Apple TV 4K – Review Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beli

Doran Gadget Apple TV telah ada sejak 2007. Apple TV pertama memulai debutnya sebagai hard drive fisik 40GB yang ditambatkan ke versi kuno iTunes. Tidak lama kemudian Apple TV berubah menjadi kotak streaming yang lebih praktis yang biasa disebut Apple TV 4K.

Selama waktu tersebut, industri menjadi penuh sesak dengan remot, dan kotak persegi juga peralatan berkemampuan HDMI lainnya untuk mengalirkan konten internet ke perangkat TV Anda. Berikut review Apple TV untuk Anda.

Apa itu Apple TV 4K?

Apple TV 4K telah ada sejak 2017. Bagi penggemar Apple cukup sabar menunggu perusahaan untuk mengubah perangkat kerasnya. Sampai Apple berhasil melakukannya, Apple TV merupakan trobosan yang ditawarkan oleh pembuat iPhone, Steve Jobs.

Ada juga Apple TV HD yang tersedia seharga Rp 2 jutaan yang secara fungsional identik, tetapi memiliki prosesor yang lebih rendah dan tidak memiliki dukungan untuk 4K juga berbagai format HDR.

Kotak hitam persegi ini memerlukan akun Apple iTunes dan memungkinkan Anda mengakses sebagian besar layanan streaming online dari antarmuka pengguna. Ini mencakup serangkaian fitur yang diharapkan untuk kotak streaming tingkat atas, yang berarti video 4K, HDR, dan Dolby Vision, dan suara Dolby Atmos.

Satu hal yang membedakannya dari perangkat pesaing adalah akses ke App Store kesayangan Apple dan layanan Apple Arkade-nya. Apakah itu cukup untuk membuat Anda untuk membelinya?

apple tv apple 4k

Kelebihan Apple TV 4K

Gambar dan suara adalah yang terbaik. Port HDMI tunggal menyambungkan Apple TV 4K ke perangkat Anda dan memberikan kualitas gambar dan suara terbaik untuk konten yang didukung. Perangkat ini memiliki integrasi ekosistem Apple adalah yang terbaik di kelasnya.

Siri bekerja dengan sangat baik. Mengetuk tombol mikrofon di remote memungkinkan Anda meminta Siri untuk memutar atau mencari film yang Anda inginkan. Siri mungkin tidak terlalu mengesankan di iPhone, tetapi disini untuk mencari konten TV, ini menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat.

Lebih lanjut, jika ada satu hal yang Apple ketahui cara mencari, itu adalah konten video. Integrasi ekosistem Apple adalah yang terbaik di kelasnya. Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengirim audio dari Apple TV 4K ke Apple AirPods atau Airpods Max untuk menonton malam hari dengan tenang?

Atau sambungkan ke beberapa HomePod untuk suara surround 7.1? Atau dengan mulus mentransmisikan video 4K HDR yang Anda ambil dari iPhone 12 ke Apple TV? Selain itu, iPhone atau iPad Anda dapat berfungsi sebagai keyboard ketika tiba waktunya untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Tidak setiap kotak streaming dapat melakukan hal-hal ini.

Terakhir, aplikasi dan game. Tidak ada kotak streaming lain yang memiliki akses ke banyak aplikasi dan game ini. Banyaknya konten yang tersedia di App Store dan Apple Arkade sangat mengesankan. Apple TV terbaru ini memiliki akses ke aplikasi dan game yang tidak dapat dijalankan oleh kotak streaming lainnya.

apple tv apple 4k

Kekurangan Apple TV 4K

Remote-nya cukup ribet digunakan. Itu salah satu hal yang Anda suka atau benci. Daripada mengandalkan pad tradisional untuk menavigasi menu, remote Apple TV memiliki trackpad untuk gerakan dan kontrol yang lebih baik. 

HDMI adalah satu-satunya port media yang Anda dapatkan. Memang, inilah yang ditawarkan setiap kotak streaming lainnya, tetapi Apple TV versi lama biasanya menyertakan optical sound yang dapat Anda colokkan ke receiver home theater Anda.

Memang, tidak ada kotak streaming di pasaran yang menawarkan pengalaman yang benar-benar fantastis, tetapi Apple TV 4K adalah satu-satunya yang luar biasa. Ada begitu banyak akses, antara iTunes, aplikasi Apple TV Plus, aplikasi dan game Anda sendiri. Ini bisa sangat melelahkan jika Anda hanya ingin menonton Netflix. Kehadiran Siri pasti sangat membantu.

Haruskah Anda Membelinya?

apple tv apple 4k

Apple TV memiliki penjualan yang lebih sulit daripada kotak streaming lainnya karena beberapa alasan. Pertama, harganya ini sekitar Rp 2,5 jutaan untuk versi 32GB dan Rp 2,8 jutaan untuk versi 64GB.

Itu hampir dua kali lipat biaya Amazon Fire TV Cube, yang menawarkan hampir semua konten dan fitur dasar yang sama. Ini juga lebih mahal daripada Nvidia Shield TV, kotak TV Android yang dapat Anda beli.

Apple TV 4K sulit dijual kepada siapapun di luar ekosistem Apple. Bagi mereka yang terjebak di dalamnya, masih ada hal-hal yang disukai dari media streamer ini.

Kedua, Apple TV ini semakin tua. Dirilis tahun 2017, pastinya perangkat ini siap untuk diperbarui. Ketiga, Anda bisa mendapatkan konten Apple TV Plus di perangkat streaming kompetitor, termasuk Fire TV, Xbox, PlayStation, dan berbagai smart TV.

Satu-satunya manfaat nyata dari Apple TV  adalah keterkaitannya dengan ekosistem perangkat keras Apple yang ada serta beragam aplikasi dan game eksklusif. Jika itu yang Anda cari, Apple TV 4K adalah satu-satunya pilihan Anda.

Bahkan empat tahun kemudian, ini masih merupakan perangkat yang sangat bagus untuk pengguna Apple yang sudah ada, tetapi sangat membutuhkan penyegaran.

Penutup

Itulah sedikit ulasan untuk Apple TV 4K untuk Anda yang ingin membelinya. Jika harga bukan masalah untuk Anda, pastikan Anda sudah masuk dalam ekosistem Apple agar perangkat bisa bekerja lebih optimal dan Anda bisa mengakses semua fiturnya. Untuk berita seputar gadget lainnya dan berbagai promo dari Dorangadget.com, silahkan join Telegram Channel Dorangadget.