3 Manfaat Penting Pakai Smartwatch untuk Bersepeda

3-manfaat-smartwatch-untuk-bersepeda

Bersepeda tengah menjadi kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tentang manfaat menggunakan smartwatch untuk bersepeda bagi Anda yang tengah menggelutinya. Apa saja manfaat-manfaatnya? Inilah ulasan selengkapnya dan kami juga akan memberikan rekomendasi smartwatch untuk bersepeda yang dapat meningkatkan performa Anda.

Meski smartwatch menjadi perangkat yang lebih mudah untuk pesepeda, tidak menutup kemungkinan bagi banyak orang juga ingin memasang peralatan GPS seperti Garmin Edge untuk menemani saat bersepeda. Anda dapat membaca artikel selengkapnya tentang rekomendasi Garmin Edge di sini.

smartwatch untuk bersepeda, smartwatch Garmin, jam tangan untuk sepeda, jam tangan untuk olahraga sepeda

Manfaat Menggunakan Smartwatch untuk Bersepeda

Berikut tiga manfaat menggunakan smartwatch sebagai teman bersepeda Anda.

1. Memonitor Detak Jantung Anda agar Tetap di Zona Aman saat Bersepeda

smartwatch untuk bersepeda, smartwatch Garmin, jam tangan untuk sepeda, jam tangan untuk olahraga sepeda
Heart Rate di Jam Garmin

Penggunaan paling umum dalam memonitor detak jantung adalah untuk merekam interval. Pelatihan interval berarti bersepeda sedang dengan intensitas tinggi diselingi dengan interval istirahat mengayuh yang mudah. Pada saatnya, ini memaksa tubuh untuk beradaptasi sehingga intensitas dapat ditahan lebih lama atau dapat ditingkatkan.

Intensitas yang diperlukan selama setiap interval akan bervariasi tergantung pada panjangnya, tetapi biasanya akan dinyatakan dalam ‘zona’ yang didasarkan pada perhitungan detak jantung maksimum atau ambang batas pengendara. Jadi ketika berlatih dengan monitor detak jantung, pesepeda hanya perlu tahu BPM yang mereka butuhkan untuk setiap interval guna memiliki kesempatan terbaik dalam menyelesaikan latihan dengan benar.

Tampilan Zona Detak Jantung di Garmin Connect

Berikut adalah cara menghitung detak jantung dengan rumus: 

220 – (usia Anda) = perkiraan batas maksimal detak jantung saat olahraga

Ada 5 zona detak jantung yang berbeda. Semuanya berdasarkan detak jantung maksimal (heart rate maximum/ HRM).

Zona 1: 50-60% dari HRM
Intensitasnya sangat rendah. Sempurna untuk pemulihan.

Zona 2: 60-70% dari HRM
Zona ini paling baik untuk meningkatkan daya tahan.

Zona 3: 70-80% dari HRM
Zona ini efektif terutama untuk memperbaiki sirkulasi darah di jantung dan otot rangka (skeletal muscles).

Zone 4: 80-90% dari HRM
Pada intensitas ini, kamu akan dapat meningkatan speed endurance dan mampu bertahan terhadap jumlah asam laktat yang tinggi.

Zona 5: 90-100% dari HRM
Kamu hanya dapat berlatih selama beberapa menit pada intensitas ini. Paling baik untuk tidak berada di zona ini kecuali saat sedang race.

Baca: 10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Berolahraga berdasarkan hasil memantau detak jantung adalah cara yang tepat untuk mengukur sesi Anda sudah bermanfaat atau harus disesuaikan. Angka di atas untuk memudahkan Anda memahami waktu harus mengurangi laju serta intensitas gerakan maupun saat meningkatkannya.

Berolahraga dapat dikatakan berbahaya apabila Anda melakukannya terlalu diforsir. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan monitor heart rate dengan tingkat akurasi cukup akurat seperti Jam Tangan Garmin. Anda bisa cek seri yang direkomendasikan untuk bersepeda dengan klik di sini. Selain itu, Anda dapat membaca artikel mengenai monitor heart rate untuk mengetahui cara memantaunya secara lengkap.

2. Melihat Rute atau Peta yang Anda Lalui selama Bersepeda

smartwatch untuk bersepeda, smartwatch Garmin, jam tangan untuk sepeda, jam tangan untuk olahraga sepeda
Rute yang Terlihat di Jam Garmin

Smartwatch Garmin untuk bersepeda dari Garmin dapat merekam histori perjalanan Anda saat bersepeda. Layar jam Garmin Anda akan menunjukkan rute yang telah Anda lalui. Berikut cara-cara melihatnya:

– Masuk ke menu Last Sport

Pilihlah aktivitas bersepeda yang telah Anda jalani

– Pilih Map

Jika Anda ingin mengetahui jumlah jarak yang telah ditempuh, masuk ke bagian Laps. Untuk data yang lebih lengkap, masuk ke dalam bagian Details. Data-data seperti jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan rata-rata dan maksimal dapat Anda ketahui.

Baca: Perbandingan Jam Tangan Garmin Premium – Garmin Forerunner 945 VS Garmin Fenix 6

Sementara itu, aplikasi Garmin Connect juga merekam detail bersepeda Anda lebih lengkap. Seperti yang terlihat pada tangkapan layar di bawah ini, Anda dapat mengetahui data berisi waktu tempuh, jarak tempuh, dan kalori yang terbakar. Di bagian bawah merupakan rute yang telah Anda lalui saat bersepeda.

smartwatch untuk bersepeda, smartwatch Garmin, jam tangan untuk sepeda, jam tangan untuk olahraga sepeda
Data Bersepeda dalam Garmin Connect

3. Mengetahui Kalori yang Terbakar selama Bersepeda

Data Kalori yang Terbakar dalam Garmin Connect

Bagaimana dengan kalori? Kalori yang terbakar saat bersepeda dapat diketahui dari bagian Details. Penting bagi Anda untuk mengetahui kalori yang terbakar saat berolahraga terutama bagi Anda yang sedang memprogram untuk menurunkan berat badan. Anda dapat membaca artikel mengenai cara menghitung kalori agar sesuai dengan tujuan Anda dalam berolahraga.

Smartwatch Dapat Terintegrasi dengan Ponsel

Selain dari tiga manfaat yang tertulis di atas, terdapat kelebihan smartwatch Garmin yang bisa terintegrasi dengan ponsel ini adalah kemampuannya mengontrol musik. Musik menjadi teman yang menyenangkan juga selama bersepeda. Menggunakan wireless headset membuat Anda menikmati olahraga rekreasi menjadi lebih menyenangkan. Gunakan fitur tersebut dan Anda tidak perlu membawa ponsel saat bersepeda. Bagi Anda yang belum mengetahui cara menghubungkan Spotify dengan jam Garmin, klik link berikut untuk penjelasan lebih lengkap.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang Anda dapatkan, berikut rekomendasi jam tangan Garmin yang mendukung fitur bersepeda dan cocok bagi Anda. Cek untuk promo selengkapnya!

× Whatsapp