Doran Gadget – Realme dan Xiaomi menjadi brand smartphone populer yang juga menjual smart TV. Kebutuhan masyarakat akan smart TV khususnya di Indonesia semakin meningkat mengingat saluran TV analog telah dihapuskan sepenuhnya. Karena itulah tak heran Realme TV vs Mi TV menjadi salah satu yang populer di pasaran. 

Perbandingan Realme TV 43″ vs Mi TV A2 43

Banyak orang yang membandingkan kedua brand ini, melihat harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Namun bagaimana dengan spesifikasi yang diberikan? Karena itulah, mari simak perbandingan spesifikasi Realme TV vs Mi TV secara lengkap di bawah ini! 

Dilansir dari official situs Xiaomi dan Realme, berikut ini spesifikasi lengkap dari smart TV mereka. 

Spesifikasi  Realme Smart TV 43 Inch Mi TV A2
Layar 43 inci, 1920 x 1080 pixels, LED, 4K, HDR10, Dolby Atmos,

Dolby Vision, Built-in Voice Assistant
43 inci, 3840 × 2160 piksel, UHD 4K, 60 Hz, Dolby Vision®, HDR10, HLG
Prosesor ARM Cortex A53 Quad-core CPU, Mali-470 MP3 GPU, 1GB + 8GB  Quad A55, Mali G52 MP2, 2 GB/16 GB
Audio 24W, 4 unit speaker, Dolby Audio,  2 × 12 W, Dolby Audio™, DTS-HD®
Sistem  Android TV, Built-in App, OTA upgrade, Google Assistant, Chromecast, All-in-one
Smart Remote, Google Play store 
Android TV™ 10, Built-In App, Google Play, Google Assistant, Miracast, Chromecast, smart home, Remote control Bluetooth 360°
Konektivitas Bluetooth 5.0, WiFi 2.4G, HDMI 3, AV 1, Tuner 1, USB 2, LAN 1,  Bluetooth 5.0, Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz, HDMI 3, USB 2.0 × 2, AV 1, LAN 1, Jack 3,5 mm, Slot CI
Daya 74W, 90V-240V, 50Hz 95 W, 100-240 V ~ 50/60 Hz

Baca juga: 7 Rekomendasi Smart TV 32 inch Terbaik untuk Nonton Siaran Digital

1. Layar

Smart TV dari Realme menggunakan Bezel-less Ultra Bright LED Display yang sudah didukung dengan Chroma Boost Picture Engine untuk hasil yang lebih jernih. Tingkat kecerahan hingga 400 nits membuat layar terlihat jelas meskipun berada di tempat yang terang. Chipset yang digunakan sudah mendukung HDR10 format HLG untuk saturasi dan rentang dinamis yang lebih baik. 

Sedangkan untuk Xiaomi TV A2 menggunakan layar ultra HD 4K premium dengan MEMC. dengan resolusi 3840 x 2160 mampu menampilkan gambar yang luar biasa dengan detail menyeluruh. Ditambah sudah memiliki teknologi Dolby Vision utuk kecerahan dan kontras yang tinggi sesuai standar industri film. 

Teknologi MEMC yang digunakna pada Xiaomi membuat gambar bergerak denngan kecepatan tinggi tampak lebih mulus di frekuensi 60HZ sehingga mampu menghadirkan detail lebih mulus saat menonton acara olahraga, film laga, hingga game balap. 

2. Audio

Realme TV sudah dibekali dengan 24W Quad Streo Speakers dengan Dolby Audio untuk suara menggelegar untuk pengalaman menonton film yang lebih epik. Terdapat dua pasang speaker simetris yang masing-masing dilengkapi dengan satu speaker serbaguna dan satu frekuensi. The silk dome tweeternya dapat menjangkau rentang frekuensi tinggi. 

Kemudian full range unitnya dilengkapi dengan desain speaker dinamis untuk rentang bass dan vokal yang lebih jelas. Ada fitur kontrol suara dan rentang dinamis yang memungkinkan Anda untuk mendengar lebih jelas suara percakapan dan efek suara yang luar biasa. 

Hampir sama dengan Realme, Xiaomi TV menggunakan 2x Speaker 12W Stereo dengan output yang menggelegar. Belum lagi adanya teknologi Codec Dolby Audio™ + DTS-HD® untuk efek suara film yang lebih jernih dan mendetail dan menghadirkan pengalaman sinematik di rumah.

Baca juga: Lebih Bagus Smart TV atau Android TV? Ini Panduan Memilihnya!

3. Sistem & Fitur

Keduanya sudah merupakan Android TV dengan built in App sehingga memungkinkan Adna untuk menikmati hiburan melalui berbagai platform seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney Hotstar, YouTube dan masih banyak lagi. 

Xiaomi mengklaim pengguna bisa mengakses lebih dari 400.000 film dan acara TV dan mengunduh lebih dari 5000 aplikasi dari suatu tempat seperti Google Play Store. Google Assistant juga disematkan untuk melakukan lebih banyak hal di TV dengan lebih mudah menggunakan suara Anda. 

Xiaomi juga menyediakan remote control Bluetooth 360° dan Chromecast built in sekaligus Miracast yang memungkinkan Anda untuk menonton apa yang sedang ditonton di ponsel bisa terlihat di layar TV untuk pengalaman visual yang lebih lebar. 

Kemudian untuk prosesornya, Mi TV menggunakan CPU Quad-core A55 dengan GPU Mali G52 yang sudah didukung dengan RAM 2GB + ROM 16GB sehingga mampu memberikan ruang yang besar untuk aplikasi favorit dan pengalaman menonton yang lebih mengagumkan. 

Sedangkan untuk Realme, pihaknya mengklaim pengguna dapat menonton hingga 100.000 jam film, acara TV, dan lainnya yang bisa Anda nikmati melalui berbagai aplikasi seperti YouTube, Netflix, hingga LiveTV. Unduh hingga 5000+ aplikasi melalui PlayStore untuk gaya hidup yang lebih pintar. 

Realme juga telah menyematkan fitur Google Assistant pada remote untuk mempermudah penggunaan dan telah terdapat Chromecast built in untuk kemudahan bermain game, menonton video, dan lainnya menggunakan aplikasi Google Home.

Realme smart TV juga hadir dengan All-in-One Smart Remote yang lebih ramping dan ringan sehingga mudah digunakan. Untuk prosesornya, Realme menggunakan ARM Cortex A53 Quad-core CPU, Mali-470 MP3 GPU, dengan RAM 1GB + ROM 8GB.

4. Koneksi 

Berbicara mengenai koneksi, tidak terlalu banyak perbedaan di antara keduanya. Xiaomi menggunakan WiFi dual band 2,4/5GHz dan beberapa port yang bisa digunakan untuk menyambungkan device lain ke dalam TV. 

Xiaomi sudah menggunakan Bluetooth 5.0 untuk penghubungan speaker eksternal dengan lebih mudah. Sudah dilengkapi juga dengan slot kabel jack 3,5 mm. Realme juga menggunakan berbagai slot tersedia dan juga menggunakan koneksi WiFi 2.4G dan Bluetooth 5.0 untuk koneksi yang lebih stabil.

Baca juga: Harga Xiaomi TV P1E: Smart TV 65 Inchi Ramah di Kantong

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbandingan Realme TV vs Mi TV. Setelah mengetahuinya, mana yang cocok untuk Anda? Bila Anda ingin membeli Smart TV Xiaomi, kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Tags:

Artikel terkait:

>