Alami Serangan Siber, Layanan Garmin Connect Down

Garmin tengah mengalami serangan siber yang mengakibatkan layanan pelacakannya, seperti Garmin Connect dan flyGarmin harus down selama beberapa hari. Layanan-layanan ini mulai dipulihkan setelah down sejak Kamis (23/7/2020) hingga Senin (27/7/2020).

“Kami segera memeriksa serangan dan mulai memperbaikinya. Kami tidak memiliki indikasi bahwa data pelanggan, termasuk informasi pembayaran dari Garmin Pay diakses, hilang atau dicari,” tulis Garmin dalam laman garmin.com pada Senin (27/7/2020). “Fungsionalitas produk Garmin tidak terpengaruh, selain kemampuan untuk mengakses layanan online.”

Sistem yang terpengaruh serangan saat ini sedang dipulihkan. Perusahaan berharap layanan online akan beroperasi normal kembali dalam beberapa hari ke depan.

Sementara itu, Garmin menyampaikan update terbaru melalui akun resmi Twitter mereka. Salah satunya adalah aplikasi Garmin Connect kembali beroperasi.

“Kami senang melaporkan bahwa banyak sistem dan layanan yang terpengaruh oleh pemadaman baru-baru ini, termasuk Garmin Connect, kembali beroperasi,” sebut Garmin. “Beberapa fitur masih memiliki batasan sementara sementara semua data sedang diproses.”

garmin connect down

Tampilan Garmin Connect dalam ponsel masih menunjukkan data yang belum ditampilkan sepenuhnya. Halaman menu My Day hanya menampilkan ringkasan data 7 hari terakhir. Garmin kembali menyebutkan pihaknya sedang berusaha memulihkan kendala yang terjadi.

“Maaf, kami sedang dalam perbaikan. Periksa kembali segera,” tulis Garmin. “Kami senang melaporkan bahwa pemulihan Garmin Connect sedang berlangsung. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran Anda saat kami memulihkan operasi normal.”

Dilansir dari The Verge, layanan yang mengalami down disebabkan oleh jenis ransomware baru bernama WastedLocker menurut sumber kepada ZDNET, Bleeping Computer, dan Techcrunch. WastedLocker dioperasikan oleh kelompok peretas yang dikenal sebagai Evil Corp. Mereka mengenkripsi data tetapi tidak memerasnya, memungkinkan sistem yang terpengaruh untuk dipulihkan dari cadangan tanpa harus membayar uang tebusan.

× Whatsapp