airpodsmax apple ios ibox, iphone

Dorangadget.com Apple telah menjadi nama besar dalam headphone nirkabel dengan AirPods, yang merupakan earbud paling populer dan mudah dikenali di seluruh dunia. Sampai saat ini, terdapat 3 varian, versi standar, versi pro dan versi Max. Dalam artikel ini kita akan melakukan review AirPods Max untuk Apple fanboy dan untuk Anda yang ingin membelinya di tahun 2021.

AirPods menyediakan konektivitas yang andal dan pengalaman earbud nirkabel yang serba bisa. Namun kualitas suaranya tidak dapat bersaing dengan satu set headphone over-ear yang bagus. Itulah tujuan dari AirPods Max ini diperkenalkan.

AirPods Max Apple yang baru-baru ini dirilis adalah headphone over-ear pertamanya. Mereka memiliki baterai 20 jam dengan peredam bising aktif dan transparansi, Bluetooth 5.0, dan build yang sangat premium. Harga Airpods Max di situs resminya $549 atau sekitar Rp 7.700.000.

Ini adalah salah satu rekomendasi headphone terbaik, tetapi harga dan ketersediaannya membuatnya tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Dan seperti kebanyakan produk Apple. AirPods Max akan lebih optimal jika Anda menggunakannya di dalam ekosistem Apple.

SPESIFIKASI AirPods Max

airpodsmax apple ios ibox, iphone

Ukuran: 168,6 mm x 83,4 mm  x 187,3 mm

Baterai: 20 jam dengan ANC atau Transparansi

Chip: Dual Apple H1, satu di setiap earcup

Konektivitas: AirPlay, Bluetooth 5.0, 3.5mm dengan adaptor lightning untuk mengisi daya

Codec Audio: AAC

Bobot: 384,8 gram

Harga: $549 / Rp 7.739.802

airpodsmax apple ios ibox, iphone

Teknologi Audio

  • Driver rancangan Apple
  • Peredam Noise
  • Mode transparansi
  • EQ Adaptif
  • Audio dengan Sensor gerakan kepala

Sensor

  • Sensor optik pada tiap sisi
  • Sensor posisi pada tiap sisi
  • Sensor deteksi casing pada tiap sisi
  • Akselerometer pada tiap sisi
  • Giroskop pada sisi

Mikrofon

Airpods Max total memiliki 9 mikrofon yang terbagi menjadi:

  • 8 Mikrofon peredam kebisingan.
  • 3 mikrofon menangkap suara (dua digunakan bersamaan dengan peredam kebisingan dan satu tambahan mikrofon)

Kontrol Airpods Max

airpodsmax apple ios ibox, iphone

Headphone Apple ini memiliki dua navigasi untuk pengoprasian, yaitu Digital Crown dan Noise Control Button.

Digital Crown:

Pada Digital Crown, Anda bisa melakukan banyak kontrol:

  • Putar untuk volume
  • Ketuk sekali untuk menjeda, memutar dan menjawab telepon
  • Ketuk dua kali untuk next
  • Ketuk tiga kali untuk previous

Noise Control Button

  • Ketuk untuk berganti mode peredam kebisingan aktif atau mode transparansi

Baterai Airpods Max

Untuk sekali pengisian daya sampai penuh, Baterai Headphone Apple ini mampu untuk:

  • Mendengarkan musik 20 jam dengan dengan noise control aktif dan mode transparansi yang diaktifkan.
  • Memutar film sampai 20 jam dengan spesial audio menyala
  • Berbicara 20 jam
  • Dengan mengisi daya selama 5 menit, maka sudah bisa digunakan selama 1.5 jam
  • Menyimpan di smart case akan mempertahankan tenaga baterai

Aksesibilitas Headphone Apple

Fitur ini untuk penyandang disabilitas, fitur fitur Aksesibilitas yakni:

  • Audio langsung
  • Level headphone
  • Akomodasi Headphone

Desain & Apa Saja yang Ada Dalam Box

airpodsmax apple ios ibox, iphone

Dari gaya hingga bahan, AirPods Max adalah produk Apple premium klasik. Dibuat menggunakan aluminium dan baja tahan karat dengan ikat kepala aluminium fleksibel dan memiliki bantalan yang cukup nyaman. Apple menjualnya dalam 5 warna, abu-abu, perak, hijau, biru, dan merah muda.

Ikat kepala pada awalnya nyaman dan membantu mengelola bobot 384 gram dengan baik, tetapi lama kelamaan menjadi tidak nyaman. Earcup terbuat dari kain akustik tenun yang nyaman tetapi juga menimbulkan sedikit gatal pada rambut yang lebih panjang. Earcup terpasang secara magnetis dan dapat ditukar, tetapi harganya $ 69 untuk sepasang.

Ear cup kanan terdapat semacam tombol yang biasa disebut crown digital yang bisa di putar, ini merupakan satu-satunya kontrol di headphone. Crown tersebut untuk mengatur volume, dan Anda dapat memencetnya untuk mengontrol pemutaran musik seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Tombol lainnya yaitu untuk mengontrol mode ANC Active Noise Control, beralih antara peredam bising aktif dan transparansi. Kedua kontrol tersebut lebih dapat diandalkan daripada panel sentuh dari kebanyakan headphone saat ini. Sensor headphone dapat mendeteksi saat Anda melepasnya untuk menjeda musik, tetapi ini hanya berfungsi di perangkat Apple.

Di bagian bawah earcup kanan terdapat port Lightning dan lampu indikator LED untuk status pemasangan dan pengisian daya. Port Lightning akan bagus untuk pengguna iPhone, tetapi Apple beralih dari Lighting pada produk Pro-nya, dan headphone $ 549 tampaknya cocok dalam kategori itu.

Di dalam kotak, Apple menyediakan headphone, kabel USB-C ke lightning, dan case untuk memudahkan saat dibawa. AirPods Max tidak dilengkapi dengan adaptor audio 3.5mm untuk audio kabel.

Kualitas Suara, Fitur, dan Masa Pakai Baterai

airpodsmax apple ios ibox, iphone

Headphone ini memiliki peredam bising aktif, dan sangat bagus, memblokir hampir semua kebisingan sekitar dan sebagian besar suara. Bisa dikatakan ini setara dengan peredam bising headphone Sony WH-1000XM4, atau bahkan lebih baik dalam beberapa situasi.

Saat Anda tidak menggunakan ANC, Anda dapat mengaktifkan transparansi, yang menggunakan mikrofon untuk memasukkan audio. Anda dapat dengan mudah menerima telepon atau panggilan Zoom dengan ini tanpa masalah. 

AirPods Max hanya mendukung satu codec audio: AAC. Ini adalah codec audio yang lebih lama, tetapi itulah yang dipilih Apple untuk digunakan pada semua perangkat audionya. Diperkirakan, Apple tidak mendukung codec latensi rendah yang cenderung bekerja lebih baik di Android seperti Qualcomm’s aptX atau Sony’s LDAC

Jadi Anda mungkin akan mengalami penundaan audio dan masalah sinkronisasi pada perangkat non-Apple. Panggilan dan musik keduanya akan baik-baik saja di AirPods Max. Pada iPhone, iPad, atau Mac, latensi tidak terlalu menjadi masalah karena ekosistem Apple-to-Apple yang biasa. Perangkat Android yang menggunakannya juga kehilangan efek suara surround audio spasial Apple.

Masa pakai baterai earphone terbaik Apple, AirPods Max bukanlah hal yang luar biasa. Apple mengiklankan sekitar 20 jam penggunaan di seluruh papan dengan ANC dan transparansi. Dalam penggunaan hanya mendekati sekitar 15 jam dengan AirPods Max. Tidak ada tombol daya sehingga headphone secara otomatis akan masuk ke mode daya rendah, yang secara perlahan dapat menguras baterai.

Artikel terkait:

× WhatsApp