Apa itu eSIM? Hal Ini Harus Diketahui sebelum Beralih Kartu

Apa itu eSIM Hal Ini Harus Diketahui sebelum Beralih Kartu

Apa artinya SIM dan Apa Fungsinya?

Sebelum kita dapat memahami kartu eSIM modern, kita perlu kembali ke awal dengan memahami kartu SIM standar itu dan fungsinya. Istilah SIM secara harfiah berarti Subscriber Identity Modul (Modul Identitas Pelanggan) dan itu hanya chip memori sederhana yang menyimpan informasi identitas tentang pengguna ponsel.

Kartu SIM biasanya terintegrasi ke dalam UICC (Universal Integrated Circuit Card), kartu PVC dengan kontak logam. UICC pintar pertama adalah ukuran kartu kredit. Selama bertahun-tahun, mereka semakin kecil dan semakin kecil.

Kartu SIM menyimpan nomor ID 20 karakter unik yang disebut ICCID (Integrated Circuit Card Identifier), yang biasanya dapat ditemukan di bagian depan kartu dan diperlukan untuk memasukkan nomor di antara operator yang berbeda. Plus, kartu ini berisi nomor ISMI (International Mobile Subscriber Identity), yang pada dasarnya adalah nomor telepon Anda, beberapa informasi keamanan, daftar layanan yang dapat diakses pengguna dan dua kode keamanan. Kode pertama adalah PIN Anda (Personal Identification Number) dan yang kedua adalah PUK (Personal Unblocking Code), yang membantu kami membuka kunci PIN jika ada terlalu banyak upaya gagal pada PIN.

Semua informasi ini diperlukan untuk dapat melakukan panggilan dan untuk lalu lintas data yang benar antara jaringan seluler dari berbagai operator. Kartu SIM juga berisi memori SMS (tidak digunakan oleh smartphone modern) dan kontak pribadi. Memori pada kartu SIM standar berkisar dari 8KB hingga 256KB, yang merupakan ruang yang cukup untuk lebih dari 250 kontak. Namun, saat ini jauh lebih aman untuk menjaga kontak Anda di cloud daripada di kartu SIM Anda.

Apa itu eSIM?

Kartu eSIM modern adalah format kartu SIM terbaru, meskipun mereka mungkin tidak boleh disebut demikian. Nama eSIM berarti SIM tertanam yang merupakan kartu SIM terintegrasi ke dalam sesuatu. Ini bukan kartu SIM asli, melainkan chip terintegrasi yang mengikuti standar SON-8 langsung di dalam perangkat, yang berarti tidak dapat dilepas atau dimatikan.

eSIM: Beberapa Kelebihan

Jumlah kontak dan cara kerjanya sama dengan kartu SIM biasa, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang slot yang dapat dilipat untuk mendukungnya. Chip ini juga jauh lebih andal dan kecil kemungkinannya menyebabkan kerusakan mekanis. Plus, karena lebih kecil dari SIM normal dan Anda tidak perlu menggunakan poker untuk mengeluarkannya, itu dapat digunakan di perangkat yang lebih kecil, seperti jam tangan pintar.

Kartu eSIM dulu terbatas pada perangkat industri, tetapi pada 2012, Apple menyatakan bahwa tidak ada hukum yang melarang penggunaannya dalam produk konsumen dan karenanya mulai memasukkannya ke dalam produk seperti iPad dan Apple Watch.

Di dunia Android, Google Pixel 2 adalah smartphone pertama dengan eSIM (setidaknya di AS) yang memungkinkan pengguna untuk memilih penyedia layanan mereka dan dapat langsung diaktifkan jika Anda berpindah operator. Selain itu, ini memungkinkan penyediaan jarak jauh, yang berarti, Anda tidak perlu menunggu kartu lama Anda dinonaktifkan dan yang baru diaktifkan ketika Anda mengganti SIM. eSIM memungkinkan Google mengaktifkan smartphone-nya dari dalam jaringan Project Fi selama perangkat awal disiapkan tanpa harus menunggu kartu SIM.

eSIM: Beberapa Kelemahan

Manfaat kartu eSIM ini luar biasa, tetapi ada juga beberapa kelemahan dari perspektif pengguna. Jika Anda seorang pengguna, yang menyukai saya, mengubah ponsel cerdas mereka secara teratur atau jika Anda memiliki beberapa perangkat di rumah dengan kartu SIM yang berbeda, situasi eSIM ini dapat membuat hidup Anda sedikit lebih rumit. Setiap kali Anda ingin menggunakan perangkat baru, Anda harus mengaktifkan kartu SIM melalui perangkat lunak perangkat itu. Anda tidak bisa hanya mengeluarkan SIM dan memasukkannya ke perangkat lain dan siap untuk pergi.

Ini juga bisa menjadi masalah jika ponsel Anda kehabisan baterai dan Anda ingin memasukkan kartu SIM Anda ke ponsel teman untuk memeriksa sesuatu atau melakukan panggilan. Dengan eSIM, ini tidak akan cepat atau mudah.

eSIM: SIM masa depan

Kartu eSIM masih belum banyak digunakan. Namun, dengan fakta bahwa flagships dari Apple, Google, Samsung, dan bahkan OnePlus sekarang menggunakan standar, kita dapat melihat kartu eSIM dari semua produsen utama, serta peningkatan dukungan dari operator dalam waktu dekat. Untuk saat ini, di AS, AT&T, T-Mobile, dan Verizon semua mendukung eSIM. Di Kanada, eSIM didukung oleh Bell, Fido, Lucky Mobile, Rogers, dan Virgin Mobil. Di Inggris, EE, O2, dan Vodafone semuanya siap.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp