Doran GadgetCara mematikan iPhone memang bisa dibilang sangat mudah. Yakni cukup dengan menggunakan tombol power saja. Namun, apa jadinya jika tombol power tersebut mengalami masalah, error, bahkan rusak?

Tentu, Anda harus memikirkan cara lain agar iPhone yang tidak digunakan dapat dinonaktifkan dengan benar.  Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan? Tak perlu khawatir, Anda bisa simak ulasannya dalam artikel yang dihimpun oleh tim Doran Gadget kali ini sampai tuntas, Sobat Doran!

Cara Mematikan iPhone Tanpa Tombol Power

Tombol power yang rusak atau error di perangkat iPhone Anda, sebenarnya masih bisa disiasati dengan beberapa cara. Mulai dari menggunakan assistive touch hingga fitur lainnya di perangkat. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda coba.

1. Gunakan Assistive Touch

cara mematikan iPhone (2)
sc: Digital Tren

Dalam mematikan iPhone tanpa tombol power, pertama bisa menggunakan Assistive Touch. Menu ini berfungsi sebagai shortcut dan bisa untuk menonaktifkan iPhone di berbagai seri. Jika ingin menggunakan cara ini, adapaun langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain adalah:

  • Aktifkan Asistive Touch, ini bisa Anda temukan di menu pengaturan.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul yang melayang yakni Assistibe Touch di HP dan klik ikon tersebut.
  • Setelah itu, klik device lalu ketuklah dan tahan lock screen selama beberapa saat.
  • Di sini, iPhone otomatis muncul slide to power off.
  • Untuk mematikannya, Anda hanya cukup menggesernya saja.
  • Tunggu sampai beberapa saat dan iPhone mati.

Baca juga: Cara Download Aplikasi di iPhone, Begini Langkahnya!

2. Fitur Voice Control

cara mematikan iPhone
sc: Giga

Cara mematikan iPhone tanpa tombol power selanjutnya bisa dengan menggunakan fitur Voice Control atau Siri. Di sini, Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan penggua di antaranya:

  • Masuk ke menu Settings –> Accessibility –> Voice Control.
  • Lanjutkan dengan klik dan pilih ‘Set Up Voice Control. Setelah itu, masuk dan buka halaman untuk melakukan konfirmasi.
  • Apabila Anda sudah pernah mengaktifkan fitur ini, cek toogle penggeser untuk agar Siri dapat mengaktifkan fitur voice control.
  • Setelah itu, akan muncul ikon mikrofon dengan warna biru di bagian kiri atas. Lalu, ucapkan “Reboot Device” dan perintah tersebut muncul di layar atas.
  • Ketuk “Turn Off” atau “Restart” bila ingin mematikan secara otomatis.

3. Cara Mematikan iPhone – Coba di Pengaturan

cara mematikan iPhone (4)
sc: PC Mag

Tahukah Anda jika di menu pengaturan atau setting juga terdapat menu untuk mematikan iPhone tanpa harus menggunakan tombol power. Caranya juga tidak susah, di sini cukup masuk ke tombol pengaturan. Kemudian, masuk ke menu “General”. Lanjutkanlah dengan memilih “Shut Down” yang ada pada bagian bawah sendiri. Setelah itu, ketuklah “Shut Down”  lalu gunakan Slide to Power.

Baca juga: Cek Fakta: Ini Beda iPhone ‘Ex Inter’ dengan iPhone Resmi

4. Pakai Force Restart

cara mematikan iPhone (3)
sc: 9to5mac

Cara lainnya adalah dengan menggunakan force restart. Langkah ini dilakukan dengan menekan dan melepas tombol volume. Untuk melakukannya, Anda harus secara cepat yakni:

  • Tekan kemudian lepas tombol volume naik cukup cepat
  • Tekanlah lalu lepaskan tombol volume turun secara cepat.
  • Anda pun bisa menekan tombol samping dan menahannya selama 5-10 detik sampai ponsel melakukan restart dengan sendirinya.
  • Tunggu beberapa saat sampai lancar mati dan hidup sendiri. Setelah itu, lepas tombol ketika logo Apple muncul.

5. Menggunakan Face ID

cara mematikan iPhone (1)
sc: ZD Net

Terakhir, cara mematikan iPhone bisa dilakukan dengan menggunakan Face ID. Fitur ini ada di beberapa seri iPhone seperti iPhone X, iPhone XS, dan juga iPhone 11 serta iPhone 12.  Termasuk seri di atasnya.

Cara ini dapat digunakan pada iPhone di atas dengan catatan tombol power masih bisa digunakan. Untuk mematikan ponsel dengan menggunakan cara ini adalah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini, antara lain:

  • Tekanlah tombol power dan tahan beberapa saat. Di saat yang bersamaan tekan tombol volume baik naik/turun.
  • Selanjutnya, tekanlah tombol sampai beberapa saat dan muncul menu menonaktifkan iPhone.
  • Setelah itu, baru geserlah tombol “Slide to Power Off” dan menonaktifkan iPhone.

Baca juga: Cara Mengatasi Layar iPhone Macet dan Penyebabnya

Penutup

iphone 14 yellow
sc: Tech Radar

Bagaimana, cukup mudah bukan Sobat Doran cara mematikan iPhone, bahkan Anda bisa tanpa menggunakan tombol power sekalipun. Kini, saatnya Anda coba sendiri di perangkat iPhone yang dimiliki. Adapun cara di atas berlaku untuk hampir semua jenis iPhone, termasuk keluaran terbaru seperti iPhone 14.

Masih belum punya iPhone? Dapatkan sekarang juga di Doran Gadget. Sebagai salah satu mitra resmi iPhone di Indonesia, kami menjual produk Apple original dengan garansi resmi dari pabrikan. Informasi lebih lanjut dan konsultasi seputar produk iPhone seri terbaru hubungi CS kami di sini.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

×