Doran Gadget – Smartphone flagship dari Xiaomi sudah bisa dibeli di Indonesia. Hadir dengan spesifikasi mumpuni dan tentu saja dengan sentuhan kamera terbaiknya, Anda tidak boleh melewatkan ponsel satu ini. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai spesifikasi dan harganya, yuk intip review Xiaomi 14 yang wajib Anda ketahui di bawah ini!

Spesifikasi Xiaomi 14

Spesifikasi Xiaomi 14
Layar LTPO OLED, 6.36 inches, 1200 x 2670 pixels, 68B colors, 120Hz, Dolby Vision, HDR10+, 1000 nits (typ), 3000 nits (peak), Corning Gorilla Glass Victus
OS Android 14, HyperOS
Chipset Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)
RAM 8GB/12GB/16GB
ROM 256GB/512GB/1TB
Kamera Belakang 50 MP, f/1.6, 23mm (wide), 1/1.31″, 1.2µm, dual pixel PDAF, Laser AF, OIS
50 MP, f/2.0, 75mm (telephoto), PDAF (10cm – ∞), OIS, 3.2x optical zoom
50 MP, f/2.2, 14mm, 115˚ (ultrawide)
Kamera Depan 32 MP, f/2.0, 22mm (wide), 0.7µm
Baterai 4610 mAh, 90W wired, 50W wireless, 10W reverse wireless
Warna Black, White, Jade Green

Baca juga: Review Xiaomi 14 Ultra, Smartphone Flagship dengan Kit Fotografi!

Desain 

sc: vopmart

Xiaomi 14 memiliki desain kompak dan elegan dengan sertifikasi IP68. Tersedia dalam tiga warna yang berbeda: Hijau, Hitam, dan Putih. Smartphone ini tangguh dan tahan lama, dengan perlindungan terhadap debu dan air. Layarnya lebar dan cerah, dilengkapi dengan sensor dan fitur privasi.

Namun, desain belakangnya licin dan rentan terhadap sidik jari, sementara modul kameranya menonjol sedikit dari bodi ponsel. Pilihan warna hitam dengan finishing matte dapat mengurangi masalah sidik jari, dengan tambahan perlindungan dari Gorilla Glass Victus dan sertifikasi IP68 untuk keamanan tambahan.

Layar 

sc: gsmarena

Xiaomi 14 dibekali layar OLED 6.36 inci dengan resolusi 2670 x 1200 pixel. Layar ini mendukung HDR10+, Dolby Vision, dan memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 3000 nit. Kecepatan refresh rate layarnya pun bisa menyesuaikan diri secara otomatis, mulai dari 120Hz hingga 1Hz untuk menghemat baterai.

Dengan tingkat kecerahan yang tinggi, layar Xiaomi 14 tetap nyaman dibaca meski di luar ruangan. Waktu responsnya juga sangat cepat, sehingga ideal untuk bermain game. Soal akurasi warna, layar ini tampil terbaik saat skema warna “Original color Pro” dipilih di pengaturan tampilan dan suhu warna diatur ke “Warm”.

Kamera

sc: petapixel

Review kamera Xiaomi 14 menunjukkan peningkatan signifikan dibanding seri sebelumnya.  Xiaomi 14 menggunakan tiga kamera belakang 50MP yang dikembangkan bersama dengan Leica. Kamera utama 50MP dengan sensor 1/1.31 inci, ultrawide 14mm 50MP, dan telephoto 75mm 50MP dengan OIS dan zoom optik 3.2x.

Hasil jepretan kamera Xiaomi 14 dikatakan setara dengan kamera DSLR. Kamera ini bisa menangkap cahaya dengan baik dan menghasilkan foto dengan detail yang tinggi. Pengguna bisa memilih antara mode Leica Authentic untuk warna natural atau Leica Vibrant untuk warna yang lebih baik. Kamera depan 32MP juga bisa menghasilkan foto yang bagus dengan tingkat detail yang tinggi.

Untuk video, Xiaomi 14 bisa merekam video hingga 8K 24fps, 4K 60fps dengan Dolby Vision HDR, dan 1080p 240fps.  Kekurangan yang ditemukan adalah ketika menggunakan zoom digital ketika merekam video, kamera akan berpindah antar lensa belakang secara tiba-tiba. Fitur-fitur tambahan seperti pengeditan foto AI-enhanced, mode potret AI, dan penggantian langit AI menambah nilai tambah bagi pengguna yang ingin meningkatkan kreativitas fotografi mereka. 

Baca juga: 10 Daftar HP Xiaomi Terbaru 2024

Chipset

sc: YouTube – Adam tech

Didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dan berjalan pada HyperOS milik Xiaomi berbasis Android 14, Xiaomi 14 memberikan kecepatan dan efisiensi yang tak tertandingi. CPU octa-core, dengan inti Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520, memastikan kinerja lancar bahkan selama tugas yang paling intensif. Ditambah dengan hingga 16GB RAM dan 1TB penyimpanan internal, Anda akan memiliki ruang yang cukup untuk semua aplikasi, game, dan media Anda.

Bermain game di Xiaomi 14 adalah sebuah kesenangan, berkat fitur Mode Game-nya. Transisi dari penggunaan normal ke mode game berlangsung mulus, menyediakan pengalaman visual yang mendalam dengan frame rate yang lancar. Ditambah lagi, GPU Adreno 750 memastikan grafis yang memukau dan gameplay yang responsif, membuat setiap sesi bermain game menjadi petualangan yang seru.

HyperOS milik Xiaomi membawa pengalaman pengguna yang mulus ke Xiaomi 14. Berbasis pada Android 14, HyperOS menawarkan antarmuka yang akrab dengan penyesuaian minor untuk kinerja dan efisiensi yang lebih baik. Ditambah lagi, dengan empat tahun pembaruan OS dan lima tahun patch keamanan Android, Anda dapat yakin bahwa perangkat Anda selalu terupdate dan aman.

Baterai 

review xiaomi 14
sc: mi.co.id

Xiaomi 14 menawarkan kapasitas baterai 4610mAh, mungkin sedikit lebih kecil dibanding angka 5000mAh yang umum ditemukan saat ini. Namun, jangan khawatir karena Xiaomi 14 dirancang dengan efisiensi tinggi sehingga daya tahan baterainya tetap bisa diandalkan.

Pengguna dapat dengan nyaman menggunakan ponsel ini sepanjang hari dengan sisa baterai sekitar 50%, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk penggunaan dua hari dalam beberapa situasi. Xiaomi 14 sudah dilengkapi dengan HyperCharge, solusi pengisian cepat yang mengesankan. Dengan pengisian kabel 90W, pengguna dapat mengisi daya baterai dari 0% menjadi 43% dalam waktu hanya 15 menit, dan mencapai 82% dalam setengah jam. 

Xiaomi juga menyematkan 50W untuk pengisian nirkabel memungkinkan pengisian cepat yang sangat efisien. Selain itu, Xiaomi 14 juga mendukung pengisian nirkabel balik 10W. Anda dapat mengisi daya gadget lain, seperti wadah earbud nirkabel, hanya dengan meletakkannya di bagian belakang Xiaomi 14. Xiaomi menggunakan desain internal untuk memastikan umur panjang baterai, dengan teknologi Surge P2 dan Surge G1 untuk mengontrol pengisian baterai dan manajemen keseluruhan.

Harga Xiaomi 14

sc: gsmarena

Saat ini harga Xiaomi 14 di Indonesia untuk varian  RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB adalah Rp 11.999.000. Tersedia dalam semua warna, Anda dapat membeli Xiaomi 14 di situs resmi Xiaomi Indonesia, toko online resmi Xiaomi, dan toko elektronik resmi di seluruh Indonesia. Anda juga dapat menggunakan program tukar tambah untuk mendapatkan potongan harga saat membeli Xiaomi 14.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 14 Pro: Snapdragon 8 Gen 3, Leica, dan HyperOS

Penutup

Itulah review lengkap mengenai Xiaomi 14 yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang mencari produk Xiaomi, pastikan untuk mendapatkannya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

>