HP Lipat

Doran GadgetHP lipat nampaknya akan menjadi tren utama dalam teknologi smartphone di tahun 2022. Hal itu sebagaimana dilansir oleh laman Livemint yang merilis teknologi populer smartphone.

Dari ulasan itu disebutkan ada setidaknya lima indikator tren smartphone populer. Yakni, sektor baterai, jaringan 5G, refresh rate, kamera, dan tren ponsel lipat. Lantas, apa saja smartphone lipat terbaik di 2022 mendatang? Berikut ulasannya.

Rekomendasi HP Lipat 2022

Berikut beberapa rekomendasi ponsel lipat yang telah rilis memasuki akhir tahun 2021 ini dan sebagian lainnya diprediksi akan rilis di tahun 2022 mendatang.

1. Huawei P50 Pocket

Huawei P50 Pocket (4)

HP lipat pertama yang cukup menyita perhatian awal tahun 2022 nanti adalah Huawei P50 Pocket. Dirilis di Cina pada tanggal 23 Desember 2021 lalu. Ponsel ini menjadi yang pertama dari Huawei mengusung desain clamshell. Ini artinya, ponsel lipat tersebut hampir sama dengan Samsung Galaxy Z Flip 3.

Desainnya pun cukup kokoh namun memiliki bobot ringan hanya 190 gram saja. Dapur pacunya mengadopsi Snapdragon 888 Octa-Core. Tak hanya itu, engsel khusus yang multi-dimensi membuat P50 Pocket bisa dilipat dengan mudah dan mulus.

2. Samsung Galaxy Z Flip 3

Rekomendasi HP Samsung - Z Flip3

Samsung Galaxy Z Flip 3 rilis secara global pada akhir Agustus 2021 lalu dan masuk di Indonesia pada September 2021. Adapun keunggulannya adalah layarnya yang sudah mengadopsi panel Foldable Dynamic AMOLED HDR10+ dan resolusi yang sudah Full HD+. Terlebih lagi adanya refresh rate 120Hz akan membuat mata menjadi lebih nyaman.

Di sektor dapur pacu masih menggunakan Snapdragon 888. Di segi kamera utama memiliki resolusi 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP. Pada kamera depannya adalah 10 MP. Tak ketinggalan Samsung juga menambahkan sensor NFC untuk pembayaran digital dan juga sertifikasi IPX8. Dengan begitu, ponsel bisa tahan di kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

Baca juga: 7 Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Tahun 2022

3. Oppo Find N

HP Lipat - Oppo Find N

Brand Oppo sempat menjadi perhatian saat meluncurkan ponsel lipat pertamanya di pertengahan Desember 2021 lalu dalam Oppo Inno Day 2021 di Cina. Sekilas, ponsel ini hampir mirip Galaxy Z Fold.. Yakni bisa dilipat menyamping seperti buku. Berbahan material kaca super tipis, pihak pabrikan mengklaim tahan lama dan kuat. Ditambah lagi dengan engsel khusus yang dikembangkan Oppo yakni Flexion Hinge.

Layarnya mengadopsi panel AMOLED, sedangkan kamera selfie yang ada beresolusi 32 MP. Pada kamera belakang ada kamera utama 50 MP, Ultrawide 16 MP, dan ada kamera Telefoto 13 MP. Dapur pacunya dimotori Snapdragon 888 5G. Smartphone ini tersedia dalam seri dengan kapasitas penyimpanan 8/256 GB dan 12/512 GB.

4. HP Lipat 2022 – Honor Magic V

HP Lipat - Honor Magic V

Sejak dikenal sebagai sebuah brand independen dari Huawei, Honor seolah tidak ingin ketinggalan tren pasar smartphone. Termasuk dalam meluncurkan HP lipat yang diprediksi berkembang di tahun 2022. Pernyataan Honor meluncurkan ponsel lipat Honor Magic V dikonfirmasi pihak pabrikan di Weibo dan Twitter lewat sebuah teaser sekilas.

Rumor yang beredar Honor Magic V bakalan dimotori oleh Snapdragon 8 Gen 1 dan panel dari Visionox dan BOE. Untuk layarnya sendiri dirumorkan berukuran 8,03 inci lalu dilengkapi ultra-thin glass dengan layar eksternal berukuran 6,4 inci dan berdesain clamshell.

5. Motorola Razr 5G

HP Lipat - Motorola Razr 5G

Tak ketinggalan dengan brand smartphone yang merajai pasar, Motorola mengajak para pengguna setianya untuk bernostalgia dengan smartphone lipat Razr 5G. Desainnya pun seolah mengingatkan para pengguna dengan tren ponsel lipat dari Motorola di era sebelumnya. Namun, untuk seri terbaru ini memiliki jaringan 5G.

Dapur pacunya dimotori oleh Snapdragon 765 5G dan tersedia dalam seri 8/256GB dengan kamera 48 MP. Meskipun seri pertama dari smartphone ini rilis di tahun 2020, diprediksi di setiap tahunnya, Motorola akan memperbarui teknologi yang ada di seri  ketiga nantinya pada awal Januari 2022. Salah satunya jaringan 5G seiring meningkatnya penggunaan jaringan 5G di dunia.

Baca juga: Permintaan Meningkat, Penjualan Motorola Razr Tertunda

6. Xiaomi Mi Mix Fold 2

HP Lipat - Xiaomi Mi Mix Fold2

Xiaomi bukan kali ini saja meluncurkan HP lipat berteknologi canggih. Sebelumnya, di awal tahun 2021 pabrikan asal Negeri Tirai Bambu ini meluncurkan Xiaomi Mi Mix Fold. Kini, beredar rumor muncul peluncuran generasi kedunya yakni Xiaomi Mi Mix Fold 2 yang rencananya dirilis pada pertengahan tahun 2022.

Ponsel ini dikabarkan mengusung model layar tipis atau ultra-thin glass dengan lebar 8,1 inci. Selain itu juga diprediksi memiliki tingkat refresh rate tinggi. Dengan begitu smarpthone lipat Xiaomi generasi terbaru ini memiliki ketebalan layar tipis namun tetap kokoh dan nyaman saat digunakan.

7. Vivo NEX Fold

HP Lipat - Vivo Nex Fold

Terakhir ada NEX Fold yang menjadi hp lipat pertama dari Vivo. Meski rumor kemunculannya sudah santer sejak pertengahan tahun ini, namun masih belum ada tanda-tanda bakal muncul di tahun 2021. Prediksi yang sering disebut-sebut, NEX Fold akan diluncurkan pada Januari 2022 secara global.

Seperti dilansir dalam sebuah tweet Ice Universe, disebutkan ponsel lipat ini bakal memiliki panel berukuran besar. Itu artinya, bisa saja lebih besar dari Xiaomi Mi Mix Fold maupun Huawei Mate X2 dengan ukuran masing-masingnya 8,01 inci dan 8,0 inci.

Baca juga: Kelebihan Vivo V23e, Penyimpanan Besar dan Kamera Canggih

Dapatkan Aksesoris untuk HP Lipat Terbaik di Doran Gadget

Itulah beberapa rekomendasi HP lipat yang sudah rilis di akhir tahun 2021 dan prediksi yang bakal muncul di tahun 2022 mendatang. Sebagian smartphone tersebut memang ada yang belum dirilis di tanah air termasuk konfirmasi dari pihak pabrikan. Namun, Anda masih tetap bisa menggunakan aksesoris smartphone terbaik untuk kenyamanan yang bisa didapatkan di Doran Gadget.

Semua produk yang dijual merupakan barang asli atau original dengan garansi resmi dari pabrikan. Selain itu, Anda juga berkesempatan meraih promo-promo menarik di saat-saat tertentu. Bila ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar smartphone lipat dan aksesoris lainnya bisa hubungi CS kami via WhatsApp atau follow akun Instagram dan Telegram Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp