Doran Gadget Selain merilis pembaruan sistem operasi iOS 17 dan watchOS 10, Apple juga mengenalkan pembaruan sistem operasi untuk komputer Mac yakni MacOS Sonoma. Sistem ini adalah penerus dari MacOS Ventura yang sudah digunakan.

Fitur MacOS Sonoma dikenalkan pada gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 lalu. Apa saja yang baru dan menarik di fitur sistem operasi ini? Simak ulasan selengkapnya hingga tuntas, Sobat Doran.

Fitur MacOS Sonoma Terbaru

Kehadiran MacOS Sonoma versi terbaru ini adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. Bakan, di sini terdapat beberapa fitur unggulan yang mampu meningkatkan pengalaman para pengguna komputer Mac. Berikut fitur MacOS Sonoma terbaru:

1. Bisa untuk Panggilan Video

fitur MACOS SONOMA (2)
sc: Apple

Panggilan video di MacOS Sonoma mendapatkan pembaruan terutama di fitur Presenter Overlay. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa menampilkan sosok dirinya seolah berada di depan apa yang dipresentasikan layaknya news anchor. Di sini juga terdapat opsi untuk screen sharing ketika panggilan video di layar yang menggunakan mode full screen maupun split screen.

Baca juga: Fitur Baru iPadOS 17: Apa yang Baru dan Previewnya!

2. Memunculkan Widget iPhone di Mac

Fitur MacOS Sonoma terbaru juga memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan widget pada interface di komputer Mac. Termasuk menggunakan ‘Continuity’, dimana fitur tersebut bisa mengimpor widget iPhone ke laptop. Lalu, pada mode Stage Manager, widget ini bisa berubah otomatis transparan. Pengguna pun lebih fokus ke windows yang sedang dibuka.

3. Fitur MacOS Sonoma Terbaru – Mode Game

fitur MACOS SONOMA (1)
sc: Apple

Apple rupanya juga memanjakan para gamer yang menggunakan komputer Mac. Salah satunya adalah dengan Game Mode. Ini akan membuat performa Mac lebih optimal dengan cara mengalokasikan daya dari CPU dan GPU secara optimal saat game dimainkan. Jika menggunakan kontroler PS dan Xbox, responnya lebih cepat dan menggunakan Bluetooth yang lebih kencang.

Baca juga: Apple Kenalkan watchOS 10: Fitur Terbaru dan Tanggal Rilis

4. Mendukung Privat Browsing untuk Safari

Peningkatan kenyamanan dan keamanan brwosing internet lebih ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya mode ‘Private Browsing’ di Safari. Pengguna juga dapat mengunci halaman dengan mode pemindaian wajah, menghapus pelacakan URL, hingga memblokir pelacakan dengan mudah.

5. Screensaver yang Dapat Slow Motion

fitur MACOS SONOMA (3)
sc: Apple

Tampilan screensaver di MacOS Sonoma lebih memanjakan mata para penggunanya. Dalam versi terbaru ini akan ada lebih banyak pemandangan menarik yang bertema bentang alam dari seluruh belahan dunia. Screensaver ini juga bisa slow motion dan akan muncul pada latar belakang desktop ketika pengguna login.

Baca juga: iOS 17: Fitur Baru, Tanggal Rilis, dan Perangkat yang Support

6. Akurasi pada Autocorrect Lebih Tinggi

Mengetik dokumen dan menacri kata kunci saat browsing jadi lebih mudah dan mencegah typo dengan adanya fitur autocorrect yang ditingkatkan. Hal itu membuat tingkat akurasi pengoreksian menjadi lebih tinggi. Pengguna pun lebih tahu apa saja kata yang sudah diubah. Apabila ingin beralih kata aslinya dan membatalkan autocorrect, bisa hanya dengan satu klik saja.

7. Dukungan AutoFill untuk PDF

fitur MACOS SONOMA
sc: Apple

Selama ini, sebagian pengguna mungkin kesulitan untuk mengisi formulir dengan format PDF. Hal tersebut kini bisa diatasi dengan adanya fitur AutoFill di MacOS Sonoma terbaru ini. Di sini, pengguna dapat melakukan pengisian formulir dalam bentuk PDF otomatis dan lebih mudah. Fitur ini pun akan menggunakan informasi dari pengguna kemudian disimpan di perangkat saat melengkapi dokumen.

Baca juga: Ajang Apple WWDC 2023: iOS 17, Mixed Headset Reality, dan Lainnya!

8. Fitur MacOS Sonoma Terbaru – Personal Voice

Selain SIRI fitur yang mendukung aksesibilitas pengguna adalah Personal Voice. Dengan fitur ini, pengguna yang memiliki gangguan bicara bisa membuat suara terdengar seperti mereka. Lalu, pengguna dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur ini untuk melakukan Live Speech ketika berada di panggilan FaceTime maupun percakapan secara langsung.

9. Upgrade Asisten Virtual SIRI

fitur MACOS SONOMA (4)
sc: Apple

Pembaruan fitur MacOS Sonoma pun bisa dirasakan di asisten virtual SIRI. Saat menggunakannya, Anda pun tak perlu mengucapkan ‘Hey SIRI’ namun hanya cukup mengatakan ‘SIRI’ dan lakukan perintah suara. Fitur ini juga memiliki fitur perintah untuk back-to-back, jadi pengguna tak perlu lagi mengucapkan ‘SIRI’ ketika ingin membuat input baru di perintah suara tersebut.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Produk Apple Mahal

10. Mendengarkan Musik Lebih Asyik

Pembaruan pun terdapat pada sektor audio. Yakni dengan memungkinkan pengguna untuk mengundang teman saat menyusun playlist bersama-sama. Baik untuk mengurutkan lagu, menambahkan, hingga menghapus lagu. Pada fitur Now Playing bisa ditambahkan fitur emoji oleh pengguna untuk memberikan reaksi. Terutama di lagu pilihan teman.

11. Bisa Melihat Resep Hanya dari Foto Makanan

Bagi pengguna yang suka kuliner dan masak, kini tak perlu bingung lagi mencari resep makanan favorit. Dengan fitur Visual Look Up, pengguna bisa mencari resep makanan hanya dengan foto yang tersimpan di galeri foto. Jadi, Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengetik resep makanan yang dicari.

Baca juga: Mengapa MacBook Tidak Bisa Connect WiFi? Ini Cara Mengatasinya!

Perangkat Mac yang Mendukung

fitur MACOS SONOMA (6)
sc: NexPit

Nantinya fitur MacOS Sonoma dapat digunakan pada komputer Mac. Seperti yang dilansir dari laman Kompast Tekno dan Apple Newsroom, adapun beberapa perangkat komputer yang mendukung adalah:

  • iMac 2019 dan versi di atasnya
  • Mac Pro 2019 dan versi di atasnya
  • iMac Pro 2017 dan versi di atasnya
  • Mac Studio 2022 dan versi di atasnya
  • MacBook Air 2018 dan versi di atasnya
  • Mac mini 2018 dan versi di atasnya
  • MacBook Pro 2018 dan versi di atasnya

Baca juga: Ini Spesifikasi Mac Mini 2023, Ada Versi Reguler dan Pro!

Kapan Dirilisnya?

fitur MACOS SONOMA (5)
sc: gHaks

Mengenai tanggal diluncurkannya sistem operasi untuk komputer Mac terbaru ini, pihak Apple sudah meluncurkan versi developer yang teregistrasi di Apple Developer Program. Dimana hanya khusus bagi pengembang saja yang tersedia di developer.apple.com per 7 juni 2023.

Sementara, untuk versi Public Beta rencananya akan dirilis di bulan Juli 2023 yang dapat dilihat di situs beta.apple.com. Lalu, untuk versi final diperkirakan bakal rilis di musim gugur 2023. Hal itu sekitar bulan September, Oktober, dan kemungkinan November 2023.

Jadi, kita tunggu saja Sobat Doran untuk peluncurannya agar Anda bisa menggunakan fitur MacOS Sonoma terbaru ini!

Artikel terkait:

>