Review Xiaomi 13T - FI

Doran GadgetXiaomi kembali meluncurkan smartphone kelas menengah dengan fitur kamera canggih Xiaomi 13T. Smartphone ini disebut-sebut memiliki kualitas foto dan video yang lebih nyata. Apa saja keunggulan dan fitur-fitur terbaru yang dimilikinya? Simak review Xiaomi 13T yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Xiaomi 13T

Melansir dari website resmi Xiaomi, berikut spesifikasi Xiaomi 13T yang perlu Anda ketahui:

Dimensi 162,2mm x 75,7mm x 8,49mm
Bobot 197 gram
Layar AMOLED CrystalRes 6,67″ (2712 x 1220 pixel)
Chipset MediaTek Dimensity 8200-Ultra
Penyimpanan 12GB + 256GB
RAM LPDDR5 + Media Penyimpanan UFS 3.1
Kamera Depan 20MP f/2,2
Kamera Belakang Kamera utama Leica: 50MP
Kamera telefoto Leica: 50MP
Kamera ultra-wide Leica: 12MP
Baterai 5000 mAh, fast charging 67W
Sistem Keamanan AI Face Unlock, Fingerprint
Sistem Operasi MIUI 14, Android 13
Sistem Pendinginan Teknologi LiquidCool
Konektivitas 5G, Bluetooth 5.4
Audio Dolby Atmos
IP Rating IP68
Dukungan NFC Ya

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Xiaomi NFC Terbaru dan Harganya

Fitur Unggulan Xiaomi 13T

Apa saja keunggulan fitur Xiaomi 13T terbaru ini? Dikutip dari berbagai sumber, ada sejumlah keunggulan baik dari segi desain, kamera, hingga performanya. Berikut selengkapnya yang perlu diketahui:

1. Desain Smartphone

Review Xiaomi 13T (2)
sc: Soya Cincau

Review Xiaomi 13T pertama yang bisa dilihat adalah dari desainnya. Bodi belakangnya memang sedikit unik dengan sedikit melengkung. Ini akan terlihat jelas dari sisi kanan maupun kiri. Sedangkan untuk layar dan framenya memiliki bidang yang datar. Untuk warnanya ada tiga yang bisa dipilih yakni Meadow Green, Black, dan Alpine Blue.

Pada seri Meadow Green dan Black bodi belakangnya menggunakan material kaca. Lalu, Alpine Blue menggunakan material Xiaomi BioComfort Vegan Leather. Dimensi HP ini memiliki lebar 75.7mm dan tinggi 162.2mm. Ketebalannya berbeda-beda, Apline Blue memiliki tebal 8.62 gram dan untuk Black maupun Meadow Green 8.49 gram.

Begitu pula dengan bobotnya, Alpine Blue adalah yang teringan yakni 193 gram. Sementara Meadow Green dan Black seberat 197 gram. Menariknya, keduanya dilengkapi dengan sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu. Akan tetapi, ini tidak digunakan untuk berenang.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro, Apa Saja yang Baru?

2. Layar yang Dimiliki

Review Xiaomi 13T (3)
sc: Xiaomi

Selanjutnya adalah mengenai layarnya. Ponsel ini berukuran 6.67 inci dengan panel berupa CrystalRes AMOLED. Dengan begitu resolusinya dapat mencapai angka 2712 x 1220 pixel. Ukuran tersebut memang sedikit lebih tinggi dari resolusi Full HD+. Sedangkan refresh rate-nya sekitar 144Hz dan memberikan pengalaman penggunaan lebih mulus.

Di samping itu, layar memiliki touch sampling rate sampai dengan 480Hz. Tingkat kecerahannya untuk standar mampu hingga 525 nit. Untuk penggunaan di ruang terbuka atau outdoor maka kecerahannya mencapai di angka 1300 nit. Layar ini memiliki dukungan Dolby Vision dan HDR10+ serta perlindungan Gorilla Glass 5.

Bezel Xiaomi 13T sangat tipis, begitu pun dengan bezel di bagian bawah layar. Kerennya lagi, layar juga dapat dipilih dengan mode tampilan berbeda. Mulai dari Original, Saturated, dan Vivid. Sehingga lebih nyaman berdasarkan preferensi pengguna.

3. Review Xiaomi 13T – Kamera

Review Xiaomi 13T (4)
sc: Peta Pixel

Poin utama yang jadi perhatian dari spesifikasi Xiaomi 13T adalah kameranya. Kamera selfienya beresolusi 20MP f/2.2 dengan lensa 5P fixed focus. Kamera ini mampu merekam video sampai dengan 1080p 30fps. Termasuk untuk merekam slow motion 1080p 120fps. Di bagian belakang ada kamera utama dengan lensa LEICA VARIO-SUMMICRON berukuran 15-50mm ASPH 50MP. Aperturnya f/1.9 dan dibekali OIS, Auto Focus, dan lensa 7P.

Kamera tersebut dapat menghasilkan foto dengan resolusi 12.5MP menggunakan fitur 4in1 Super Pixel. Jadi, Anda bisa merekam video sampai 4K 30fps dan 1080p 60fps.  Kamera lainnya adalah telephoto sebesar 50MP. Menggunakan lensa ASPH 5P dengan aperture f/1.9  dan fixed focus. Di sisi lain, ada kamera Ultra-Wide 12MP dengan aperture f/2.2 dengan lensa yang sama.

Kemudian ada berbagai fitur unggulan yang canggih dari Leica. Sebut saja seperti Leica Photographic Style yang terdiri dari Leica Authentic Look dan  Leica Vibrant Look untuk menghasilkan foto yang nampak lebih nyata. Lalu dukungan Pro Mode, 50MP Photo, Steady Video, Steady Video Pro, dan Short Film, serta fitur unggulan lainnya.

Baca juga: 10+ Rekomendasi HP Xiaomi Kamera Terbaik Tahun 2023

4. Performa dan Fitur Pendukung Lainnya

Review Xiaomi 13T
sc: Xiaomi

Mengenai performanya, Xiaomi 13T mengadopsi Dimensity 8200-Ultra. Dimana chipset tersebut adalah besutan Xiaomi bersama Mediatek. Kapasitas RAM-nya sebesar 12GB LPDDR5 dengan penyimpanan internal 256GB UFS 3.1. Hanya saja, ponsel ini tidak didukung MicroSD. Walaupun sebenarnya memiliki pilihan Memory Extension sampai 7GB.

Dari segi baterainya, memiliki kapasitas 5000 mAh dan didukung fast charging 67W. Ada pula dukungan berbagai sensor seperti magnetic, gyro, orientation, accelerometer, light, dan proximity. Koneksi jaringannya sudah 5G dan ada dukungan Bluetooth 5, USB OTG, dan NFC.

Xiaomi 13T pun dapat menggunakan eSIM yang lebih praktis. Lalu, dari segi keamanan ada beberapa opsi yang bisa dipilih pengguna. Mulai dari pemindaian menggunakan sidik jari pada bagian bawah layar maupun menggunakan face unlock atau pengenalan wajah. Untuk sistem operasinya menggunakan Android 13 dan MIUI 14.0.2.

5. Berapa Harga Xiaomi 13T di Indonesia?

Review Xiaomi 13T (1)
sc: Xiaomi

Selain fitur unggul di atas, yang menjadi pertanyaan oleh para pecinta Xiaomi di tanah air adalah berapa harga Xiaomi 13T di Indonesia? Melansir dari laman Kompas Tekno, khusus untuk Xiaomi 13T dengan RAM 12GB/256GB dibanderol seharga Rp6.5 jutaan.

Menurut jadwal, penjualan perdana ponsel ini akan dimulai pada tanggal 6 Oktober 2023. Anda bisa mendapatkannya secara online di rekanan Xiaomi yang ada. Namun, belum ada informasi apakah harga tersebut hanya untuk peluncuran saja atau seterusnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda update harga sebelum membelinya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Cek Baterai Health Xiaomi!

Penutup

Review Xiaomi 13T (5)
sc: La Vanguardia

Dari review Xiaomi 13T di atas dapat disimpulkan jika smartphone ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan fotografi. Mengingat teknologi dan fitur kamera canggih dari Leica yang dimilikinya. Terlebih lagi didukung dengan ketahanan ponsel yang tangguh. Selain itu, dari segi performa juga unggul.

Kemudian, hal penting yang perlu diperhatikan adalah belilah di tempat terpercaya seperti Doran Gadget. Sebagai official partner Xiaomi Surabaya, Xiaomi Jakarta, Xiaomi Semarang,  Xiaomi Bandung, Xiaomi Bali, Xiaomi Manado, dan Xiaomi Banjarmasin, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Anda bisa mendapatkan smartphone Xiaomi terbaik di store kami. Khusus untuk pembelian via website dan aplikasi Doran Gadget, Anda akan mendapatkan bonusi poin. Jadi, kumpulkan sebanyak mungkin poinnya untuk ditukarkan dengan aksesoris gadget favorit.

Artikel terkait:

>