Aplikasi Noise Apple Watch Dapat Cegah Gangguan Pendengaran

Aplikasi Noise Apple Jam Tangan Smartwatch Dapat Cegah Gangguan Pendengaran

Dengan pembaruan Apple Watch terbaru, WatchOS 6, Jam tangan smartwatch Apple mendapatkan fitur baru: Noise App. Aplikasi baru ini mengukur tingkat kebisingan sekitar di lingkungan Anda berada dan memperingatkan Anda jika suara di sekitar Anda cukup keras untuk menyebabkan gangguan pendengaran.

Aplikasi Noise adalah tambahan terbaru untuk rangkaian fitur teknologi kesehatan Apple, mengikuti fitur EKG untuk Apple Watch seri 4 pada tahun 2018. Untuk tahun ini, Apple Watch dan iPhone juga memperoleh kemampuan untuk melacak siklus menstruasi dan kesuburan. Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi Noise.

Apa itu aplikasi aplikasi Noise?

Hanya tersedia untuk Apple Watch, aplikasi Noise mendeteksi suara keras di lingkungan Anda dan memberi tahu Anda ketika dianggap Anda berisiko mengalami kerusakan pendengaran. Aplikasi ini menggunakan mikrofon bawaan jam tangan untuk mengukur tingkat desibel di konser, teater, parade, zona konstruksi, dan situasi keras lainnya yang umumnya tidak baik untuk telinga Anda.

Saat Anda membuka aplikasi Noise, Anda akan melihat pengukuran real time dari suara di sekitar Anda dalam desibel. Anda juga akan melihat pesan singkat yang memberi tahu Anda jika level suara “OK” atau “Loud.”

Antara nol dan 80 desibel, suara tidak cukup keras untuk menyebabkan gangguan pendengaran. Tetapi di atas 80 desibel, suara dapat menyebabkan kerusakan pendengaran jangka panjang, tergantung pada seberapa keras dan seberapa lama telinga Anda terpapar suara.

Dalam aplikasi Noise pada jam tangan smartwatch, Anda dapat membaca deskripsi singkat tentang berapa menit setiap hari Anda dapat dengan aman mendengarkan suara yang 80, 85, 90, 95, dan 100 desibel. Di aplikasi Apple Watch di iPhone Anda, Anda dapat mengonfigurasikan jam tangan smartwatch Anda untuk memberi tahu Anda ketika kebisingan sekitar berada di atas ambang batas tertentu, antara 80 hingga 100 desibel.

Sementara Apple mengatakan mereka tidak merekam atau menyimpan apapun yang diambil aplikasi Noise. Jika Anda khawatir tentang privasi, Anda dapat menonaktifkan aplikasi Noise dari aplikasi Apple Watch.

Bagaimana gangguan pendengaran terjadi?

Ada tiga jenis gangguan pendengaran:

  1. Konduktif (mengganggu cara gelombang suara melintasi telinga)
  2. Sensorineural (hasil dari kerusakan pada telinga atau saraf di dalam telinga)
  3. Campur (kombinasi keduanya)

Penyebab umum gangguan pendengaran termasuk kerusakan pada telinga bagian dalam; penumpukan kotoran telinga, kotoran atau zat lain; infeksi telinga dan gendang telinga pecah. Paparan ke lingkungan yang keras dapat memperburuk gangguan pendengaran, dan Apple membuat aplikasi Noise untuk membantu membatasi paparan Anda.

Bagaimana aplikasi Noise mencegah gangguan pendengaran?

Masalah besar dengan gangguan pendengaran adalah bahwa sebagian besar waktu, itu terjadi secara bertahap. Kebanyakan orang tidak melihat perubahan halus pada pendengaran mereka sampai menjadi sangat sulit untuk didengar, seperti mengalami kesulitan mendengar selama percakapan ketika Anda berada tepat di sebelah seseorang. Seringkali, orang hanya mencari pengobatan ketika mereka melihat perubahan seperti itu, dan pada saat itu, kerusakan telah terjadi.

Aplikasi Noise bersifat proaktif versus reaktif. Alih-alih hanya berharap gangguan pendengaran tidak terjadi pada Anda, Anda dapat berhati-hati untuk memantau lingkungan tempat Anda berada dan mencegah gangguan pendengaran terjadi.

Sebagai contoh, jika Anda berada di pertandingan sepak bola dan Noise ping Anda, Anda dapat mengambil penyumbat telinga pelindung. Ketika tingkat suara berubah, begitu juga desibel meter, sehingga Anda mendapatkan gambaran yang akurat tentang apa yang terjadi. Dan Anda selalu dapat mengambil sangkutan telinga jika dan ketika tingkat desibel turun.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp