Doran GadgetiPhone 14 muncul dengan beberapa pembaruan, salah satunya adalah fitur Dynamic Island yang berbeda dari sebelumnya. Hal itulah yang membuat tampilannya semakin keren. Khususnya pada seri iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Tak hanya bagi pengguna iPhone saja, beberapa waktu belakangan ada banyak pembicaraan mengenai apakah cara membuat Dynamic Island di HP Android bisa dilakukan? Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak ulasannya di artikel kali ini Sobat Doran.

Apa Itu Dynamic Island

 

Apa itu Dynamic Island? Mungkin sebagian masih belum mengetahui seperti fitur yang disematkan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max ini. Pada dasarnya, Dynamic Island ini merupakan fitur untuk beraliih (toggle) di bagian atas layar. Khusus di iPhone 14 ini posisi Dynamic Island ada di belakang kamera bagian depan.

Fungsinya adalah digunakan mengalihkan fitur satu ke yang lain dengan cepat. Di sini ada beberapa fitur penting, misalnya untuk memantau lama panggilan, baterai AirPod, hingga papan skor untuk olahraga. Dynamic Island ini juga memudahkan pengguna pada saat beralih ke peta, musik, maupun mengontrol, notifikasi.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Jarang Diketahui Tapi Penting

Cara Membuat Dynamic Island di HP Android

Cara membuat Dynamic Island di HP Android dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan aplikasi Dynamic Spot. Pengaplikasiannya juga tidaklah terlalu rumit.  Berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda lakukan sebagaimana dilansir dari laman Kompas Tekno:

  1. Download aplikasi Dynamic Island di PlayStore dan install di HP Android Anda.
  2. Pilih beberapa aplikasi yang akan dimunculkan pada notifikasi layaknya Dynamic Island. Seperti WhatsApp, Spotify, YouTube Music, Maps, Gmail, dan sebagainya.
  3. Aturlah ‘Notification Access’ yang ada. Lalu, berikan izin untuk akses notifikasi dengan menggunakan aplikasi Dynamic Spot. Di sini, Anda perlu geser toggle dan arahkan ke ‘On’.
  4. Pilih Draw on Screen, saat diklik Anda akan dibawa pada pengaturan aksesbilitas. Nah, lanjutkan dengan memilih ‘Installed Apps’ > ‘Dynamic Spot’ > dan klik toggle ‘Off’ lalu ke arah ‘On’ > ‘Allow’.
  5. Nantinya, pengguna bisa melihat informasi perihal perlindungan data. Aplikasi Dymnamic Spot mengklaim jika tidak terhubung ke internet. Dengan begitu data tidak terbagikan.
  6. Proses aktivasi Dynamic Island yang terakhir menggunakan Dynamic Spot adalah dengan klik ‘Done’.
  7. Untuk mengatur tata letak ala Dynamic Island, bukalah ‘Popup Settings’ pada Dynamic Spot.

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, kini cobalah gunakan dan coba tampilan aplikasi yang sudah dipilih sebelumnya. Apakah sudah berfungsi dengan baik atau masih ada kendala.

Baca juga: Perbandingan Seri iPhone 14 – dari Reguler sampai ProMax

Penutup

Bagaimana, mudah bukan cara membuat Dynamic Island di HP Android? Kini, saatnya Anda mencobanya sendiri di smartphone Android yang dimiliki. Jangan lupa untuk mendukung kenyamanan dalam menggunakan HP Android, pilih aksesoris gadget terbaik dan terpercaya.

Mulai dari perangkat untuk audio, powerbank, dan lainnya di Doran Gadget. Dapatkan pula promo dan program menarik untuk setiap pembelian. Baik di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow juga Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp