Doran GadgetIndonesia menjadi pangsa pasar drone potensial di Asia Tenggara maupun dunia. Hal itu membuat brand besar melakukan ekspansi produknya di tanah air. Salah satunya adalah Autel yang di Indonesia disebut-sebut akan menjadi pesaing terberat drone DJI yang populer. Lalu, apa itu drone Autel dan teknologi yang membuatnya unggul serta rekomendasi dronenya? Berikut ulasannya yang dihimpun tim Doran Gadget.

Apa Itu Drone Autel?

Autel merupakan drone yang dikembangkan oleh Autel Robotics yang berdiri sejak tahun 2014 lalu. Perusahaan teknologi ini memiliki headquarter di Shenzen, Cina. Sementara untuk desain dan teknologinya dikembangkan di dua tempat. Yakni di Silicon Valley, Seattle, Amerika Serikat dan satu lagi ada di Eropa tepatnya di Munich, Jerman.

Seperti dilansir dari laman resmi Autel Robotics, debut Autel dari tahun ke tahun di pangsa pasar drone cukup inovatif. Misalnya di tahun 2015 mendemonstrasikan drone dengan kontrol presisi. Tak lama setelah itu meluncurkan drone pertamanya X-Star dan di tahun 2016 meluncurkan X-Star Premium. Pada tahun 2020, setelah melakukan pengembangan intensif, Autel meluncurkan seri EVO, dimana setahun berikutnya yakni 2021 meluncurkan EVO II. Sampai saat ini, seri EVO menjadi drone terlaris Autel.

Dengan pengembangan dan investasi di bidang teknologi di atas, drone ini disebut-sebut sebagai pesaing DJI. Hal itu bisa dilihat dari kamera yang dilengkapi fitur dan resolusi tinggi. Di sisi lain, Autel mengklaim jika drone produksinya memiliki teknologi anti-interferensi sinyal hingga 4 kilometer. Dimana teknologi tersebut membuat drone bisa terbang tanpa halangan sinyal. Kecuali terhalang tebing, tembok tinggi, kaca tebal, dan melebihi jangkauan transmitter.

Baca juga: 10+ Drone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Beberapa Rekomendasi Drone Autel

Setelah mengetahui tentang apa itu drone Autel, ada baiknya Anda untuk mengetahui beberapa rekomendasi seri drone Autel yang cukup banyak diminati di pasaran berikut ini:

1. Autel EVO Nano

Drone Autel pertama yakni EVO Nano, kamera yang dimiliki drone ini memiliki resolusi 48MP untuk seri Mini dan 50MP untuk seri Nano+. Drone ini dilengkapi dengan sensor  unggulan dan fiturnya, contohnya adalah filter RYYB yang membuat kualitas gambar tetap bagus walaupun pada kondisi minim cahaya. Untuk meredam getaran, terdapat three-axis mechanical gimbal dan fitur PDAF+CDAF Autofocus System membuat penerbangan semakin stabil.

2. Autel EVO Lite

Sama halnya dengan seri EVO Nano, seri EVO Lite terdiri dari dua varian yakni standar dan versi Lite+. Untuk varian standar, memiliki sensor CMOS berukuran 1/1.28 inci dan resolusi kamera 50MP serta mampu merekam video hingga 4K HDR. Sementara di varian Lite+ sensornya memiliki ukuran CMOS 1-inci dengan resolusi foto 20MP dan video 6K 30fps. Di samping itu juga ada 4-axis gimbal camera dan algoritma Autel Smart Moonlight untuk kualitas foto dan video lebih baik saat malam hari.

Baca juga: 5 Drone dengan Daya Baterai Terlama

3. Autel EVO II Pro

Selanjutnya adalah Autel EVO II Pro  yang dilengkapi dengan kamera video ultra-HD. Berkat sensor 1 inchi mampu menghasilkan 60K dan resolusi foto 20MP. Tingkat aperturenya mulai dari f/2.8-f/11, sehingga cocok untuk pemetaan dan sinematografi. Fitur lainnya adalah Dynamic Track 2.0 dan baterainya memiliki kapasitas besar 7100 mAh untuk penerbangan selama 40 menit.

4. Autel EVO II Dual 640T

Autel juga memproduksi drone yang khusus untuk pemetaan. Salah satunya adalah Autel EVO II Dual 640T. Drone ini dilengkapi dengan sensor thermal yang mampu menghasilkan resolusi 640×[email protected] fps. Di sisi lain dilengkapi dengan lensa 13mm dan 16 kali pembesaran objek. Untuk video mampu hingga resolusi 8K dan 48MP untuk resolusi kameranya. Lalu, ada pula 19 fitur sensor, termasuk 12 sensor visual dalam pemetaan.

Baca juga: Cari Drone Tahan Air Terbaik, Ini 7 Rekomendasinya!

5. Autel EVO II Enterprise

Autel EVO II Enterprise hadir dengan sektor kamera unggulan dan desain ergonomis. Sensornya memiliki ukuran 1 inci CMOS dengan resolusi kamera 20MP dan 3x Optical serta 16 kali pembesaran. Sedangkan pada tingkat aperturenya berada di rentang f2.8 hingga f11. Fitur lainnya adalah ADS-B Receiver dan sensor untuk menghindari rintangan yakni 360°Obstacle Avoidance.

6. Autel EVO II RTK Series

Seri EVO II RTK merupakan drone Autel yang terintegrasi dengan modul RTK. Dengan begitu, dapat melihat level ketinggian penerbangan dan menyimpan data observasi dengan akurat di berbagai kondisi. Dengan kamera 8K menghasilkan foto dan video tajam. Lalu, ada pula fitur sensor Omnidirectional Obstacle Avoidance 720° yang membuat penerbangan menjadi lebih aman dan nyaman.

7. Autel Dragonfish Series

Terakhir adalah Autel Dragonfish Series. Drone seri ini merupakan drone flagship dari Autel. Keunggulan dari drone ini adalah ketahanan baterainya hingga 180 menit dan desainnya yang kokoh. Teknologi yang digunakan sangat canggih dan memiliki tiga varian yakni Pro, Standard, dan Lite. Berkat teknologi dan fitur canggihnya, tak heran jika drone ini memiliki harga yang fantastis.

Baca juga: Perbandingan Drone Ergonomis: DJI Mini 3 Pro vs Autel Evo Nano+

Penutup

Itu dia Sobat Doran sekilas tentang apa itu drone Autel. Bisa dibilang dari ulasan di atas, keberadaan drone ini menjadi pesaing ketat drone DJI untuk pangsa pasar drone di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari beberapa seri yang memang memiliki persamaan sepesifikasi dan perbedaan yang cukup mencolok. Misalnya saja perbandingan mengenai DJI Mini 3 Pro dengan Autel Evo Nano+ di sektor drone ergonomis.

Namun, kembali lagi dalam memilih drone tersebut pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Selain itu, agar lebih aman belilah drone di tempat terpercaya seperti Doran Gadget yang menyediakan drone terbaik dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan jangan lupa follow akun Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp