Doran Gadget – Anda pasti pernah mendengar yang namanya VoLTE, istilah satu ini juga sering muncul pada pilihan jaringan smartphone yang sudah bisa menggunakan 4G LTE. Namun sebenarnya apakah itu VoLTE? Pada dasarnya VoLTE adalah istilah atau fitur yang digunakan oleh berbagai operator melalui jaringan 4G. Untuk lebih jelasnya, mari simak seputar VoLTE di bawah ini! 

Apa Itu VoLTE?

Bagi Anda yang belum tahu, Voice over LTE atau VoLTE adalah teknologi transmisi data berbasi IP yang memberikan layanan panggilan dan data melalui jaringan 4G. Karena itu tak heran jika istilah ini muncul saat jaringan 4G mulai digunakan di Indonesia. 

Menggunakan jaringan 4G LTE ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan kualitas panggilan suara maupun video dengan lebih stabil, resolusi HD, menonton streaming tanpa putus, dan bermain game secara lancar. 

Tidak semua smartphone mendukung jaringan VoLTE, jika ada tulisan VoLTE muncul pada samping sinyal Anda maka perangkat Anda mendukung jaringan satu ini. Namun jika tidak maka ponsel Anda masih belum mendukung jaringan satu ini. 

Meskipun begitu, saat ini sudah banyak ponsel yang available untuk sinyal 5G. Jika ponsel Anda bisa menggunakan jaringan 5G, maka sudah pasti perangkat tersebut juga available untuk menggunakan VoLTE. 

Baca juga: 10 Rekomendasi HP RAM 4G, Harga Mulai 1 Jutaan!

Perjalanan VoLTE di Indonesia

Operator seluler pertama di Indonesia yang mengadaptasi fitu VoLTE adalah dari brand CDMA Smartfren pada tahun 2016 lalu. Setelah itu berbagai operator lain di Indonesia juga mengadopsi teknologi tersebut pada tahun 2020. 

Syarat untuk menggunakan VoLTE juga berbeda-beda tergantung jenis operator yang digunakan. Contohnya saja pada Telkomsel yang mengharuskan penggunanya untuk mengganti SIM card ke SIM 4G untuk bisa menggunakan layanan ini. Di lain sisi, fitur VoLTE pada Indosat Ooredoo hanya bisa dinikmati jika perangkat smartphone yang digunakna mendukung jaringan 4G LTE.

Baca juga: Banyak yang Lupa, Ini Perbedaan Sinyal 4G dan 5G yang Harus Anda Ketahui

Cara Mengaktifkan VoLTE 

Tergantung dari jenis dan merk ponsel yang Anda gunakan. Namun rata-rata untuk mengaktikan VoLTE pada ponsel, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pastikan SIM Card Anda sudah bisa menggunakan sinyal 4G dan VoLTE. Beberapa operator mengharuskan untuk mengaktifkan VoLTE dan 4G melalui kartu SIM
  • Setelah itu buka pengaturan dan pergi ke jaringan seluler
  • Pilih opsi Data Seluler dan pilih pengaturan jaringan SIM 1 atau SIM 2 yang ingin digunakan
  • Jika perangkat mendukung sinyal VoLTE, maka Anda bisa pilih opsi VoLTE untuk mengaktifkannya 

Baca juga:  10 HP November 2022

Penutup 

Xiaomi Mi 11T Pro

Itulah pengertian VoLTE, manfaat, dan cara menggunakannya yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mengganti smartphone yang available dengan sinyal 4G LTE hingga 5G, kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Mulai dari iPhone, Samsung, hingga Xiaomi bisa Anda pilih di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Tags: Volte

Artikel terkait:

× WhatsApp