Sony Ungkap Spesifikasi PS5

Sony Ungkap Spesifikasi Lengkap Perangkat Keras PS5

Dorangadget.com Sony akhirnya mengungkapkan spesifikasi dan detail perangkat keras untuk PlayStation 5, konsol rumah generasi berikutnya yang direncanakan untuk rilis musim liburan ini. PS5 akan menampilkan CPU AMD Zen 2 octa-core khusus dengan clock 3,5GHz (frekuensi variabel) dan GPU khusus berdasarkan perangkat keras arsitektur AMD RDNA 2 yang menjanjikan 10,28 teraflops dan 36 unit komputer yang tercatat pada 2,23GHz (juga frekuensi variabel). Ini juga memiliki RAM GDDR6 16GB dan SSD 825GB khusus yang sebelumnya dijanjikan Sony akan menawarkan waktu pemuatan super cepat dalam gameplay, melalui Eurogamer.

Salah satu pembaruan teknis terbesar di PS5 sudah diumumkan tahun lalu: peralihan ke penyimpanan SSD untuk hard drive utama konsol, yang menurut Sony akan menghasilkan waktu muat yang jauh lebih cepat. Demo sebelumnya menunjukkan tingkat pemuatan Spider-Man dalam waktu kurang dari satu detik di PS5, dibandingkan dengan kira-kira delapan detik yang dibutuhkan pada PS4.

Pimpinan perangkat keras PlayStation, Mark Cerny, menyelidiki beberapa detail tentang tujuan SSD tersebut pada pengumuman. Di mana dibutuhkan PS4 sekitar 20 detik untuk memuat satu gigabyte data, tujuan dengan SSD PS5 adalah untuk memungkinkan memuat 5GB data dalam satu detik.

PS5 tidak akan terbatas pada SSD itu saja. Ini juga akan memiliki dukungan untuk hard drive USB, tetapi opsi penyimpanan yang lebih lambat yang dikembangkan sebagian besar dirancang untuk game PS4 yang kompatibel dengan backward. Ini juga akan menampilkan drive 4-Blu Blu-ray yang diumumkan sebelumnya dan masih akan mendukung disk, tetapi game-game itu masih membutuhkan instalasi ke SSD internal. SSD khusus di dalamnya menggunakan NVMe SSD standar, memungkinkan untuk peningkatan di masa mendatang, tetapi Anda masih membutuhkan SSD yang dapat memenuhi standar spesifikasi tinggi Sony di sini, setidaknya 5,5 GB/s.

Untuk perbandingan cepat, Xbox Series X yang baru-baru ini diungkap – konsol next-gen Microsoft yang bersaing – tampaknya mengalahkan upaya Sony pada angka mentah, terlepas dari kenyataan bahwa kedua konsol secara efektif didasarkan pada prosesor AMD dan arsitektur grafis yang sama. Konsol Microsoft, bagaimanapun, akan menawarkan prosesor delapan inti pada 3,8GHz, GPU dengan 12 teraflops dan 52 unit komputasi masing-masing clock pada 1,825GHz, 16GB GDDR6 RAM, dan 1TB SSD.

Namun, dalam perbedaan besar, CPU dan GPU Sony akan berjalan pada frekuensi variabel – di mana frekuensi perangkat keras berjalan bervariasi tergantung pada permintaan CPU dan GPU (memungkinkan, katakanlah, daya CPU yang tidak digunakan untuk dialihkan ke GPU, memungkinkan untuk kecepatan maksimum Sony yang lebih tinggi di sana). Itu berarti bahwa, pada akhirnya, ketika lebih banyak game yang menuntut tiba di tahun-tahun mendatang, CPU dan GPU tidak akan selalu mencapai angka 3.5GHz dan 2.23GHz, tetapi Cerny mengatakan kepada Eurogamer bahwa ia mengharapkan downclocking menjadi minor ketika itu terjadi.

Sony telah mengumumkan cukup banyak detail teknis tentang PlayStation 5 selama beberapa bulan terakhir dengan sedikit pengumuman kecil. Perusahaan ini sudah menjanjikan bahwa perangkat keras baru akan menambah dukungan untuk game 8K maupun game 4K pada 120Hz. Ada juga rencana untuk menambahkan “audio 3D” untuk suara yang lebih mendalam, mode konsumsi daya rendah opsional untuk menghemat energi, dan kompatibilitas dengan judul PS4. Untuk berita lainnya seputar gadget, silahkan Subscribe channel Telegram Dorangadget.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp