Doran Gadget – Ada sebuah produk unggulan dari Xiaomi yang bernama Xiaomi USB Driver. Seperti namanya, USB driver ini memang digunakan untuk transfer data dari ponsel ke PC atau sebaliknya. Dilansir dari toraccino.id, USB driver dari Xiaomi ini tidak seperti kabel data pada umumnya yang langsung terhubung dengan PC.

Apa Itu Xiaomi USB Driver

Xiaomi USB driver adalah sebuah software yang akan menyambungkan smartphone Xiaomi Anda ke PC atau Laptop secara mudah. Hal ini sangat berguna bagi beberapa perangkat yang tidak bisa terdeteksi di PC dengan menggunakan kabel USB. 

Ada banyak kegunaan dari USB driver satu ini, mulai dari membantu proses pemindahan data dari ponsel ke komputer, membackup dan mencadangkan data hingga membantu proses flashing berbagai perangkat yang mengalami error. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus menginstal softwarenya terlebih dahulu. 

Baca juga: 3 Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi dengan Mudah

Perbedaan USB Driver Biasa dan Xiaomi USB Driver

Perbedaan mencolok yang terjadi adalah USB driver biasa bersifat universal dan hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer data dari mode MTP saja. Sedangkan bila Anda pengguna Xiaomi dan menggunakan USB driver ini maka Anda  bisa melakukan flash, unlockbootleader, hingga maintenance menggunakan tools produktivitas. 

Keunggulan Xiaomi USB Driver

1. Koneksi Otomatis 

Keunggulan pertamanya adalah USB driver ini bisa terhubung secara otomatis dengan perangkat untuk bisa melakukan transfer data. Komputer yang digunakan akan mendeteksi secara otomatis sehingga Anda bisa langsung mengirim file antar kedua perangkat. 

Bahkan kabarnya USB driver ini memiliki cara kerja yang mirip dengan sebuah flashdisk, dimana Anda bisa mengirim data dalam jumlah yang besar secara cepat. 

2. Ada Banyak ROM Cadangan

Ada banyak pilihan ROM cadangan yang sangat berguna bagi Anda yang membutuhkan memori yang lebih besar untuk menyimpan data. ROM ini juga bersifat aman dan tidak melewati proses kostumisasi dan secara gratis diberikan oleh Xiaomi agar dapat disimpan di komputer Anda. 

3. Custom ROM 

Dengan menguhubungkan USB driver Xiaomi ke perangkat, maka Anda bisa melakukan custom ROM pada smartphone Anda. Namun pastikan terlebih dahulu apakah tipe perangkat Anda kompatibel untuk melakukan custom ROM ini, karena custom ROM tidak bisa dilakukan diseluruh smartphone

4. Melakukan Flash 

Anda bisa melakukan flash secara otomatis. Bisanya flash pada smartphone ini dilakukan jika terjadi error atau lag. USB driver ini disebut juga mampu menghidupkan handphone yang tidak bisa menyala dengan melakukan flash pada perangkat tersebut. 

Baca juga: 10+ Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2022, Mulai 1 Jutaan!

Solusi Ketika Gagal Menggunakan Xiaomi USB Driver 

Untuk bisa menggunakan software satu ini memang Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu ke komputer, namun jika tidak berhasil, cobalah beberapa cara berikut ini. 

  • Pastikan USB Debugging yang ada di dalam Developer Options telah aktif
  • Pastikan aplikasi USB Driver Installer berjalan menggunakan ‘Run as administrator’ 
  • Selalu periksa kembali file USB Driver yang Anda unduh, pastikan file tidak rusak atau corrupt

Beli Smartphone dan Aksesoris Xiaomi Original di Doran Gadget

Xiaomi Mi 11T Pro

Agar tidak perlu repot-repot harus menginstal USB driver, pastikan untuk selalu membeli smartphone dan aksesoris Xiaomi original. Dapatkan smartphone dan aksesoris Xiaomi original hanya di Doran Gadget. Anda bisa membelinya di outlet resmi kami atau hubungi call center kami di nomor 087834601568 untuk informasi lebih lanjut.

Artikel terkait:

×