Bocoran Fitur Keren Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition

redmi k40

Doran GadgetAkhir April 2021 lalu, Xiaomi meluncurkan seri baru Redmi K40 Gaming Edition. Smartphone tersebut merupakan ponsel gaming pertama dari jajaran Redmi. Menyasar pengguna gamers, smartphone ini pun dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih terkini.

Spesifikasi Redmi K40 Gaming Edition

Berikut beberapa bocoran teknologi dan fitur keren yang ada pada Xiamoi Redmi K40 Gaming Edition yang dirilis di Cina beberapa waktu lalu.

Desain  Layar

redmi k40

Desain layar di edisi gaming ini cukup ergonomis dengan pilihan warna hitam, putih, dan silver serta edisi khusus Bruce Lee. Hal ini bisa dilihat dari layar yang memiliki bezel ramping seperti halnya pada smartphone gaming kebanyakan. Desain bodinya terdapat lekukan khas yang dipadu dengan aksen warna tertentu di bagian belakang atau punggung. Pada sisi kanan maupun kirinya terdapat lapisan bertekstur. Gunanya adalah memberikan kenyamanan pada pengguna saat dipegang maupun bermain game dalam posisi landscape.

Bagaimana dengan layarnya? Redmi K40 Gaming Edition memiliki layar AMOLED dengan ukuran 6.67 inci atau 2.400 x 1.080 piksel. Ukuran tersebut kompatibel untuk resolusi Full HD Plus dan juga HDR10 Plus. Tak sampai di situ saja, Anda juga akan dimanjakan dengan sentuhan responsif pada layar dengan touch sampling rate 480Hz, refresh rate 120 Hz maupun tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar pun semakin aman dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Kamera Redmi K40 Gaming Edition

redmi k40

Meski didesain khusus untuk gaming, namun soal resolusi kamera yang dimilikinya pun tak diragukan. Di bagian tengah atas layar ada lubang (punch hole) untuk kamera selfie dengan resolusi 16 megapiksel.

Sedangkan di bagian belakang atau punggung, ada tiga buah kamera yang tersusun rapi dan futuristik serta terdapat lampu LED Flash. Ketiganya merupakan kamera utama dengan resolusi 64 MP (f/1.7,26mm) PDAF, kamera ultra wide beresolusi 8 MP (f/2.2, 120 derajat), dan juga kamera macro dengan resolusi 2MP (f/2.4).

Dapur Pacu Anti Lemot

redmi k40

Dapur pacu yang disematkan di smartphone ini sebenarnya adalah daya tarik utamanya. Yakni menggunakan chip dari MediaTek Dimensity 1200, inilah yang membuatnya memiliki performa gaming terbaik dan anti lemot. Dimensity 1200 ini, memiliki teknologi 6 nanometer.

Untuk CPU-nya didukung dengan Arm Cortex-78 Core yang menggunakan arsitektur klaster 1+3+4. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni Dimensity 1000+, performanya jauh lebih meningkat hingga tingkat 22%. Meski begitu, daya konsumsinya menurun hingga tingkat 25%.

Baca juga: 9 Rekomendasi HP 2 Jutaan Tangguh untuk Gaming

Performa Terbaik

redmi k40

Tak hanya mengandalkan dapur pacu yang anti lemot, dari sektor baterai Xiaomi Redmi K40 memiliki daya besar dengan kapasitas 5.000 mAh. Ditambah lagi dengan adanya fitur pengisian cepat hingga 67W. Berkat teknologi tersebut, Anda dapat melakukan pengisian daya secara penuh hanya dalam waktu 42 menit saja.

Lalu, dari sektor audio Anda akan dimanjakan dengan suara jernih dari dua speaker pada bagian atas dan bagian bawah ponsel. Di mana kedua speaker ini menggunakan teknologi JBL dan juga dukungan Hi-Res Audio dan Dolby Atmos. Rasakan pula sensasi suara menggelegar dengan tambahan perangkat headset gaming terbaik seperti JeteX P1Pro Series ketika Anda menggunakannya.

Fitur lain untuk mendukung performa terbaiknya adalah Bluetooth 5.2, Wi-Fi, NFC, dan USB Type-C. Anda bisa menggunakan fitur sensor sidik jari pada bagian tombol power dan fitur IP53 yang membuat smartphone ini tahan debu dan air.

Dibekali Sistem Pendingin

Untuk menunjang performa terbaiknya, Xiaomi Redmi K40 memiliki sistem pendingin dengan teknologi LiquidCool. Dengan begitu, suhu ponsel akan tetap terjaga dengan baik bahkan saat digunakan dalam bermain game dalam waktu yang cukup lama. Sehingga, menjaganya agar tidak dalam kondisi overheat. Selain itu, teknologi yang diandalkannya memadukan antara graphene, vapor chamber, dan juga grafit. Adanya teknologi ini memungkinkan sistem pendinginan yang maksimal tanpa harus menggunakan kipas built-in dan kipas aksesoris lainnya.

Harga Redmi K40 Gaming Edition

redmi k40

Harga Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition dibanderol berbeda-beda. Di negeri asalnya, smartphone ini terdiri dari berbagai seri dengan harga sebagai berikut:

  • 6 GB / 128 GB : 1.999 Yuan (atau sekitar Rp4,4 juta)
  • 8 GB / 128 GB : 2.199 Yuan (atau sekitar Rp4,9 juta)
  • 8 GB / 256 GB : 2.399 Yuan (atau sekitar Rp5,3 juta)
  • 12 GB / 128 GB : 2.399 Yuan (atau sekitar Rp5,3 juta)
  • 12 GB / 256 GB : 2.699 Yuan (atau sekitar Rp6 juta)
  • 12 GB / 256 GB (Bruce Lee Edition): 2.799 Yuan (atau sekitar Rp6,2 juta)

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi K40 menjadi smartphone yang layak Anda andalkan untuk mendapatkan pengalaman seru bermain game dengan spesifikasi tinggi. Namun, bagi penggemarnya dan juga gamers maupun para pecinta teknologi sebaiknya perlu bersabar. Sebab, masih belum ada jadwal rilis resmi smartphone ini dari pihak Xiaomi di Indonesia. Jadi, kita tunggu saja!

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar gadget, aksesoris gaming berkualitas, hingga hp 1 jutaan dengan kualitas terbaik, Anda bisa join di chanel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.