Spesifikasi iPad Pro 2024

Doran GadgetApple akhirnya merilis iPad generasi terbaru yakni iPad Pro 2024 beberapa waktu lalu. Kehadirannya menarik perhatian karena menggunakan chipset terbaru yang diklaim lebih cepat. Begitu pula dengan keunggulan layarnya. Seperti apa spesifikasi iPad Pro 2024 ini secara keseluruhan? Simak ulasannya!

Spesifikasi iPad Pro 2024

iPad Pro 2024 hadir dalam dua tipe yang berbeda, Terutama dari segi desainnya yang cukup mencolok. Seperti dilansir dari laman GSM Arena spesifikasi secara umum ini dapat Anda lihat pada tabel berikut ini:

Spesifikasi iPad Pro 11 Inci iPad Pro 13 Inci
Dimensi 249.7 x 177.5 x 5.3 mm 281.6 x 215.5 x 5.1 mm
Layar 11-inch Tandem OLED (2420 x 1668 pixels) 13-inch Tandem OLED (2752 x 2064 pixels)
Warna Silver, Space Black Silver, Space Black
Chipset M4 M4
Kapasitas Penyimpanan 256GB, 512GB, 1TB, 2TB 256GB, 512GB, 1TB, 2TB
Kamera 12MP front landscape, 12MP rear 12MP front landscape, 12MP rear
Dukungan Wireless Wi-Fi 6E, 5G Wi-Fi 6E, 5G
Kapasitas Baterai Li-Po (31.29 Wh) Li-Po (38.99 Wh)
Sistem Operasi iPadOS 17.4 iPadOS 17.4
Fitur Pendukung Face ID, accelerometer, gyro, compass, barometer Face ID, accelerometer, gyro, compass, barometer

Baca juga: Tablet vs Laptop: Mana yang Baik untuk Pelajar dan Mahasiswa? 

Fitur dan Keunggulan

Ada beberapa aspek penting sebagai pertimbangan Anda mengapa Anda harus memilih iPad Pro 2024 ini. Baik dari segi desain, performa, fitur unggulan yang dimiliki, dan lain sebagainya. Melansir dari Tom’s Guide, Tech Radar, dan sumber lainnya, berikut keunggulannya:

1. Desain dan Layar

Spesifikasi Ipad Pro 2024 (2)
sc: Apple

Seperti disinggung sebelumnya, iPad Pro 2024 hadir dalam dua pilihan ukuran. Yakni dengan tipe 11 inci dan 13 inci. Dimana kedua ukuran tablet tersebut lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya. Sebut saja misalnya iPad Pro 12 (2022) yang memiliki tebal 5.9mm dan iPad Pro 12.9 (2022) dengan tebal 6.4mm. Bahkan, Apple mengklaim jika seri ukuran iPad Pro 2024 13 inci adalah yang tertipis.

Kemudian, dari segi layarnya sudah menggunakan OLED dimana di seri sebelumnya masih mengunakan LCD maupun LED. Berkat dua panel OLED inilah menjadikan kecerahan iPad 2024 lebih baik hingga 1.000 nits dan kecerahan puncaknya mencapai 1.600 HDR. Salah satu yang jadi selling point di sini yakni adanya teknologi Ultra Retina XDR.

Berkat kecanggihan itulah, membuat tingkat kontras gelap dan terangnya lebih jernih. Terutama saat menikmati konten foto dan video. Keduanya pun memiliki refresh rate hingga 120Hz untuk pengalaman yang mulus. Ini juga bisa diturunkan sampai 10Hz yang memungkinkan pengguna untuk menghemat daya baterai.

Baca juga: Fitur Baru iPadOS 17: Apa yang Baru dan Previewnya! 

2. Baterai dan Kamera

Spesifikasi Ipad Pro 2024 (3)
sc: Tom’s Guide

Walaupun produk ini memang difokuskan untuk menunjang kerja, namun Apple juga menyematkan kamera unggulan. Di bagian kamera belakangnya memiliki resolusi 12MP f/1.8. Dilengkapi pula berbagai sensor dan fitur unggulan seperti Adaptive True Tone hingga LiDAR yang memungkinkan pemindaian dokumen dengan baik dan menghilangkan bayangan dari gambar.

Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera dengan resolusi 12MP f/2.4. Ini membuat panggilan video lebih jernih dengan kamera depan dibandingkan generasi sebelumnya. Termasuk untuk merekam dengan kualitas 4K/60fps di kamera belakang dan 1080p/60fps di kamera depan. Dukungan Face ID akan membuat pengguna lebih aman dan nyaman.

