Cara Membuat Video Hyperlapse

Doran GadgetKecanggihan teknologi smartphone membuat editing foto dan video jadi semakin mudah, langsung dari genggaman Anda. Termasuk saat Anda ingin membuat video hyperlapse. Di artikel ini, Anda akan menemukan cara membuat video hyperlapse dengan smartphone atau HP.

Tahukah Anda apa itu video Hyperlapse?

Hyperlapse merupakan sebuah teknik fotografi timelapse yang memasukkan pergerakan kamera ketika mengabadikan objek. Berbeda dengan timelapse dimana kamera diam tidak bergerak, maka hyperlapse akan menunjukkan gerakan kamera saat maju atau mundur, ke kiri atau kanan, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan hyperlapse adalah menggabungkan banyak foto menjadi satu video yang utuh.

Cara Membuat Video Hyperlapse Dengan Smartphone/HP

Untuk bisa membuat hyperlapse di HP, Anda membutuhkan beberapa perangkat seperti kamera, tripod, software After Effect / Final Cut Pro yang nantinya digunakan untuk menstabilkan getaran, dan aplikasi camera FV-5 Pro.

Setelah memiliki semua yang dibutuhkan tersebut, jangan lupa untuk menentukan objek gambar dan suasana yang ingin ditangkap. Setelah itu lakukan beberapa tips di bawah ini agar pengambilan gambar hyperlapse sesuai dengan keinginan.

  • Saat mengambil framing objek Anda harus konsisten
  • Jangan lupa untuk memberikan patokan setiap kali ingin bergerak atau mengganti sudut saat mengambil gambar, hal ini akan mempermudah saat mengedit video
  • Lakukan setting pada kamera menggunakan aplikasi FV-5 dengan mengubah bagian ‘Interval’ menjadi 10 detik
  • Saat melakukan perpindahan, gunakan jarak sejauh 20 cm dan lakukan secara konsisten
  • Untuk setiap 100 foto biasanya hanya akan menghasilkan video selama 4 detik saja. Karena itu minimal Anda mengambil 100 foto dalam satu sudut tertentu

Setelah mendapatkan foto untuk hyperlapse, kini Anda bisa masuk ke tahap editing. Untuk mengeditnya, Anda bisa menggunakan software After Effect atau Final Cut Pro. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakannya dengan aplikasi edit video di smartphone seperti Kinemaster, Filmora, dan lainnya.

Hyperlapse Bukanlah Timelapse 

Meskipun banyak yang bingung tentang keduanya, namun sebenarnya hyperlapse dan timelapse merupakan dua teknik yang berbeda. Secara umum timelapse memiliki posisi kamera yang berada diam di satu posisi atau sudut dan hanya merubah arah seperti ke kiri atau ke kanan dalam mengambil video. Teknik timelapse bergerak secara perlahan dengan ditopang oleh sebuah slider. Biasanya target objeknya berupa pemandangan, awan, galaksi, kerumunan orang, bintang, dan masih banyak lagi.

Sedangkan hyperlapse merupakan teknik yang menggunakan kamera untuk bergerak tahap demi tahap. Kamera bisa diletakkan di atas tripod atau di atas kendaraan dimana objek yang digunakan bisa hanya satu objek atau banyak objek tergantung jarak kamera ke objek. Kemudian pada hyperlapse objek bisa berpindah sesuai arah kamera yang bergerak, karena itulah sudut kamera juga bisa bergerak. Nantinya kumpulan foto yang telah diambil tersebut akan diedit menjadi sebuah video yang lebih singkat.

Singkatnya, teknik hyperlapse lebih rumit daripada timelapse karena sudut kamera dan objek bisa berubah namun tanpa menggeser jarak yang jauh pada point objek utama yang sedang diabadikan.

Dapatkan Smartphone dan Tripod Terbaik di Doran Gadget 

Bagi Anda yang ingin menggunakan teknik hyperlapse ini, Anda bisa menggunakan tripod andalan dari JETE atau smartphone terbaik dari Xiaomi, Apple, dan Samsung yang bisa dibeli di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp