Apple iPhone 12 VS Samsung Galaxy S21 – Mana yang Cocok Anda Beli ?

apple iphone 12 vs samsung galaxy s21

Dorangadget.com Saat ini smartphone Android andalan pertama tahun 2021, Samsung S21 series akhirnya rilis di Indonesia, mari kita lihat perbandingan kinerjanya dengan Apple iPhone 12. Kali ini. Samsung telah membuat beberapa upgrade signifikan pada level awal Samsung Galaxy S21 dalam hal resolusi layar kualitas build dan hal-hal lain. Beberapa hal-hal tersebut membuatnya lebih unggul dari iPhone 12.

Namun, ada juga beberapa peningkatan di seluruh papan dan label harga yang cukup layak yang seharusnya membuat Samsung Galaxy S21 menjadi pesaing serius di pasar smartphone kelas atas. Apakah Samsung Galaxy S21 memiliki apa yang diperlukan untuk lebih unggul dari iPhone 12? Mari kita cari tahu.

Harga Samsung Galaxy S21 vs Apple iPhone 12

Sebagai perbandingan, harga iPhone 12 dengan RAM 6GB storage 64GB Rp 15 jutaan. Sedangkan harga Samsung Galaxy S21 RAM 8GB storage 128GB Rp 13 jutaan. Keduanya juga tidak memberikan opsi untuk menambah kapasitas dengan memori eksternal.

Keduanya juga sama-sama tidak menyertakan earphone dan adapter charger Namun. Dari sisi ini bisa dibilang Samsung masih menawarkan nilai yang lebih baik, karena Anda mendapatkan penyimpanan dua kali lipat dengan harga yang lebih rendah. Makanya, Samsung Galaxy S21 memenangkan segmen value for money. 

Desain Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12

apple iphone 12 vs samsung galaxy s21

Perbandingan selanjutnya antara Smartphone Samsung dan iPhone adalah di build. Sebagai varian paling murah Samsung S21 hadir dengan bagian belakang Glasstic. Sebaliknya, iPhone 12 memiliki bodi serba kaca, hal ini memberikan kesan yang jauh lebih premium.

Kedua ponsel memiliki IP68 tahan air dan debu. Namun, Samsung Galaxy S21 menawarkan sedikit lebih banyak real estat layar dengan kamera selfie hole-punch. Tetapi itu saja tidak cukup untuk lebih unggul dari iPhone.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 vs iPhone 12

Spesifikasi ini berpengaruh pada kinerja kedua smartphone premium. Seperti bagaimana smartphone digunakan membuka banyak aplikasi, bagaimana saat digunakan dalam waktu lama dan lain sebagainya. Untuk melihat itu diperlukan lebih detail, meliputi:

Prosesor Samsung dan Apple iPhone

Baik Samsung S21 yang memakai chipset Exynos 2100 atau yang memakai Qualcomm Snapdragon 888. Keduanya masih jauh di belakang A14 Bionic Apple iPhone 12 dalam hal kinerja single core. Sekilas Geekbench menunjukkan bahwa prosesor A14 Bionic dapat dengan mudah mencetak lebih dari 1.500 dalam tes single core, sedangkan Exynos 2100 Galaxy S21 hanya mencapai 1.100.

Namun, semuanya jauh lebih dekat dalam hal kinerja multi-core, karena A14 Bionic adalah chipset hexa-core, sedangkan Exynos 2100 adalah octa-core. Agak sulit untuk membandingkan GPU di kedua ponsel, karena keduanya menggunakan perender yang berbeda untuk menangani tugas intensif grafis.

Layar

apple iphone 12 vs samsung galaxy s21

Di atas kertas, sepertinya Samsung Galaxy S21 adalah pemenang yang jelas di sini. Tampilannya memang hadir dengan refresh 120Hz, sedangkan layar Apple iPhone 12 memiliki clock 60Hz. Tentu berbeda jauh jika Anda pengguna Hp harga 1 jutaan.

Ukuran layar hampir tidak menjadi masalah di sini, karena keduanya berada dalam jarak 0,1 inci satu sama lain, dengan Apple iPhone 12 menggunakan panel AMOLED 6,1 inci dan Samsung Galaxy S21 layar AMOLED 6,2 inci. Selain itu, layar ponsel Samsung memiliki kecerahan puncak 1300 nits, dengan iPhone sedikit berkurang, pada 1200 nits.

Namun, spesifikasi ini tidak terlalu berarti dalam hal kinerja mentah, karena Apple, dalam beberapa kesempatan, mengalahkan Samsung dengan panelnya sendiri. Sulit untuk menobatkan pemenang di sini karena perlu mencari tahu seberapa akurat warna layar Samsung Galaxy S21 dibandingkan dengan Apple iPhone 12.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy S21 memiliki keunggulan yang jelas di sini langsung karena Samsung memberikan tiga sensor kamera sedangkan iPhone 12 hanya dua lensa. Namun, lebih banyak sensor kamera tidak selalu berarti kinerja yang lebih baik.