Di sisi lain, Apple tidak menjelaskan mengenai keunggulan baterainya. Namun, dengan kapasitas yang mumpuni, iPad Pro 2024 diklaim bisa tahan hingga 10 jam untuk surfing internet dan nonton menggunakan WiFi. Perlu diingat, ketahanan baterai ini juga tergantung banyaknya fitur yang diaktifkan. Untuk pengisian dayanya, bisa menggunakan USB-C.

3. Spesifikasi iPad Pro 2024 – Performa

Spesifikasi Ipad Pro 2024 (4)
sc: Tom’s Guide

Mengenai performa, memang menarik untuk disimak. Di generasi sebelumnya, Apple menyematkan chipset M2. Namun, untuk seri 2024 kali ini tidak tidak menggunakan M3, malahan di sini Apple dengan percaya diri menggunakan M4. Sokongan M4 di iPad Pro 2024 menjadikan kecepatannya lebih baik hingga 50% dibanding M2.

Itu dimungkinkan karena M4 menggunakan teknologi generasi kedua dari ukuran chipset 3nm. Selain itu, juga didesain lebih bertenaga dan efisien. Begitu pun dengan dukungan dari 10-core CPU dan 10-core GPU serta 16-core Neural Engine.

Untuk memberikan kenyamanan performa, Apple juga turut menyertakan beberapa teknologi dan fitur canggih. Mulai dari Dynamic Caching hingga Ray Tracing yang semakin cepat. Termasuk juga adanya aplikasi Octane untuk rendering menjadikannya lebih cepat sampai 4x ketimbang iPad yang menggunakan chipset M2.

Baca juga: Mengintip Kecanggihan Apple M2 Pro vs M2 Max: Apa Bedanya?

4. Dukungan Keyboard dan Apple Pencil Pro

Spesifikasi Ipad Pro 2024 (1)
sc: Tom’s Guide

Kenyamanan performa pengguna selain fitur, juga dapat dilihat dari perangkat bawaan tambahan. Yakni adanya dukungan Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil Pro. Terlebih lagi bagi Anda yang menjadikan tablet sebagai alat kerja dengan mobilitas tinggi. Kedua perangkat ini sangatlah membantu.

Apple Magic Keyboard memberikan kemudahan saat mengetik. Terutama di bagian telapak tangan dan touchpad. Materialnya terbuat dari aluminium yang ringan dan kokoh serta sangat mirip dengan MacBook. Berkat touchpad lebih besar dan ringan ini menjadikan pengalaman mengetik lebih nyaman.

Selain itu, ada pula Apple Pencil Pro dan sekilas memang mirip dengan Apple Pencil 2. Akan tetapi, Apple Pencil Pro memiliki sejumlah fitur unggul. Salah satunya dapat berganti gaya pena, memberikan umpan balik haptic, hingga mengubah ketebalan garis hanya dengan memutar orientasi pena. Penggunaan kedua perangkat ini semakin mulus dengan sistem operasi iPadOS 17.

5. Harga yang Dipasarkan

Spesifikasi Ipad Pro 2024 (5)
sc: Tom’s Guide

Spesifikasi iPad Pro 2024 tidak hanya mengenai fitur dan teknologinya saja. Di sini, segi harga pun menjadi pertimbangan bagi para pengguna, khususnya para pecinta produk Apple untuk membelinya. Adapun harga iPad Pro 2024 ini tergantung pada ukurannya yakni:

  • Harga iPad Pro 11 inci: mulai dari 999US$ atau sekitar Rp16 jutaan
  • Harga iPad Pro 13 inci: mulai dari 1.299US$ atau sekitar Rp20.8 jutaan

Namun, perlu diingat jika harga tersebut bisa saja sedikit berbeda dan terdapat selisih untuk pejualan di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya pajak atas barang impor yang masuk. Sehingga, berdampak pula pada harga jual ke konsumen. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik ketika membelinya.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Produk Apple Mahal

Penutup

Spesifikasi Ipad Pro 2024
sc: The Verge

Bagimana Sobat Doran, apakah Anda ingin memilikinya? Jika dilihat dari spesifikasinya, tablet terbaru dari Apple ini memang cukup unggul dalam hal performa. Terutama dengan adanya chipset terbarunya yang membuat performa semakin kencang. Tentu, ini sangat tepat untuk menunjang pekerjaan Anda di dunia digital yang serba cepat.

Kini, Anda bisa mendapatkan berbagai produk unggulan Apple hanya di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Raih berbagai kesempatan menarik mulai dari potongan harga dan promo lainnya untuk pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget.


*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>