cek dan Bersihkan Aplikasi Mengganggu

Tahukah Anda jika aplikasi yang terpasang di HP juga di sisi lain mengganggu penggunaan? Terlebih lagi untuk aplikasi yang selalu terbuka atau berjalan pada latar belakang layar. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka ini akan membuatnya cepat ngelag. Jika dibiarkan, maka akan membuat ghost touch lebih sering. Di sini, Anda dapat membersihkan cache secara berkala dan hindari penumpukan agar penggunaannya lebih ringan.

3. Cek Pelindung Layar HP

jenis pelindung layar hp
sc: Android Cure

Cara mengatasi ghost touch selanjutnya yakni dengan mengecek pelindung layar maupun anti-goresnya. Pada dasarnya, fungsi dari tempered glass memang untuk melindungi smartphone dari retakan dan goresan. Namun, saat digunakan dalam waktu yang relatif lama, perlahan ini juga mengurangi sensitivitas touchscreen. Akibatnya, terkadang muncul ghost touch. Apabila masalahnya memang pelindung layar, maka mau tidak mau Anda harus mengganti pelindung ini dengan yang baru.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

4. Kalibrasi Layar HP

Tak hanya dari pelindung layar saja, menurunnya sensitivitas touchscreen bisa disebabkan karena kalibrasi layarnya. Maka dari itu, Anda dapat melakukan kalibrasi secara berkala. Caranya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun dengan kode tertentu dari pabrikan. Jika menggunakan kode, biasanya setiap merek HP terdapat kode yang berbeda-beda dan terdiri dari angka dan simbol. Untuk kode ini, Anda dapat mencari tahu di website brand HP tersebut.

5. Cara Mengatasi Ghost Touch – Ganti Charger

03. adapter charger, charger terbaik
sc: iStock

Charger pun bisa jadi salah satu penyebab ghost touch. Apalagi jika Anda menggunakan charger berkualitas buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Ketika charger ini bermasalah, maka akan berdampak pada fungsi digitizer. Inilah yang membuat sinyal sentuhan dapat terbaca di HP sehingga latar layarnya bisa bergerak dengan sendirinya. Tentu, jika Anda membiarkannya tanpa mengganti charger ini bisa mengganggu penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Mengatasi HP Mati Mendadak, Simak 5 Cara Ini!

6. Cek Software

Selain aplikasi, software bawaan pabrikan bisa menyebabkan sentuhan yang tak diinginkan. Ini terjadi karena software sudah usang dan perlu pembaruan. Software usang tersebut akan menyebabkan bug menumpuk dan layar bisa eror maupun bergerak sendiri. Untuk pembaruan, langkah yang bisa dilakukan adalah:

  • Buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan di HP’.
  • Lanjutkan dengan memilih atau klik ‘Sistem’ dan ‘Pembaruan Sistem’.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih ‘Periksa Pembaruan’ dan pasang pembaruan atau update yang ada.

7. Reset Pabrikan

Jika dengan cara-cara di atas masih tetap membuat ghost touch tidak berkurang, maka jalan terakhir yakni dengan melakukan reset pabrikan. Hal ini membuat smatphone akan kembali ke setelan awal saat membelinya. Namun, perlu diingat untuk melakukan reset pabrikan ini pastikan Anda telah membackup data-data penting di tempat lain dengan baik agar tidak hilang.

Baca juga: Kenapa HP Tiba-Tiba Mati? Ini Penyebabnya!

Penutup

sc: Adobe

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengatasi ghost touch yang mengganggu di HP Anda? Selain menggunakan langkah-langkah di atas, pastikan pula smartphone yang digunakan memiliki kualitas terbaik. Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget sebagai authorized dealer smartphone ternama dunia.

Semua barang yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Raih juga berbagai promo menarik untuk pembelian di store, marketplace, maupun website. Termasuk pembelian aplikasi Doran Gadget, di sini Anda dapat mengumpulkan poinnya sebanyak mungkin untuk ditukarkan dengan aksesoris favorit.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang berlangsung di waktu tertentu. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>