Sementara lensa utama iPhone 12, 12MP dan sensor wide 12MP tidak ada yang kalah. Masih  tidak dapat melawan sensor utama 12MP Samsung Galaxy S21, lensa ultra wide 12MP, dan lensa telefoto 64MP. Sensor terakhir itu memungkinkan Samsung Galaxy S21 menawarkan zoom hybrid hingga 30X alias Space Zoom. Untuk lebih detailnya, baca artikel Spesifikasi Kamera Samsung S21 Ultra Dengan Zoom Lock.

Lebih lanjut, Samsung Galaxy S21 dapat merekam video pada 8K 30 fps, sedangkan Apple iPhone 12 dibatasi hingga 4K 40 fps. Karena itu, iPhone selalu menjadi yang tertinggi dalam hal videografi. Baik bukti anekdot maupun empiris tampaknya sependapat dengan pernyataan tersebut.

Sebelum kita melanjutkan, perlu juga dicatat bahwa kamera selfie 12MP Apple iPhone 12 lebih kaya fitur daripada unit 10MP Samsung Galaxy S21. Namun, Samsung Galaxy S21 memenangkan putaran ini karena perangkat kamera yang lebih baik.

apple iphone 12 vs samsung galaxy s21

Baterai, Perangkat Lunak dan Fitur

iPhone selalu terkenal karena masa pakai baterai yang tidak seberapa. Hal-hal menjadi lebih membuat frustasi ketika Apple menolak untuk mengungkapkan kapasitas baterai pada lembar spesifikasi resminya. Teardown memberitahu bahwa Apple iPhone 12 hadir dengan baterai 2.815mAh.

Meskipun itu mungkin tampak tidak signifikan di depan baterai 4.000 mAh Samsung Galaxy S21, perbandingan langsung tidak sesederhana itu karena kedua ponsel menjalankan sistem operasi yang sama sekali berbeda. Harus menunggu ulasan lengkap yang terakhir untuk perbandingan yang lebih tepat.

Namun, Samsung Galaxy S21 mendapat poin tambahan untuk kemampuan pengisian nirkabel terbalik. Berbicara tentang sistem operasi, handset hadir dengan One UI 3.0 berbasis Android 11 dan iPhone 12 iOS 14.1. Sebagai satu-satunya OEM smartphone yang menjanjikan pembaruan hingga lima tahun.

Apple memimpin industri dalam hal dukungan perangkat lunak jangka panjang. Sebaliknya, perangkat Samsung tidak akan mendapatkan lebih dari tiga sampai empat pembaruan.

OneUI 3.0 dan iOS 14 memiliki spesifikasi satu sama lain dalam hal fitur, jadi sulit untuk secara obyektif menyebut satu lebih baik daripada yang lain. Semuanya tergantung pada pilihan. Beberapa pengguna akan menemukan iOS sesuai dengan keinginan mereka, sementara yang lain mungkin lebih suka OneUI 3.0.

Desain baru Apple membuat semua iPhone setelah iPhone X membuang sensor sidik jari. Hal itu membuatnya hanya bisa dibuka dengan Face ID. Meskipun ini yang terbaik di industri, banyak hal bisa membuat sulit saat ini, di mana masker telah menjadi bagian penting dari kehidupan saat ini.

Samsung Galaxy S21 juga menawarkan otentikasi biometrik Face ID, tetapi juga dilengkapi dengan sensor fingerprint ultrasonik generasi kedua dari Qualcomm, yang membuat membuka kunci ponsel jauh lebih cepat.

Kesimpulannya, Apple iPhone 12 memiliki dukungan software yang lebih baik, tetapi Fitur dan kelebihan Samsung Galaxy S21 hadir dengan rangkaian yang lebih baik.

Baca: Cara Samsung Galaxy S21 Series 5G Melindungi Data Anda

Penutup

Apple Iphone 12 Samsung Galaxy S21
HargaMemory 64GB Rp 15 jutaanMemory 128GB Rp 13 jutaan
Body belakangBodi serba kacaMenggunakan bahan Glasstic
Ketahanan airIP68IP68
Prosesor yang digunakanApple A14 BionicExynos 2100/Snapdragon 888
LayarAMOLED 6,1 inciAMOLED 6,2 inci
Refreshrate60Hz120Hz
Kamera belakang2 buah3 buah
Kualitas video4K 40 fps8K 30 fps
Baterai2.815mAh4.000 mAh

Itulah perbandingan Apple iPhone 12 VS Samsung Galaxy S21. Apple iPhone terbaru selalu memiliki harga yang jauh lebih mahal dari Samsung dengan teknologi yang bisa dikatakan lebih sedikit dari Samsung, dengan Face ID dan fingerprint sekaligus. Namun iPhone selalu memiliki prestige yang lebih, itu semua kembali lagi pada Anda. Beli Samsung S21, iPhone 12 atau hp harga 2 jutaan saja sesuai budget.