Smart Reply hingga Mode Gelap, Simak 7 Fitur pada Android 10

Smart Reply hingga Mode Gelap, Simak 7 Tips pada Android 10

Android 10 telah meluncur di smartphone Pixel dan mulai diterapkan pada perangkat yang tidak dibuat oleh Google juga. Jika Anda baru saja mengunduh pembaruan, ini adalah fitur baru yang harus Anda periksa terlebih dahulu.

Beberapa fitur Android 10 baru telah lama diminta oleh pengguna, sementara yang lain menangani masalah privasi yang semakin meningkat. Google telah memasukkan banyak fitur ke dalam pembaruan perangkat lunak ini, yang merupakan yang pertama untuk menjatuhkan tema manis dan mencari nama dan merek yang lebih matang. Berikut adalah daftar tips dan trik terbaik untuk Android 10.

  1. Smart Reply

Salah satu fitur baru pertama yang akan Anda perhatikan di Android 10 adalah Smart Reply. Ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan dengan salah satu respon yang disarankan Google (termasuk emoji) dan bahkan langsung dari bilah notifikasi. Ini sudah tersedia untuk aplikasi Google sebelumnya, tetapi dengan Android 10 itu datang ke semua aplikasi pengiriman pesan termasuk WhatsApp dan Facebook Messenger.

Dengan privasi menjadi bagian besar dari Android 10, Google dengan cepat menunjukkan bahwa Balas Cerdas menggunakan AI pada perangkat untuk mengetahui tanggapan yang disarankan, dan tidak ada yang dikirim ke server Google. Anda tidak mendapatkan opsi pada setiap pesan, tentu saja, AI belum sebaik itu, tetapi Anda akan terkejut betapa seringnya hal ini menyelamatkan Anda dari membuka aplikasi dan mengetik respons singkat.

  1. Opsi berbagi yang lebih cerdas

Berbagi di Android selalu sedikit merepotkan tetapi dengan Android 10, Google telah membuat semuanya menjadi jauh lebih mudah. Menarik menu bagikan sekarang memberi Anda lebih banyak opsi untuk mengirim tautan, gambar, dan data lainnya ke orang lain dari ponsel cerdas Anda. Selain SMS, aplikasi perpesanan populer, dan email, kini ada opsi untuk berbagi dengan banyak aplikasi lain. Berbagi dengan Google Keep, misalnya, menghemat Anda harus menyalin dan menempelkan teks dari halaman web atau pesan ke aplikasi pencatat Anda.

Anda juga dapat berbagi dengan lebih cepat dan mudah dengan diri sendiri. Salah satu contoh terbaik dari ini adalah berbagi tab Chrome dengan salah satu perangkat Anda. Jika saya menggunakan Chome di ponsel cerdas saya dan ingin terus membaca di tablet saya untuk memiliki layar yang lebih besar, menu Share yang baru di Android 10 memungkinkan untuk mengirim tab di antara dua perangkat dengan mudah.

  1. Bagikan Jaringan Wi-Fi dengan kode QR

Berbagi kata sandi Wi-Fi dengan teman dan kolega selalu menyusahkan di Android, terutama jika kata sandinya adalah serangkaian panjang angka dan huruf acak. Sekarang, Google telah mengambil selembar buku Huawei dan berbagi Wi-Fi terintegrasi ke dalam OS. Dari pengaturan Wi-Fi, Anda dapat memilih untuk berbagi jaringan yang terhubung melalui kode QR. Menu ini juga dengan jelas menampilkan kata sandi sehingga Anda dapat membacanya ke lebih atau satu pihak jika Anda mau.

  1. Mode Gelap

Pengguna Android telah meminta yang ini untuk sementara waktu, dan akhirnya ada di sini. Di Android 10, sekarang ada mode gelap sistem-lebar. Anda dapat mengibaskannya di menu pengaturan, atau membuat pengaturan ubin cepat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan dari menu cepat drop-down. Mode gelap memengaruhi aplikasi yang didukung dan semua menu Android. Ini akan secara otomatis masuk ketika Anda beralih ke mode penghemat baterai, mengingat bahwa menghemat masa pakai baterai pada layar OLED adalah salah satu alasan utama orang memanggil fitur ini dan mengapa mode gelap begitu populer.

  1. Mode Fokus

Bagian dari paket Digital Wellbeing Google, Mode Fokus bertujuan untuk menghilangkan beberapa gangguan yang dapat dibawa oleh aplikasi tertentu pada ponsel cerdas Anda. Anda dapat menjeda aplikasi yang mengganggu dan bahkan ada ubin pengaturan cepat untuk membuatnya lebih tidak menyakitkan. Pemberitahuan juga akan dijeda untuk aplikasi yang Anda identifikasi berpotensi mengalihkan perhatian Anda. Idenya adalah bahwa Anda dapat menghapus godaan pesan WhatsApp yang datang atau dalam keinginan untuk menonton video cepat di YouTube ketika Anda memutuskan untuk menetap dan belajar atau menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai.

  1. Dapatkan ketat dengan izin aplikasi

Teknologi besar harus terlihat lebih memperhatikan privasi belakangan ini, jadi tidak mengherankan jika Android 10 hadir dengan fungsionalitas yang ditingkatkan untuk privasi dan keamanan. Ada tiga area utama yang telah ditingkatkan Google.

  • Berbagi lokasi sekali saja

Anda sekarang dapat memilih untuk hanya berbagi data lokasi dengan aplikasi saat Anda menggunakannya. Anda juga akan menerima pengingat ketika aplikasi yang tidak Anda gunakan aktif mengakses lokasi Anda, sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan melanjutkan berbagi atau tidak. Ini menambahkan opsi berbagi lokasi ketiga ke semua sebelumnya atau tidak sama sekali ekstrem.

  • Aktivitas Web & Aplikasi dan Pengaturan Iklan di satu tempat

Di bagian Privasi baru di bawah Pengaturan, Anda akan menemukan kontrol seperti Aktivitas Web & Aplikasi dan Pengaturan Iklan di satu tempat. Ini tidak benar-benar mengubah permainan, tetapi membuat hal-hal sedikit lebih mudah ditemukan.

  • Patch keamanan langsung dari Play Store

Dengan pembaruan sistem Google Play, perbaikan keamanan dan privasi sekarang dapat dikirim ke ponsel Anda dari Google Play Store. Ini bekerja dengan cara yang sama dengan pembaruan aplikasi Anda. Perubahan berarti bahwa Anda mendapatkan perbaikan ini segera setelah tersedia, tanpa harus menunggu pembaruan OS lengkap.

  1. Gerakan baru untuk navigasi

Dengan Android 10, Google telah meningkatkan navigasi gerakan – jangan bilang Anda masih menggunakan sistem 3 tombol? Anda sekarang dapat menggeser jari Anda dari tepi layar untuk kembali, misalnya. Dibutuhkan sedikit membiasakan diri, tetapi begitu diklik, hal itu menjadi kebiasaan. Anda juga dapat menarik layar beranda, dan bergerak dengan lancar di antara tugas-tugas. Fitur baru yang oleh Google disebut “puncak” dirancang untuk mengurangi input gerakan yang tidak disengaja, dan memberi Anda semacam peringatan dini bahwa Anda akan memicu gerakan. Terlihat sangat apik pada smartphone dengan tampilan 90Hz, seperti OnePlus 7 Pro.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp