Doran Gadget – Demi melancarkan agenda migrasi TV analog ke TV digital di Indonesia, Kemenkominfo menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan set top box (STB) gratis kepada WNI kelopok rumah tangga miskin. Hal ini dilakukan demi penyebaran digital yang merata di seluruh wilayah Indonesia. 

“Bagi rumah tangga miskin tapi punya tabung TV, TV lama gitu yang bukan ready to digital, nah itu akan dapat bantuan. Terutama di daerah yang akan terjadi analog switch off,” ujar Henri Subiakto selaku staf ahli Menkominfo Bidang Hukum. 

Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis 

Salah kriteria untuk bisa mendpatkan set top box gratis adalah keluarga tersebut tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan memiliki perangkat TV analog di rumah. Jika belum terdaftar, Anda bisa mendaftarkan diri ke DTKS Kemenseos. Lalu cek melalui aplikasi Cek Bansos untuk melihat apakah Anda sudah terdaftar DTKS. 

Setelah itu pilih menu tambah usulan pada menu daftar usulan. Gunakan NIK, KTP, dan KK untuk memvalidasi dan mencocokkan data sudah sesuai atau belum. 

“Jika nama Anda sudah tervalidasi, selanjutnya bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB gratis,” lanjut Henri. 

Baca juga: Harga Xiaomi TV P1E: Smart TV 65 Inchi Ramah di Kantong

Lokasi Pembagian STB Gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa sebesar 99,3% set top box untuk rumah tangga miskin di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi telah dibagikan. Data Kominfo menunjukkan per 3 November 2022 kemarin, sebanyak 476.088 unit STB telah dibagikan di area Jabodetabek dari 479.307 target. 

Tidak hanya pemerintah, lembaga penyiaran swasta penyelenggara multiplesking berkomitmen untuk membagikan set top box sebanyak 4,3 juta unit. Rincianya berasal dari Grup SCM 1.213.750 unit, MNC Group 1.143.121 unit, Metro TV 704.378 unit, Trans Group 616.511 unit, RTV 500.000 unit, VIVA Group 149.587 unit dan Nusantara TV 3.000 unit.

Dalam siaran pers Kominfo pada Jumat, 4 November 2022 kemarin, pihaknya menyebutkan hapir 100% rumah tangga miskin ekstrem yang nama dan alamatnya tercantum dalam DTKS Kementerian Sosial dan telah tervalidasi melalui data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE/KemenkoPMK). Mereka telah menerima bantuan STB dari komitmen lembaga penyiaran sawsta penyelenggara multipleksing. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Smart TV 32 inch Terbaik untuk Nonton Siaran Digital

Nomor Terpadu untuk STB Gratis 

Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan, bisa menghubungi nomor pusat terpadu di 159 atau mendatangi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KK dan KTP asli. Selain nomor telepon, masyarakat juga bisa chat bot WhatsApp di nomor 08118202208 atau mengunjungi laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/ untuk mengetahui lebih banyak informasi terkait peralihan siaran TV analog ke TV digital. 

Baca juga: Lebih Bagus Smart TV atau Android TV? Ini Panduan Memilihnya!

Penutup 

perbedaan smart TV dan android TV (1)

Itulah cara cara mendaptakan set top box gratis hingga lokasi dan nomor kontaknya yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membeli STB, kini Anda sudah bisa membeli smart TV dengan harga terjangkau di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>