affiliate marketing

Doran Gadget – Saat ini nama Affiliate Marketing bukanlah sesuatu yang asing lagi. Ada banyak usaha, perusahaan, hingga e-commerce yang melakukan affiliate marketing. Sebenarnya apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara kerjanya? Mari simak ulasan lengkap mengenai bisnis affiliate marketing di bawah ini! 

Apa Itu Affiliate Marketing?

sc: newbreedrevenue.com

Affiliate marketing adalah model bisnis di mana marketer mempromosikan produk atau layanan orang lain dan menerima komisi atas penjualan yang dihasilkan. Afiliator melakukan promosi dengan membagikan link referral, membuat ulasan produk, atau konten terkait. Ketika seseorang mengklik link atau memasukkan kode afiliasi, afiliator menerima komisi. Ini memberikan keuntungan ganda, memperluas jangkauan perusahaan dan memberikan penghasilan tambahan kepada afiliator.

Beda Affiliate dan Reseller

Untuk menghasilkan uang tambahan dengan merekomendasikan produk bisnis, Anda mungkin telah mendengar tentang affiliate marketing dan reseller. Meskipun serupa, keduanya berbeda dalam mekanisme. Reseller menjual produk dengan merek mereka sendiri tanpa harus khawatir tentang kualitas produk, sementara affiliate menarik pelanggan untuk membeli produk sebuah brand dengan imbalan komisi.

Perbedaan utama antara keduanya adalah:

  • Dalam affiliate marketing, marketer menjual produk tanpa harus membeli produk itu sendiri. Mereka menerima komisi sekitar 20% hingga 40% dari penjualan.
  • Reseller, sebaliknya, harus membeli produk terlebih dahulu dan kemudian menjualnya kembali. Komisi reseller lebih bervariasi, biasanya antara 30% hingga 80%.

Jadi, meskipun serupa dalam menjual produk orang lain, affiliate fokus pada promosi dan komisi, sementara reseller tanggung jawab atas penjualan dan pengiriman produk.

Baca juga: Intip Penghasilanmu Lewat Kalkulator TikTok, Ini Caranya! 

affiliate marketing
sc: Freepik

Keuntungan Menggunakan Affiliate Marketing 

Affiliate marketing muncul pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1994 dan telah berkembang pesat sejak itu. Di AS, pengeluaran untuk pemasaran afiliasi telah mencapai 10,1% per tahun dan telah diterapkan oleh penjual produk dan jasa skala kecil.

Keunggulan dari affiliate marketing adalah sebagai berikut:

  • Mendatangkan penjualan yang stabil: Pemasaran afiliasi memberikan konsistensi dalam penggunaan produk oleh pelanggan, menjaga bisnis tetap stabil.
  • Risiko yang rendah: Affiliate marketing adalah strategi dengan risiko rendah bagi pemilik bisnis baru, mengurangi risiko dalam membangun strategi pemasaran yang belum teruji.
  • Mengurangi biaya marketing: Metode ini cocok untuk bisnis yang baru terbentuk karena biaya pemasaran rendah, memungkinkan produk dikenal oleh masyarakat dengan memotong komisi atau memberikan sampel.

Meskipun bisnis yang sudah mapan mungkin masih memanfaatkan affiliate marketing, fokusnya pada stabilitas bukan peningkatan penjualan.

Cara Menjadi Afiliate Marketer

Untuk menjadi seorang affiliate marketer, Anda perlu mencari perusahaan atau individu yang menawarkan program affiliate marketing. Setelah itu, Anda akan mempromosikan produk atau layanan mereka dengan menggunakan link atau banner khusus yang disediakan. Anda akan menerima komisi atau biaya referral setiap kali ada pembelian yang dilakukan melalui promosi Anda.

Afiliator harus melakukan riset sebelum sepakat untuk bekerja sama dengan merchant agar hasil yang diperoleh adil. Merchant, di sisi lain, adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang dipromosikan. Mereka membayar komisi kepada afiliator sebagai imbalan atas penjualan yang dihasilkan.

Merchant dapat menawarkan berbagai opsi komisi, seperti bonus, kupon, atau produk gratis, untuk menarik lebih banyak afiliator. Jadi, menjadi afiliator melibatkan promosi produk atau layanan dan menerima komisi sebagai imbalan atas penjualan yang Anda bantu lakukan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Nearby Share Windows dan Cara Menggunakannya!

affiliate marketing
sc: smartpassiveincome.com

Program Affiliate Marketing Indonesia

Sejauh ini, beberapa e-commerce besar memiliki program afiliasi ini. Nah berikut beberapa program affiliate marketing yang bisa Anda ikuti. 

1. Shopee 

Jadi salah satu e-commerce terbesar, program affiliate Shopee memang telah ada sejak lama dan digunakan oleh banyak orang. Anda bahkan bisa melakukan program affiliate untuk produk JETE yang ada di Shopee. Dalam program afiliasi Shopee, afiliator dipersilahkan untuk mengiklankan produk-produk dari Shopee kepada audiens mereka, terutama dengan menggunakan tautan khusus.

2. Traveloka 

Traveloka adalah platform pemesanan online yang menawarkan berbagai layanan, termasuk tiket pesawat, akomodasi hotel, dan paket perjalanan. Menariknya, Traveloka juga memperkenalkan program afiliasi yang memungkinkan afiliator untuk mengiklankan layanan Traveloka dan menerima komisi setiap kali ada yang melakukan transaksi melalui tautan afiliasi yang mereka bagikan.

3. Bukalapak

Bukalapak telah meluncurkan program pemasaran afiliasi untuk meningkatkan penjualan produk-produknya. Afiliator memiliki opsi untuk memilih kategori produk yang ingin mereka promosikan, dan mereka akan menerima komisi sekitar 2-5% dari penjualan. Program ini sering digunakan oleh penjual barang bekas atau yang menjual produk grosir dalam platform Bukalapak.

4. Niagahoster

Salah satu program afiliasi paling menguntungkan di Indonesia adalah Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster. Mereka menawarkan program pemasaran afiliasi dengan komisi sebesar 70%. Komisi ini adalah jumlah yang signifikan, terutama mengingat harga paket Shared Hosting yang dapat mencapai angka yang tinggi.

5. Access Trade

Accesstrade adalah platform yang belum banyak dikenal di Indonesia, jadi bagi Anda yang ingin mencoba affiliate marketing, kesempatan masih terbuka lebar. Mereka memiliki banyak brand dan produk yang bisa diiklankan oleh afiliator, dan Anda dapat mendapatkan komisi melalui empat cara: jika ada yang membeli (CPS), mendaftar atau mengunjungi website (CPL), mengklik (CPC), atau menginstal aplikasi (CPI). Banyak brand aplikasi, seperti game dan e-commerce, menggunakan program ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fungsi NFC dan Cara Menggunakannya! 

Penutup 

Itulah seputar program Affiliate Marketing yang wajib Anda ketahui. Gunakan perangkat konten kreator dari JETE, Logitech, DJI, dan lainnya untuk membuat konten Anda semakin oke dan berhasil menarik banyak orang untuk membeli produk melalui link affiliate Anda. Dapatkan semua produk tersebut hanya di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>