Review HP Lipat Vivo X Fold3 Pro

Doran GadgetVivo kembali meluncurkan produk terbarunya di pertengahan tahun ini. Beda dari sebelumnya, kali ini brand asal Tiongkok tersebut meluncurkan seri HP lipat Vivo X Fold3 Pro. Seperti apa spesifikasi, fitur, hingga harganya? Simak review Vivo X Fold3 Pro yang sudah dirangkum tim Doran Gadget.

Spesifikasi Vivo X Fold3 Pro

Spesifikasi Vivo X Fold3 Pro bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Dimensi Dilipat: 159.96 mm × 72.55 mm × 11.20 mm
Tidak dilipat: 159.96 mm × 142.40 mm × 5.20 mm
Bobot 236 gram
Material Glass fiber
Tipe Layar AMOLED
Ukuran Layar Utama: 8.03 inci
Depan: 6.53 inci
Resolusi Layar Utama: 2480 × 2200
Depan: 2748 × 1172
Kamera Depan 32MP
Kamera Belakang 50 MP + 50 MP + 64 MP
Chipset Snapdragon 8 Gen 3
Sistem Operasi Funtouch OS 14
Versi Android Android 14
IP Rating IPX8
Kapasitas Penyimpanan 16 GB + 512 GB
Baterai 5700 mAh
Warna Solar White, Eclipse Black

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Vivo dengan Kamera Terbaik

Fitur Unggulan yang Dimiliki

Selain spesifikasi utama, ada berbagai fitur unggulan yang menjadi daya tariknya. Mulai dari segi desain, layar, kamera, hingga pendukung lainnya yang membuat performanya semakin gahar. Berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

review vivo x fold3 pro
sc: Business Standard

Vivo mengusung desain yang mewah dan tangguh untuk HP terbarunya ini. Engselnya dirancang lebih ringan, bahkan mampu digunakan buka-tutup sampai dengan 500.000 kali. Dengan engsel ringan, menjadikan smartphone hanya memiliki ketebalan 11.2mm dalam posisi dilipat dan 5.2mm ketika dibuka. Bobotnya pun hanya sekitar 236 gram saja.

Bagian panel belakangnya memiliki ketahanan banting yang unggul berkat dukungan teknologi dari Armor Architecure. Begitu pun layarnya terlindungi Armor Glass agar lebih aman dari goresan.

Dimana layarnya sudah menggunakan AMOLED TPO 6.53 inci dan beresolusi FHD+ serta refresh rate 120Hz dengan tingkat kecerahan tertinggi 4.500 nits. Sedangkan layar utama saat dibuka memiliki ukuran 8.03 inci dan panelnya menggunakan E7 LTPO AMOLED.

Baca juga: Perbedaan Vivo Y36 vs Vivo Y36 5G, Apa Saja?

2. Kamera Lensa Terbaik

review vivo x fold3 pro (2)
sc: Vivo

Beralih ke sektor kamera, rupanya Vivo juga memberikan kenyamanan dan hasil terbaik bagi penggunanya. Hal itu terlihat dari tiga buah kamera belakang dengan lapisan lens coating ZEISS T*. Untuk kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 50MP dengan sensor OmniVision OV50H OIS.

Lalu, kamera ultrawide-nya beresolusi 50MP dan sensornya menggunakan Samsung JN1 yang menghasilkan bidang pandang hingga 119°. Tak ketinggalan pula kamera periskop dengan resolusi 64MP dengan sensor OmniVision OV64B dan memiliki optical zoom sampai dengan 3x.

Bagian depannya terdapat dua kamera dengan masing-masing resolusi 32MP. Selain itu kamera depan ini juga ditempatkan pada cover screen dan layar utama. Kerennya lagi, Vivo juga menyematkan fitur Vivo Professional Imaging untuk pemrosesan gambar yang lebih baik. Dimana teknologi ini dikembangkan sendiri oleh Vivo.

3. Ketahanan Baterai

review vivo x fold3 pro (3)
sc: Vivo

Dari segi baterai, Vivo X Fold3 Pro menggunakan teknologi Equivalent 5700 mAh BlueVolt Battery. Ukuran baterai ini memang super tipis dengan ukuran super besar. Sehingga menghasilkan pengisian daya yang lebih cepat pula.

Baterai ini juga mengadopsi teknologi semi-solid dengan tambahan elektrolit padat pada elektronik cair yang membentuk jaringan ion. Seperti dilansir dari laman resminya, Vivo mengklaim jika baterai ini mampu bertahan di suhu rendah (kondisi Antartika) sekalipun.

Pengisian dayanya semakin nyaman dengan mode wireless charging. Selain itu, dapat diandalkan dalam berbagai kondisi. Sebab dukungan FlashCharge 100W membuat pengisian dayanya tidak memerlukan waktu yang begitu lama.

Baca juga: Review, Spesifikasi dan Harga vivo V30 dan V30 Pro

4. Performa dan Fitur Pendukung

review vivo x fold3 pro (4)
sc: DetikInet

Bagaimana soal performa smartphone lipat ini? Bisa dibilang Vivo X Fold3 Pro merupakan HP lipat pertama di tanah air yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Tak hanya itu saja chipset tangguh dari Snapdragon tersebut juga disokong dengan memori internal berkapasitas 512GB dan RAM 16GB.

Koneksinya sudah mendukung 5G dan menggunakan WiFi7 serta koneksi Bluetooth 5.4. Termasuk dukungan NFC dan perlindungan air IPX8. Lalu, ada sensor fingerprint pada bagian cover screen. Sistem operasinya menggunakan Funtouch OS14.

Ada pula dukungan kecerdasan buatan untuk mendukung kinerja sehari-hari. Seperti AI Note Assist untuk pengorganisasian dan pengolahan catatan yang mudah, AI Transcript Assist yang dapat menuliskan teks tanpa harus mengetik dan cukup menggunakan pesan suara aja, dan AI Global Translation untuk menerjemahkan lebih cepat.

5. Harga Vivo X Fold3 Pro

review vivo x fold3 pro (5)
sc: DetikInet

Terakhir adalah mengenai harga Vivo X Fold3 Pro. Melansir dari laman DetikInet disebutkan bahwa untuk smartphone lipat ini yang tersedia di Indonesia adalah varian 16/512GB. Dimana harga yang dipasarkan mulai sekitar Rp26.9 jutaan dan bisa dipesan mulai tanggal 12-20 Juni 2024.

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu di tingkat distributor resminya. Baik untuk penjualan langsung maupun secara online. Oleh karena itu, pastikan Anda up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya.

Baca juga: Vivo V29e 5G: Review, Spesifikasi, Harga dan Bedanya dengan Vivo V29 5G!

Penutup

review vivo x fold3 pro (1)
sc: Vopmart

Nah, itu dia Sobat Doran review HP terbaru Vivo X Fold3 Pro yang hadir di Indonesia. Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, bukan tidak mungkin jika smartphone ini masuk dalam jajaran HP lipat terbaik di tahun ini bisa jadi pertimbangan Anda untuk membelinya.

Agar lebih nyaman dalam menggunakan smartphone di berbagai aktivitas, Anda dapat melengkapinya dengan berbagai aksesoris gadget terbaik yang tersedia di Doran Gadget. Kami menjual produk-produk unggulan dari berbagai brand seperti JETE dan lainnya dengan jaminan barang original dan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik untuk pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>