Doran Gadget Perusahaan teknologi dunia Microsoft kembali memperkenalkan fitur terbarunya untuk sistem operasi Windows yakni Copilot. Asisten digital yang berbasis kecerdasan buatan atau AI ini dapat membantu pengguna ketika mengoperasikan Windows 11. Apa itu Microsoft Copilot dan keunggulan serta fiturnya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Apa Itu Microsoft Copilot?

Microsoft Copliot (2)
sc: Microsoft

Jika dilihat sekilas, Microsoft Office mirip dengan dengan Cortana, asisten digital yang digunakan pada Windows 10. Akan tetapi, pihak Microsoft mengklaim jika asisten terbaru ini lebih pintar dari sebelumnya. Untuk aksesnya sendiri, nantinya dapat dilakukan lewat ikon yang berbentuk heksagon dan menyerupai huruf  ‘O’. Ikon ini terdapat di menu ‘Start’ maupun ‘Taskbar’ Windows 11.

Fitur yang dikembangkan nantinya dapat tampil di layar sebagai sidebar yang ada di bagian kanan layar. Hal ini sama dengan aplikasi bikinan Microsoft lainnya seperti Office dan Edge. Saat diaktifkan, Copilot pun dapat melakukan banyak hal. Misalnya menanyakan pertanyaan di situs pencarian.

Begitu pun dengan fungsi yang terintegrasi dengan Windows 11 lainnya seperti mengatur volume pada komputer, mengubah tampilan, mengubah wallpaper, hingga membuka aplikasi seperti Task Manager, dan melakukan screenshot.

Baca juga: 3 Cara Reset Windows 11 di Laptop dan PC

Keunggulan Microsoft Copilot

Microsoft Copliot
sc: Microsoft

Tentu Microsoft bukan tanpa alasan ketika akan menciptakan asisten pintar ini. Salah satu keunggulan Miicrosoft Copilot AI ini bisa dilihat saat menggunakan Microsoft Office Excel. Contohnya dalam menganalisis data hingga mencari tren data tertentu. Termasuk dalam membuat grafik berdasarkan data yang ada tersebut.

Di sisi lain Microsoft Copilot juga memiliki dukungan dari mesin kecerdasan buatan lainnya seperti yang dikembangkan oleh Open AI yakni GPT-4. Kemudian, terintegrasi dengan aplikasi Microsoft 365. Termasuk juga mendukung untuk berbagai plugin maupun platform seperti Microsoft Edge, Office, hingga Spotify.

Baca juga: ChatGPT vs Bard Google, Mana yang Lebih Baik?

Fitur Microsoft Copilot AI

Microsoft Copliot (1)
sc: The Verge

Selain keunggulan di atas, Microsoft Copilot memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa digunakan pada Windows 11. Beberapa di antaranya adalah untuk Microsoft Outlook, Microsoft Teams, Office Word, dan PowerPoint. Beberapa keunggulan untuk fitur tersebut seperti dilansir dari laman Pocket-Lint di antaranya adalah:

  • Copilot pada Microsoft Outlook digunakan untuk meningkatkan kinerja secara efisien. Hal ini misalnya Copilot dapat menyiapkan draft untuk menjawab email pada Outlook. Termasuk dalam membalas pesan, menandai pesan penting, dan mengolah kata.
  • Copilot pada Microsoft Teams akan membantu pengguna dalam meringkas apa yang disampaikan saat meeting dan pengguna bisa mengikuti diskusi yang ada. Lalu, dapat melakukan tindakan apa yang harus dilakukan.
  • Copilot pada Word dapat membantu dalam membuat draft dokumen pertama sebelum diedit maupun digunakan oleh user.
  • Copilot pada PowerPoint berfungsi untuk membantu pengguna ketika membuat slide untuk presentasi dengan mudah dan berbasis teks sesuai dokumen.

Baca juga: Mengenal Google Colab dan Tutorial Mudah Menggunakannya!

Penutup

Microsoft Copliot (3)
sc: Microsoft

Setidaknya itu dia ulasan mengenai apa itu Microsoft Copilot dan fitur serta keunggulannya. Anda bisa mempersiapkannya sekarang juga untuk menggunakan asisten pintar ini. Sebab, pihak Microsoft sendiri akan menguji coba layanan ini di bulan Juni mendatang dan terbatas. Jika uji coba ini berhasil dan memberikan dampak positif, maka microsoft pun akan meluncurkannya ke publik.

Selain software, untuk meningkatkan kinerja di era digital Anda pun perlu menggunakan perangkat dan aksesoris komputer terbaik. Mulai dari keyboard, mouse, dan lainnya yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi brand aksesoris komputer terbaik, kami menyediakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut dan konsultasi produk, hubungi kami via WhatsApp di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×