Cara Kerja Pemantau Tidur pada Perangkat Wearable

flashdisk sandisk otg type c-jual flashdisk sandisk termurah surabaya3

Dorangadget.com Pemantau tidur menjadi salah satu fitur penting, baik Anda menggunakan fitness tracker murah atau smartwatch yang mahal sekalipun. Pemantau tidur pada perangkat tidak sekadar bagus untuk dimiliki, tetapi juga menjadi fitur yang utama.

Kemajuan teknologi saat ini telah menunjukkan tracker dapat mengidentifikasi perbedaan tahapan dari tidur. Memberikan informasi lebih berguna dan bahkan menyarankan Anda untuk meningkatkan kualitas tidur.

Meski ada peningkatan akurasi dan daya tarik, dapatkah pemantau tidur pada perangkat wearable favorit Anda memberikan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan?

Bagaimana cara kerja pemantau tidur pada wearable?

Setiap perangkat wearable menggunakan metode pemantauan tidur yang sedikit berbeda. Tetapi, sebagian besar tidak hanya memantau tidur Anda. Perangkat mengawasi yang dilakukan tubuh Anda saat Anda tidur untuk mendapatkan perkiraan terbaik tentang kapan Anda bangun, tidur nyenyak, dan ketika Anda bangun di malam hari.

Memantau Pergerakan

Cara termudah untuk mengetahui perangkat wearable untuk mengetahui waktu Anda tidur dan bangun adalah dengan memantau pergerakan. Banyak pemantau dan smartwatch memiliki sensor yang dibuat untuk mendeteksi gerakan, seperti accelerometer, yang merupakan cara pemantau juga mengukur langkah-langkah yang Anda lakukan sepanjang hari.

Dengan mengingat hal itu, perangkat yang memantau tidur hanya dengan menggunakan sensor gerakan cenderung menjadi yang sedikit lebih tua, seperti Jawbone Up, Fitbit Flex, dan Misfit Flash. Ada pula perangkat yang lebih sederhana, seperti Fitbit Inspire, Garmin Vivofit 4, dan perangkat yang dapat dikenakan yang ditujukan untuk anak-anak, seperti Fitbit Ace dan Garmin Vivofit Jr. 2.

Sensor-sensor ini dapat mendeteksi gerakan pelan yang Anda lakukan sepanjang malam untuk menentukan kapan Anda pergi tidur, waktu yang Anda habiskan untuk tidur, dan ketika Anda bangun. Sensor gerakan juga dapat mendeteksi apakah Anda tidur kurang nyenyak atau nyenyak sepanjang malam, dan kadang-kadang dapat memberi tahu Anda berapa kali Anda terbangun di malam hari juga.

Hal tersebut adalah cara sederhana untuk memantau tidur Anda karena gerakan hanyalah satu faktor yang menentukan apakah Anda sudah tidur nyenyak atau tidak. Ini merupakan cara mudah untuk memantau tidur dan memberi Anda data sederhana. Tetapi jika Anda menginginkan lebih, maka Anda akan membutuhkan sesuatu dengan pemantauan detak jantung.

Memantau Denyut Jantung

Sebagian besar pemantau yang lebih baru dan lebih mahal cenderung menggunakan metode lain untuk memantau tidur Anda. Yang utama adalah monitor detak jantung, untuk mengukur bpm Anda saat Anda beristirahat.

Pemantau kemudian menggunakan data ini untuk memperkirakan detak per menit (BPM), variabilitas detak jantung (HRV), serta detak jantung saat istirahat (RHR) – atau ketiganya. Ini membantu algoritme mereka untuk mencari tahu tidak hanya ketika Anda tidur atau bangun, tetapi tahap tidur yang Anda jalani, apakah itu ringan, dalam atau REM.

Banyak perangkat Fitbit terbaru, seperti Fitbit Versa, Fitbit Ionic dan Fitbit Inspire HR memberikan beberapa informasi yang paling rinci dan akurat tentang tahapan tidur. Bahkan, Fitbit menguji tahapan tidurnya dengan memantau terhadap teknisi polisomnografi, yang merupakan cara terbaik untuk memantau tidur, dan menemukan hasil 69% akurat.

Meskipun pemantauan tidur Fitbit adalah standar utama, Garmin juga memperkenalkan fitur yang mengidentifikasi tahapan tidur yang berbeda untuk Garmin Connect, yang berfungsi dengan perangkat yang lebih baru, termasuk Vivoactive 3, Forerunner 645 dan Fenix ​​5.

Anda juga dapat menemukan tingkat data terperinci yang serupa di aplikasi dari banyak produk yang dapat dikenakan saat ini, termasuk Oura Ring, Withings / Nokia Steel, Polar M430, serta Xiaomi Mi Band 3 dan Honor Band 4.

Meskipun bukan asli Apple Watch, ada banyak juga aplikasi tidur pihak ketiga di Apple Watch Anda yang dapat menyajikan informasi semacam ini juga, menggunakan perangkat pemantau detak jantung, seperti Pillow Automatic Sleep Tracker atau AutoSleep.

Pemantau tidur semacam ini merupakan langkah besar dari pergerakan karena tidak hanya lebih akurat, tetapi juga menunjukkan tahapan tidur. Data tentang tahapan tidur bermanfaat karena bisa menjelaskan mengapa Anda merasa lebih lamban. Mungkin karena Anda tidak cukup tidur nyenyak? Atau itu bisa mengisyaratkan perubahan yang bisa Anda lakukan pada rutinitas, lingkungan, atau apapun. Misalnya, banyak tidur ringan bisa berarti Anda harus menciptakan lingkungan tidur yang lebih baik di kamar Anda.

Tidak ada kelemahan utama untuk pelacakan semacam ini, tetapi beberapa orang menemukan bahwa data terperinci tentang tahap tidur dapat sedikit berlebihan pada awalnya, dan mereka tidak tahu bagaimana menafsirkannya. Inilah sebabnya mengapa merek yang memberikan umpan balik, saran atau wawasan tentang tahap tidur dapat memiliki dampak terbesar pada tidur Anda, kami terutama menyukai data yang disajikan oleh tahap tidur Fitbit, serta cincin Oura.

Patut disebutkan bahwa sejumlah perangkat lain, yang tidak akan kami kategorikan sebagai perangkat yang dapat dikenakan, juga dapat melacak tidur Anda menggunakan data detak jantung Anda. Namun, daripada menggunakan monitor detak jantung, mereka menggunakan ballistocardiography (BCG).

Ini adalah cara lain untuk mengukur detak jantung Anda dengan mengamati cara tubuh Anda bergerak daripada melekat pada kulit Anda. Beberapa alat pemantau tidur yang terdiri dari strip yang hidup di bawah kasur Anda mungkin menggunakan sensor BCG, seperti Monitor HRV Qfit HRS.

Memantau Waktu Istirahat

Sebagai contoh, Fitbit Versa dan Fitbit Charge 3 dibangun dengan sensor tri-wavelength di papan, membuat relatif pelacakan SpO2 / sleep apnea mendeteksi sesuatu yang harus datang ke perangkat dalam waktu dekat.

Meskipun perangkat mandiri ini dapat melacak banyak data dan menyajikan grafik yang sangat rinci saat Anda bangun, tingkat detail ini terkadang terlalu banyak bagi mereka yang ingin sedikit meningkatkan kualitas tidur mereka tetapi tidak punya waktu untuk menafsirkan grafik. Perangkat ini pasti ditujukan pada mereka yang ingin fokus pada tidur dan tidak ada yang lain. Bagi mereka yang juga tertarik dengan kebugaran atau pelacakan aktivitas, kami sarankan untuk tetap menggunakan perangkat berbasis pergelangan tangan Anda.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp