Nokia Sebarkan Drone untuk Peringatan dan Penyelamatan Bencana

Dorangadget.com Nokia bersama dengan Kota Sendai, Jepang telah bekerja sama untuk menciptakan sistem peringatan tsunami baru menggunakan jaringan drone Nokia. Drone akan dikerahkan dengan pengeras suara dan lampu untuk mendapatkan perhatian publik dan memberi tahu mereka bila tsunami kemungkinan membuat pendaratan.

Nokia dan Kota Sendai menandatangani perjanjian pada Oktober 2017 dengan drone menjadi produk pertama yang berasal dari kolaborasi. Sistem peringatan tsunami berbasis drone adalah respons langsung terhadap gempa dan tsunami yang mematikan pada Maret 2011. Tsunami mencapai ketinggian 11 meter dan mampu melakukan perjalanan sejauh 5 km ke daratan, menewaskan ribuan orang tak bersalah dalam proses tersebut.

Drone beroperasi secara otonom di jaringan pribadi aman yang terbang dalam kerumunan memungkinkan mereka untuk dikerahkan bahkan jika jaringan publik sedang down. Setelah tsunami melanda, drone pemulihan dan penyelamatan dikirim. Drone ini dilengkapi dengan kamera termal dan terlihat yang mampu melakukan zoom 30x untuk melihat mereka yang membutuhkan dengan mudah dan mengirimkan kembali informasi tersebut ke tim penyelamat yang kemudian akan melakukan kontak dengan yang terluka.

Kazuo Endo, General Manager urusan Ekonomi untuk Kota Sendai mengatakan hal berikut tentang adopsi teknologi drone Nokia. “Jika terjadi bencana, hal terpenting adalah melindungi kehidupan orang. Dalam hal ini, drone dapat dengan cepat dan luas membunyikan alarm evakuasi tsunami segera setelah bencana. Selain itu, karena mereka beroperasi secara otomatis, kehidupan orang-orang yang memberikan peringatan evakuasi dilindungi.”

Jaringan nirkabel pribadi Nokia telah membantu perusahaan meningkatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas responden pertama, mengatasi ancaman dengan lebih cepat, dan membuat keputusan yang lebih tepat. Nokia telah menciptakan arsitektur Future X yang memungkinkan informasi real-time dikumpulkan, meningkatkan keselamatan dan keamanan semua orang. Untuk berita lainnya seputar gadget, silahkan Subscribe channel Telegram Dorangadget.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp