AI untuk Membuat PPT - FI

Doran GadgetAI untuk membuat PPT dalam beberapa waktu belakangan cukup banyak dikenal dan digunakan berbagai kalangan. Terutama untuk keperluan presentasi bisnis ke kolega, presentasi tugas kuliah, dan lainnya. Keunggulannya, tools AI PPT dapat mempersingkat waktu membuat PPT jadi lebih efisien. Apa saja yang bisa Anda pilih? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel kali ini, Sobat Doran!

Tools AI PPT Terbaik Saat Ini

Berikut beberapa daftar tools AI PPT yang banyak digunakan karena memiliki fitur unggulan dan memudahkan para profesional saat membuat slide presentasi yang praktis dan keren. Anda bisa memilih salah satunya.

1. SlidesAI

AI untuk Membuat PPT - SlidesAI
sc: All Things AI

Pertama Anda bisa mencoba SlidesAI, dimana tools ini sudah mendukung untuk Google Slides. Itu karena SlidesAI bisa dipasang untuk penggunaan Google Workspace. Pengguna pun bisa mengaksesnya secara langsung dari Google Slides. Menggunakannya pun tidaklah ribet dan cukup tambahkan materi berupa teks saja.

Di sini terdapat berbagai jenis slide presentasi dan kecerdasan buatan akan membuat dan menyusunnya lebih rapi. Jika Anda menggunakan versi gratisan, maka per bulan penggunaannya dibatasi hanya untuk maksimal tiga slide saja. Sedangkan untuk berbayar, ada sekitar 2.500 karakter per presentasinya. Apabila masih kurang, dapat upgrade ke versi pro seharga 11.10US$ per bulannya.

Baca juga: Trend SNOW AI – Aplikasi Pengubah Wajah ala Artis Korea

2. GPT_PPT

AI untuk Membuat PPT - GPT PPT
sc: Top AI

Selain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, dalam perkembangannya GPT juga memiliki tools AI untuk membuat PPT. Sesuai dengan fungsinya, nama untuk tools ini adalah GPT_PPT. Sama seperti ChatGPT, untuk menggunakannya bisa masuk atau login menggunakan akun Google. Lalu, lanjutkan dengan memasukkan topik yang akan dibuat.

Meski sebagian review menyebutkan jika secara estetik hasilnya mungkin kurang bagus, di sisi lain dari cara kerjanya diakui lebih simpel. Dari segi harganya pun bisa dibilang sangat terjangkau. Pengguna cukup membayarnya sekitar 1US$ saja setiap bulannya untuk mengakses banyak fitur. Bila ingin mencobanya, ada tiga kali free trial yang bisa dimanfaatkan sebelum memutuskan untuk menggunakan yang berbayar.

3. Canva Magic Presentation

AI untuk Membuat PPT - Canva Magic Presentation
sc: Canva

Canva pun dikenal oleh para penggunanya sebagai tools edit foto maupun video. Beberapa waktu belakangan, Canva pun mengembangkan fitur dalam membuat PPT yakni Canva Magic Presentation. Cara menggunakannya juga mudah, pengguna cukup memasukkan prompt berupa teks mengenai topik yang dibahas.

Contohnya jika Anda ingin membuat PPT dengan tema digital marketing. Maka, Canva akan menyediakan sejumlah slide yang lengkap dengan berbagai tema dan gambar yang sesuai. Kemudian, tools ini juga menambahkan informasi yang berkaitan dengan konteks. Misalnya saja manfaat digital marketing, jenis digital marketing, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal ChatGPT dan Manfaatnya untuk Menunjang Kerja!

4. AI untuk Membuat PPT – Presentations.AI

AI untuk Membuat PPT - Presentation AI
sc: Vaslou

AI PPT ini dirancang khusus memang untuk membuat materi slide presentasi yang ringkas dalam waktu singkat. Seperti halnya AI untuk membuat PPT lainnya, Anda cukup memasukkan prompt teks. Tunggulah beberapa saat sampai selesai memproses slide dengan lengkap. Termasuk juga isinya, jadi tak hanya sekadar berupa template saja. Untuk menulis prompt Anda dapat memulainya pada template kosong. Jawablah pertanyaan yang diberikan oleh tools maka PPT akan dibuat otomatis.

Cara lainnya adalah dengan copy-paste dari dokumen dan selanjutnya diubah dalam rancangan presentasi. AI akan otomatis menyesuaikan desain sesuai dengan tema yang dibuat. Mengingat statusnya yang masih beta, Anda dapat menggunakannya secara gratis. Dengan catatan, kuota prompt-nya masih terbatas dan dalam tahapan pengembangan.

5. Decktopus AI

AI untuk Membuat PPT - decktopus
sc: Decktopus

Decktopus AI bisa Anda jadikan alternatif tools AI dengan berbagai pilihan fitur unggulan. Menggunakannya pun tak beda jauh dengan AI PPT lainnya dengan memasukkan prompt. Kemudian menjawab pertanyaan yang muncul. Biasanya seperti tentang audiens presentasi, durasi presentasi, dan kesesuaian materi.

Menariknya lagi, Decktopus AI menyediakan berbagai foto menarik yang bisa dimasukkan ke dalam slide. Termasuk untuk ikon, quote, dan GIF. Dimana fitur ini sudah terintegrasi dengan windows editor. Untuk menggunakan yang berbayar, Anda cukup merogoh kocek sekitar 10US$ per bulan. Atau mencobanya gratisan dengan fitur-fitur yang terbatas.

Baca juga: Microsoft Copilot: Asisten Pintar untuk Menunjang Kerja

6. Sendsteps

AI untuk Membuat PPT - sendsteps
sc: Futurepedia

Bosan harus menuliskan prompt teks? Cobalah untuk menggunakan Sendstpes! Sebab tools ini memberikan alternatif dengan mengunggah teks dan mengubahnya menjadi file PPT. Tak cukup sampai di situ saja, pengguna juga dapat menambahkan elemen-elemen untuk memancing interaktif audiens selama presentasi. Misalnya dengan memasukkan kuis, polling, dan sesi tanya-jawab.

Harga berlangganan Sendsteps sebenarnya tidak begitu mahal. Terlebih bagi perusahaan maupun individu profesional. Cukup sediakan 14US$ saja per bulannya. Agar lebih mengetahui fitur unggulannya, Anda juga bisa mencoba trial namun dengan fitur-fitur yang lebih terbatas sebelum memutuskan menggunakan yang berbayar.

7. Simplified

AI untuk Membuat PPT - Simplified
sc: Simplified

Terakhir adalah Simplified yang cukup banyak digunakan berbagai kalangan profesional. Ada sejumlah fitur unggulan yang dimilikinya. Mulai dari fitur yang siap pakai dan desain yang menggunakan AI untuk menghadirkan visual yang lebih baik. Termasuk bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

Memang, Simplified bisa digunakan secara gratis, hanya saja fiturnya terbatas. Jika ingin menikmati semua fiturnya, tersedia dua paket berbayar. Yakni paket Pro dengan harga langganan 9US$ per bulannya dan paket untuk bisnis dengan harga 15US$. Tentu dengan harga tersebut cukup terjangkau bagi perusahaan maupun profesional.

Baca juga: Mengenal Humane AI Pin, Bisa Jadi Pengganti Smartphone? Ini Cara Kerjanya! 

Lengkapi Kebutuhan Presentasi dengan Perangkat Terbaik

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika kehadiran tools AI PPT ini memberikan banyak manfaat. Khususnya bagi para profesional saat melakukan presentasi tanpa harus membuat slide yang ribet tapi tetap menarik dan efisien. Kini, saatnya Anda sendiri mencobanya dan rasakan manfaat terbaiknya.

Selain itu, agar presentasi lebih baik, gunakan berbagai perangkat pendukung terbaik. Salah satunya adalah JETE Group Video Conference untuk presentasi online bersama kolega. Informasi lebih lanjut mengenai produk ini, Anda dapat menghubungi admin CS kami via WhatsApp di sini. Dapatkan pula berbagai promo menarik untuk setiap pembelian di Doran Gadget. Baik pembelian via store, website, maupun aplikasi kami. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>